Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Merawat Performa Mobil Matic Anda

Memiliki mobil pribadi mungkin menjadikan kebanggaan tersendiri bagi anda bukan,terlebih dengan mobil pribadi kita bisa bepergian bersama keluarga dengan nyaman serta aman. Selain itu anda juga harus dituntut rajin dalam merawat kendaraan agar performa lebih oke dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah bila anda kurang begitu merawat mobil dengan baik.

Beberapa orang lebih menyukai mobil matic karena selain lebih mudah cara pemakaiannya,proses penggantian beberapa suku cadang bisa dibilang jarang sehingga hal ini lebih ekonomis.

Memiliki mobil pribadi mungkin menjadikan kebanggaan tersendiri bagi anda bukan Pentingnya Merawat Performa Mobil Matic Anda

Misalkan saja kopling,bila pada mobil manual,penggantian kampas koling menjadi hal yang rutin dilakukan tergantung cara pemakaian, berbeda hal nya dengan mobil type matic ini, anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih hanya untuk mengganti kampas kopling, cukup melakukan penggantian fluida setiap kilometer tertentu ( biasanya tiap 40 km atau 80 km ).


Terkadang juga ada orang yang memiliki mobil matic ini lupa untuk melakukan penggantian oli transmisi maticnya padahal sudah melewati kilometer yang ditentukan untuk melakukan penggantian. Beberapa mungkin belum pernah merasakan kerugian yang dapat ditimbukan dari lupa mengganti oli matic. Berikut beberapa contoh kerugian yang timbul akibat tidak digantinya oli matic.

1. Trаnѕmіѕі tеrbаkаr

Kondisi ini adalah yang terparah bila tidak mengganti oli matic,fluida yang telah banyak bercampur gram / serbuk besi lama kelmaan akan mengikis permukaan kampas matic didalam transmisi sehingga gesekan yang terjadi antara pelat pelat kopling menjadi besar kemudian pelat tersebut terbakar.

Ciri utama yang timbul adalah mobil tidak dapat berjalan sama sekali.
Biaya penggantian inipun sangat besar hingga mencapai diatas 10 juta rupiah lo.

2. Mоbіl Tіdаk Dараt Mеlаju Kеnсаng

Akibat banyaknya saluran yang tersumbat kotoran,membuat beberapa lubang aliran fluida menjadi buntuk dan performa laju kendaraan akan terganggu. Ciri utama dari hal ini adalah lambatnya perpindahan gigi matic bahkan ketika rpm sudah mencapai puncaknya pun gigi tidak berindah ( mesin terdengan mengerang panjang )

3. Mеѕіn Tеrѕеndаt

Beberapa kasus saluran oli matic yang tersumbat membuat perpindahan gigi otomatis menjadi terganggu dan pada akhirnya tarikan mobil pun menjadi tersendat sendat. Jasa pembongkaran dan pengecekan ini bisa mencapai diatas 1.5 juta belum termasuk penggantian part yang rusak.

Diatas hanyalah beberapa contoh kecil yang dapat terjadi pada mobil matic yang tidak pernah diperhatikan perawatannya khususnya pada area transmisi yakni penggantian fluida transmisi yang tidak teratur. Untuk menghindari hal hal yang demikian maka rajin dan teraturlah dalam merawat mobil kesayangan anda.


Post a Comment for "Pentingnya Merawat Performa Mobil Matic Anda"