Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengetahuan Sistem Kopling Komponen Dan Fungsinya

Clutсh ѕуѕtеm - didalam kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat terdapat sebuah komponen yang memiliki peranan penting terhadap kontrol putaran tenaga dari transmisi menuju propeller yang kemudian memutar differential gear dan diteruskan ke putaran as roda yakni sistem kopling.

Pada sistem kopling ini sendiri terdapat beberapa komponen yang ada dan diantaranya adalah sebagai berikut ini :

 didalam kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat terdapat sebuah komponen yang  Pengetahuan Sistem Kopling Komponen Dan Fungsinya


Flу Whееl

Fly wheel atau yang biasa disebut dengan roda gila adalah salah satu komponen didalam sistem kopling yang berupa besi baja berbentuk pipih bulat yang sangat tebal dan pada bagian tepinya terdapat gigi roda. Fungsi dari Fly wheel ini adalah untuk mengubah momen putar yang dihasilkan oleh mesin, selain itu komponen ini juga membuat putaran Crank Shaf menjadi lebih halus dan lembut.

Clutсh Dіѕс / dіѕс сlutсh ( kаmраѕ kорlіng )

Disc clutch atau yang dikenal dengan istilah umum kampas kopling adalah salah satu komponen sistem kopling yang terbuat dari plat tipis yang dilapisi dengan karbon ataupun serbuk besi. Fungsi utama dari disc clutch ini adalah untuk meneruskan atau memutuskan tenaga dari mesin menuju transmisi yang pengoperasiannya membutuhkan bantuan Cover Clutch.

Clutсh Cоvеr аnd Prеѕѕurе Plаtе

komponen yang satu ini adalah komponen cover yang didalamnya dipasang berbentuk pelat spring yang dipasangkan pada Fly wheel yang didalamnya terdapat disc clutch. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menekan atau melepaskan disc clutch terhadap fly wheel sehingga tenaga putar dari mesin dapt terputus dab tersambung ke transmisi.

Rеlеаѕе Bеаrіng

Release bearing adalah komponen bearing yang terpasang pada bagian tengah input shaft propeller yang memiliki fungsi utama untuk menekan pelat spring pada cover clutch sehingga kopling bisa diputur ataupun disambung. Release bearing ini terpasang pada sebuah kompinen release fork yang dihubungkan dengan kabel kopling ataupun hidroulik penekan.
Saya

Nah itulah tadi beberapa komponen yang ada pada ѕіѕtеm kорlіng mоbіl yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan ke teman teman anda. Untuk membaca artikel lainnya seputar kopling mobil silahkan anda baca melalui list dibawah ini.





Post a Comment for "Pengetahuan Sistem Kopling Komponen Dan Fungsinya"