Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Lubang Pada Rem Cakram Motor

Kеgunааn lubаng dі саkrаm mоtоr - Salah satu piranti yang wajib dan harus ada didalam setiap kendaraan adalah rem / sistem pengereman. Rem ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk memperlambat laju kendaraan sampai berhenti baik ketika kita memang menginginkan berhenti maupun sedang terjadi sesuatu diluar dugaan, misalnya menghindari kucing yang menyeberang dan lain sebagainya.
саkrаm mоtоr

Bisa dibayangkan buka jika kendaraan bermotor tidak dilengkapi dengan rem dapat mencelakai baik si pemakai maupun orang disekitarnya. Saat ini kebanyakan kendaraan roda dua sudah dilengkapi sistem pengereman dengan jenis non tromol alias memakai disc brake atau cakram baik pada roda depan maupun belakangnya. Dan sebagian besar dari jenis cakram tersebut terdapat lubang lubang yang jumlahnya sangat banyak seperti gambar dibawah ini.



Lalu apasih sebenarnya fungsi dari lubang lubang tersebut, memang dengan adanya lubang tadi membuat beberapa orang sedikit penasaran akan fungsi dari lubang yang ada di cakram motor tersebut. Nah bagi yang masih belum tahu akan fungsinya silahkan disimak uraian lengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Inіlаh реnjеlаѕаn kеnара knаlроt mоtоr аdа dіkаnаn

Sеbаgаі реngurаng bеrаt

Fungsi yang pertama dari lubang yang terdapat didalam komponen cakram ini ialah guna mengurangi berat dari cakram itu sendiri. Walaupun tidak seberapa berkurangnya namun hal ini sangat efektif sekali guna sistem pengereman.


Lubаng саkrаm ѕеbаgаі реndіngіn

Fungsi selanjutnya dari adanya lubang pada cakram motor ataupun mobil ialah sebagai media untuk membuang panas atau sebagai pendinginan komponen cakram. Ketika terjadi pengereman maka kampas akan saling bergesekan dengan cakram / disc brake sehingga menghasilkan panas, dan dengan adanya lubang pada bagian cakram ini memungkinkan adanya turbulensi udara yang masuk dan mendinginkan komponen cakram sampai kedalam. Selain itu lubang yang terdapat pada cakram ini juga mampu menyingkirkan serbuk kampas sisa pakai.

Mеngорtіmаlkаn реngеrеmаn dіmuѕіm hujаn

Dan fungsi lubang pada rem cakram terakhir adalah guna memberikan pengereman yang lebih optimal ketika motor dikendaraan disaat musim hujan. Ketika air hujan turun dan membasahi bagian komponen rem seperti cakram dan kampas tentu saja akan meninggalkan air dan dengan adanya lubang pada cakram ini air bisa disingkirkan sehingga pengereman pun menjadi lebih maksimal.

Baca juga : Cаrа реrbаіkі іdlе аrm mоbіl ruѕаk bunуі


Nah itulah tadi artikel pendek mengenai fungѕі lubаng раdа rеm саkrаm, semoga bermanfaat bagi anda dan silahkan jangan lupa untuk dibagikan artikel ini.


Post a Comment for "Fungsi Lubang Pada Rem Cakram Motor"