Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Thermostat Dan Cara Kerja Thermostat

Fungѕі thеrmоѕtаt саrа kеrjа thеrmоѕtаt / tеrmоѕtаt - salah satu komponen yang sangat fital didalam sistem engine cooling atau pendinginan mesin adalah thermostat. Komponen ini adalah berupa katup yang terbuat dari dua buah jenis logam berbeda yang mana jika dilalui oleh suhu diatas suhu kerja maka katup ini akan membuka, dan menutup kembali ketika suhu sudah kembali dingin ( kembali ke suhu kerja ).

Hampir pasti semua mobil dilengkapi dengan komponen mungil ini untuk menjaga suhu kerja mesin tetap optimal, sebab jika suhu mesin tidak dalam lingkaran suhu kerja yang derajat suhunya antara 85 hingga 90 derajat celcius akan membuat kinerja mesin itu sendiri menjadi tidak bagus.

Fungsi thermostat cara kerja thermostat  Fungsi Thermostat Dan Cara Kerja Thermostat
fоtо bу : fаndі gurіtnо

Baca juga : Cаrа mеngаtаѕі ѕеndіrі tаlі kіраѕ bunуі mеnсісіt bіауа murаh

Fungѕі thеrmоѕtаt раdа mеѕіn mоbіl

Dari uraian diatas maka bisa disimpulkan bahwa fungsi dari thermostat adalah sebagai katup buka dan tutup secara otomatis ( kran air otomatis ) yang mengatur sirkulasi antara air panas yang ada di ruang mesin dengan air dingin yang ada didalam kisi kisi radiator sesuai dengan suhu mesin sehingga temperatur kerja mesin tetap stabil agar tenaga mesin yang dihasilkan menjadi besar dan yang pastinya mesin mobil tidak akan overheat.

Cаrа kеrjа thеrmоѕtаt

Thermostat ini akan bekerja membuka katupnya ketika suhu air pendingin atau water coolant pada mesin sudah mencapai suhu kerja yang besarnya antara 85 sampai 90 derajat celcius. Dan valve thermostat akan menutup kembali ketika suhu mesin sudah menurun.

Bаhауа jіkа thеrmоѕtаt dіlераѕ / tіdаk dіраѕаng

Banyak sekali orang yang mengalami overheat dan mendapatkan saran dari rekan rekan mereka untuk melepas thermostat nya saja agar tidak overhead lagi. Padahal pernyataan ini adalah salah, dan kesalahan fatal bagi mereka yang tidak tahu menahu justru mengikuti saja saran yang diberikan oleh rekan mereka. Melepas thermostat ini akan membuat temperatur kerja mesin menjadi tidak akan tercapai sehingga membuat proses pendinginan mesin menjadi berkurang.

Dan ketika mobil digeber dengan kecepatan tinggi akan membuat mesin malah langsung overhead. Selain itu lamanya temperatur kerja mesin yang tidak akan pernah tercapai ini akan menjadikan tenaga mesin menjadi loyo serta membuat bahan bakar menjadi boros. Jadi jangan sekali kali anda melepas komponen ini jika mengalami overhead ya ?. Cukup anda matikan mesin mobil kemudian derek ke bengkel terdekat guna mengatasi hal ini.

Baca juga : Bаhауа mеlераѕ thеrmоѕtаt mеѕіn bіѕа оvеrhеаt

Prоѕеѕ Sіrkulаѕі реndіngіnаn mеѕіn

Pada awal mesin dihidupkan maka suhu atau temperatur kerja mesin ini masih rendah sebab suhunya masih dingin seperti suhu ruangan yang besarnya kira kira 23 sampai 25 derajat celcius. Dan air pendingin didalam mesin akan bersirkulasi dengan bantuan pompa air dan terus berputar putar dari mesin melalui selang bypass kemudian ke pompa air begitu seterusnya sampai suhunya benar benar mencapai temperatur kerja.

Setelah temperatur kerja mesin tercapai dan agar mesin tidak overheating maka katup thermostat ini akan otomatis terbuka dan membebaskan air bersuhu panas didalam blog mesin menuju radiator untuk didinginkan, sedangkan air dingin dari radiator akan dimasukkan kedalam blog mesin guna mendinginkan mesin. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.

Fungsi thermostat cara kerja thermostat  Fungsi Thermostat Dan Cara Kerja Thermostat
Baca juga artikel bermanfaat berikut :


Nah itulah tadi artikel mengenai fungsi dan cara kerja dari thermostat pada mobil, semoga bermanfaat dan silahkan jangan lupa untuk dibagikan.


Post a Comment for "Fungsi Thermostat Dan Cara Kerja Thermostat"