Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Mesin Hilang Kompresi Dan Mengatasinya

Kоmрrеѕі mеѕіn hіlаng - syarat utama agar mesin mampu menghasilkan tenaga selain bahan bakar serta udara yang pas serta pengapian yang bagus juga harus ada kompresi yang bagus pula.

Kompresi yang bagus tentunya tidak ada kebocoran didalam sistemnya, sebab kompresi mesin yang kurang atau bahkan tidak ada dapat membuat semburan tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi tidak maksimal. Selain itu juga membuat mesin menjadi knocking dan pincang.

 syarat utama agar mesin mampu menghasilkan tenaga selain bahan bakar serta udara yang pas Penyebab Mesin Hilang Kompresi Dan Mengatasinya


Cаrа mеngеtаhuі kоmрrеѕі mеѕіn hіlаng

Satu satunya cara yang paling efektif dan akurat dalam mengetahui hilang atau tidaknya kompresi mesin adalah dengan menggunakan compression tester.

Pеnуеbаb kоmрrеѕі mеѕіn hіlаng

Ada beberapa penyebab umum kenapa kompresi mesin ini menjadi hilang adalah.

Pertama disebabkan oleh lengketnya komponen ring piston. Hal ini biasa disebabkan oleh keringnya komponen ini ( tidak mendapat pelumasan ) atau bisa juga dikarenakan ring piston lengket karena oli pada celah celah ring mengeras dan menjadi seperti gel.

Kedua disebabkan karena katup baik intake maupun exaust valve tidak tertutup secara sempurna yang dikarenakan menumpuknya kotoran karbon dari hasil pembakaran yang tidak sempurna sehingga katup ini terganjal dan tidak menutup secara presisi pada dudukan atau sitting klep nya.

Cаrа mеngаtаѕі kоmрrеѕі mеѕіn hіlаng

Untuk mengatasinya anda perlu membawa kendaraan ke bengkel terdekat, disana nanti akan dianalisa oleh teknisi hal hal apa saja yang perlu diperbaiki. Biasanya anda akan disuruh untuk turun setengah mesin untuk membongkar dan melakukan penggantian serta melakukan skir klep atau skir valve.

Estimasi biaya untuk jasa turun setengah mesin biasanya 500 ribu keatas sedangkan jasa untuk skir klep antara 250 ribu hingga 400 ribu. Biaya diatas tidak termasuk part yang harus diganti ketika melakukan turun mesin seperti ring piston jika harus diganti, seal cylinder head dan lain sebagainya.

Akіbаt kоmрrеѕі mеѕіn уаng hіlаng

Hilangnya kompresi didalam ruang bakar akan mengakibatkan beberapa hal dibawah ini.
Tenaga mesin menjadi loyo atau tidak bertenaga
timbulnya bunyi bunyi knocking didalam mesin yang mengganggu.
Kondisi paling parah adalah mesin menjadi pinjang karena salah satu pistonnya tidak bekerja dengan baik akibat hilangnya kompresi.

 syarat utama agar mesin mampu menghasilkan tenaga selain bahan bakar serta udara yang pas Penyebab Mesin Hilang Kompresi Dan Mengatasinya
Pеngеtеѕаn dеngаn mеnggunаkаn соmрrеѕѕіоn tеѕtеr gаugе

Baca juga : Nаmа раѕtа untuk ѕkіr klер аtаu kаtuр vаlvе mеѕіn

Semoga artikel mengenai реnуеbаb hіlаngnуа kоmрrеѕі раdа mеѕіn bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin saat ini sedang mencari informasi ini.



Post a Comment for "Penyebab Mesin Hilang Kompresi Dan Mengatasinya"