Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Fungsi Tali Kipas atau Fan Belt

Fungѕі tаlі kіраѕ - pernahkah anda mendengar orang menyebutkan tali kipas atau Van belt yang telah rusak dan harus diganti. Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari tali kipas atau fan belt ini ?.

Pada kendaraan bermotor khususnya mobil tentu istilah ini sudah tidak asing lagi sebab tanpa adanya komponen yang satu ini beberapa bagian kendaraan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Nah maka dari itulah fungsi tali kipas ini sangatlah penting sekali.

 pernahkah anda mendengar orang menyebutkan tali kipas atau Van belt yang telah rusak dan  Inilah Fungsi Tali Kipas atau Fan Belt
tali kipas via аutоѕеrvісесоѕtѕ.соm


Pеngеrtіаn tаlі kіраѕ аtаu Vаn bеlt

Tali kipas atau fan belt adalah sebuah komponen berbentuk seperti tali lingkaran dan terbuat dari bahan karet khusus dan dilapisi dengan bahan kampas pada bagian sisi sisinya.

Fungѕі tаlі kіраѕ аtаu Vаn bеlt

Fungsi utama dari fan belt ini adalah untuk memindahkan tenaga, menggerakkan poros dari komponen seperti kompressor AC, poros alternator, waterpump dan lain sebagainya dengan jalan menghubungkan poros poros tersebut dengan sebuah tali khusus yang biasa disebut V-belt.

Jіkа kоmроnеn V bеlt іnі ruѕаk

Bila V belt atau tali kipas ini rusak maka dapat menyebabkan komponen lain yang membutuhkan putaran dari mesin melalui V belt akan berhenti fungsinya dan menyebabkan ketidak nyamanan dalam berkendara hingga rusaknya mobil itu sendiri. Misalkan saja V bel AC yang rusak, maka secara otomatis kompressor AC tidak akan dapat terputar dan hasilnya AC tidak dapat berfungsi.

Pеrаwаtаn V bеlt аgаr tіdаk mudаh ruѕаk

Untuk cara merawat v belt ini supaya tidak mudah rusak adalah dengan selalu memperhatikan ruang mesin, terutama mengatur kekencangan dari masing masing V belt yang ada, jangan terlalu kendor ataupun terlalu kencang.

Baca juga : Mаnfааt саrbоn сlеаnеr уаng hаruѕ kаmu kеtаhuі

Nah itulah tadi fungsi dari tali kipas yang wajib kalian tahu. Pastikan selalu memeriksa kekencangan tali kipas dan segera melakukan penggantian jika diketahui ada retakan pada V belt ini. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Inilah Fungsi Tali Kipas atau Fan Belt"