-->

Inilah Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah

Tірѕ mоtоr - seringkali orang menyepelekan kondisi jalanan yang basah karena diguyur hujan dengan memacu kendaraan mereka dengan kencang, padahal hal yang seperti ini sangat membahayakan sekali khususnya bagi pengendara sepeda motor.

 seringkali orang menyepelekan kondisi jalanan yang basah karena diguyur hujan dengan mema Inilah Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah

Pasalnya ketika aspal jalanan diguyur hujan dan basah membuat daya cengkeram roda kendaraan tersebut menjadi lemah serta grip ban pun menjadi tidak maksimal. Jangankan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat seperti mobil saja bisa terjadi slip apalagi motor yang hanya mengandalkan dua roda sebagai tumpuannya.

Baca juga : Hіndаrі kеѕаlаhаn іnі kеtіkа krеdіt mоtоr

Maka dari itu sebaiknya anda tidak memacu kendaraan terutama sepeda motor dengan ugal ugalan agar tidak terjadi hal hal yang tak di inginkan ketika sedang bepergian di musim hujan. Dan berikut adalah beberapa tips yang perlu anda terapkan ketika sedang bepergian menggunakan sepeda motor di waktu hujan.


Mеngunаkаn аlаt реlіndung dіrі

Setiap pengguna kendaraan roda dua wajib hukumnya menggunakan alat pelindung diri, salah satunya adalah helm yang berlogo SNI. Adapun alat pelindung diri lainnya selain helm adalah jaket/jas hujan, sepatu dan juga sarung tangan.

Pаkаі jаѕ hujаn уаng tеrріѕаh

 seringkali orang menyepelekan kondisi jalanan yang basah karena diguyur hujan dengan mema Inilah Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah
foto via mоrtесh.со.іd


Banyak sekali model jas hujan yang ditawarkan dipasaran mulai dari yang bentuknya seperti jubah batman sampai yang model terpisah mirip jaket dan celananya. Nah saran terbaik adalah gunakan yang model terpisah dan jangan menggunakan model batman, karena jas hujan model batman dikhawatirkan jas hujan tersebut melambai lambai dan masuk ke jeruji sepeda motor. Dan bayangkan saja sendiri akibatnya.


Pаkаі ѕаrung tаngаn уаng tаhаn аіr

Sarung tangan adalah salah satu peralatan perlindungan diri terutama pada bagian jari dan tangan dari terik matahari ataupun luka jika sewaktu waktu terjadi kecelakaan. Ada baiknya anda membeli sarung tangan yang tahan terhadap air sehingga ketika dipakai diwaktu hujan, anda tidak khawatir terjadi slip pada gagang setir ketika berkendara.

Wаjіb раkаі ѕераtu

Kebiasaan para pengguna kendaraan roda dua ketika hujan tiba adalah melepas sepatu kemudian menyimpannya kedalam tas, sedangkan mereka kemudian berkendara tanpa alas kaki alias nyekermen. Padahal hal ini sangatlah berbahaya mengingat jika terjadi kecelakaan, minimal dengan memakai sepatu jika sewaktu waktu terjadi kecelakaan maka kaki atau jari kaki anda tidak hancur yang mungkin terjepit atau tertimpa kendaraan.

Wаjіb mеnуаlаkаn lаmрu kоtа / lаmрu dеkаt

Menyalakan lampu di musim hujan sangat berguna sekali dalam hal keselamatan. Dengan menyalakan lampu motor membuat kedatangan kita dapat di prediksi oleh pengguna lain dari arah berlawanan sehingga kemungkinan terjadi tabrakan ADU BANTENG dapat dihindari mengingat jarak pandang ketika hujan akan berkurang. Maka dari itu pastikan keadaan lampu OK, jika rusak segera diganti.

Kеndаlіkаn аkѕеlеrаѕі dаn реngеrеmаn

Seperti yang telah saya sebutkan di awal bahwa pada kondisi hujan daya cengkeram ban serta grip ban tidak sempurna dan rawan terjadinya slip. Maka dari itu dalam berkendara di musim hujan harus selalu waspada, jangan ngebut dan pastikan anda mengendalikan akselerasi motor dengan baik, jangan mengerem dan menge gas secara mendadak jika tidak ingin jatuh dan ditertawakan.

Wаѕраdа gеnаngаn аіr

 seringkali orang menyepelekan kondisi jalanan yang basah karena diguyur hujan dengan mema Inilah Tips Berkendara Motor Di Jalanan Basah


Biasanya ketika hujan banyak sekali jalanan di indonesia yang masih tergenang oleh air hujan. Sebaiknya anda perlu waspada bila menemui jalanan seperti ini, turunkan kecepatan dan lewati jalanan bergenang ini dengan sangat hati hati sebab biasanya dibawah genangan air ini terdapat jebakan berupa lubang menganga yang siap menjungkalkan anda.

Jаngаn аrоgаn

Nah yang terakhir ini adalah berkaitan dengan arogansi kita baik terhadap sesama pengendara roda dua maupun dengan pengendara roda empat. Lebih baik anda mengalah saja ketimbang terjadi sesuatu yang tak di inginkan jika bersikap arogan di jalan raya.


Bеrhеntі dаn bеrtеduh jіkа mеrаѕа tаkut

Biasanya ketika hujan lebat ada beberapa orang yang ragu ragu untuk berkendara kemudian dipaksakan, tentu saja hal ini sangat berbahaya sebab berkendara dijalan raya tidak boleh ragu ragu. Jika anda adalah orang yang memiliki keraguan akan bisa atau tidak berkendara di musim hujan sebaiknya menepi dan menunggu hujan sedikit reda baru kemudian melanjutkan perjalanan ketimbang memaksakan diri melanjutkan namun malah apes. Amit amit kan.

Baca juga : Mаu mеmbеlі GPS mоbіl ? Bаса іnі dulu

Nah diatas adalah beberapa tірѕ mеngеndаrаі mоtоr dі muѕіm hujаn yang perlu anda cermati dan patuhi agar perjalanan anda selamat sampai tujuan walaupun diguyur hujan lebat. Semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar