Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Mesin Diesel Dan Kekurangannya

Kеlеbіhаn Mеѕіn dіеѕеl pada mobil memang memiliki tingkat efisiensi yang lebih ketimbang mesin berbahan bakar bensin. Karena penggunaan mesin diesel ini lebih banyak digunakan pada kendaraan besar dan pengangkut seperti truk dan kendaraan niaga lainnya sekelas minibus dan bus kota.

Ternyata mesin diesel ini juga diaplikasikan kedalam kendaraan mobil pribadi. Tentunya ada segi kelebihan dan kekurangan dari mesin diesel ini yang beberapa diantaranya dapat anda ketahui berikut ini :

 pada mobil memang memiliki tingkat efisiensi yang lebih ketimbang mesin berbahan bakar be Kelebihan Mesin Diesel Dan Kekurangannya
diesel engine via common еn.wіkіреdіа.оrg


Kеlеbіhаn mеѕіn tеnаgа dіеѕеl


1.Antі mоgоk

Dalam kontruksinya mesin tenaga diesel ini adalah mesin yang konvensional, tidak memerlukan sistem kelistrikan dalam pengoperasiannya sehingga kemungkinan mogok akibat gagal ignition tidak akan mungkin pernah terjadi karena memang mesin model ini tidak menggunakan busi, hanya besi pijar. Kalaupun mogok biasanya diakibatkan kurangnya perhatian pemilik seperti tidak mengganti saringan bahan bakar secara berkala dan sebagainya.

2.Hеmаt bаhаn bаkаr

Kelebihan mobil bertenaga diesel adalah hematnya penggunaan bahan bakar, coba bandingkan saja bila mobil berbahan bakar bensin mampu menempuh jarak hingga 7 sampai 10 kilometer per liternya, maka mobil bertenaga diesel ini mampu menempuh jarak 11 hingga 12 kilometer dengan konsumsi bahan bakar yang sama.

3.Tоrѕі lеbіh bеѕаr tеnаgа lеbіh bеѕаr

Mesin diesel ini terkenal dengan tenaganya yang besar, dan itulah mengapa sebabnya mesin jenis ini diaplikasikan untuk kendaraan angkutan berat seperti truk, bus, minibus dan lain sebagainya. Hal ini akan sangat terasa bila kalian membandingkan tenaga dari mesin bensin dan mesin diesel pada medan berat seperti pendakian tentu mesin diesel adalah rajanya.

4.Kоntrukѕі mеѕіn lеbіh kоkоh dаn kuаt

Kontruksi dari mesin diesel ini dibuat berbeda dengan mesin bensin, pada mesin diesel kontruksinya dibuat lebih kokoh dan kuat, hal ini dilakukan agar mesin mampu menahan kompresi yang tinggi ( ingat kompresi mesin diesel ini sangat tinggi dibanding mesin bensin ). Sehingga membuat mesin diesel ini jauh lebih awet ketimbang mesin bensin. Marcedes pernah memegang rekor terbaik mengenai ketahanan mesin dieselnya yang tidak mengalami kerusakan walaupun telah menempuh jarak kurang lebih 1.5 juta kilometer.

5.Lеbіh mudаh dіреrbаіkі

Karena jenis mesin ini termasuk kedalam jenis konvensional maka cara perawatan ataupun perbaikan jika mengalami kerusakan lebih mudah ketimbang mesin bensin yang tehnologinya canggih.

Walaupun mobil bertenaga diesel memiliki segudang kelebihan bukan berarti ia tidak memiliki kekurangan, ada beberapa kekurangan mesin diesel yang dapat kalian ketahui dibawah ini.

Kеkurаngаn mеѕіn dіеѕеl


1.Kеnуаmаnаn bеrkеndаrа kurаng

Karena mesin diesel ini memiliki tingkat kompresi yang begitu tinggi mengakibatkan suara mesin yang berisik dan juga getaran yang lebih dibandingkan mobil bermesin bensin. Bila kalian termasuk orang yang suka dengan kenyamanan dalam artian lebih suka memakai mobil yang tanpa suara sepertinya mobil bermesin diesel ini tidak cocok kalian gunakan.

2.Hаrgа mоbіl bеrmеѕіn dіеѕеl lеbіh mаhаl

Mesin bertenaga diesel ini membutuhkan kepresisian yang tinggi sehingga dalam pembuatannya membutuhkan akurasi yang tepat, dan hal inilah yang menyebabkan mahalnya harga mesin diesel. Selain itu mesin diesel ini perlu perawatan yang rumit dan teratur. Namun ini semua dapat ditutupi dengan keunggulan dan kelebihannya.

3.Akѕеlеrаѕі mеѕіn dіеѕеl lаmbаt dіbаndіng mеѕіn bеnѕіn

Memang dalam kenyataannya mesin bertenaga diesel ini kalah akselerasi dengan mobil bermesin bensin. Bila diumpamakan mesin bensin bak kuda pacu yang memiliki akselerasi tinggi, cepat dan berapi api sedangkan pada mesil diesel bak unta yang memiliki akselerasi lambat, namun lebih kuat dan tahan lama.

4.Hаruѕ rutіn mеlаkukаn реrаwаtаn

Dalam hal perawatan ternyata mesin diesel ini membutuhkan perawatan yang extra dibandingkan mesin bertenaga bensin. Terutama harus rajin dalam mengganti saringan bahan bakar dan saringan udara. Seperti yang kita tahu semua bahwa solar adalah bahan bakar yang kotor dan mengandung banyak endapan didalamnya, bila saringan bahan bakar ini tidak rajin diganti maka akan terjadi kebuntuan dan mengakibatkan mesin diesel mogok.

Baca juga : Inіlаh аlаѕаn kеnара rоdа реrlu dіbаlаnсіng

Nah itulah tadi beberapa kekurangan dan kelebihanmesin diesel yang dapat kalian ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa untuk dibagikan.


Post a Comment for "Kelebihan Mesin Diesel Dan Kekurangannya"