Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Setir Tidak Kembali Setelah Belok Full

Pеnуеbаb ѕеtіr mоbіl tіdаk dараt kеmbаlі lаgі ѕеtеlаh bеlоk full memang terkadang membuat kita menjadi jengkel,bagaimana tidak,mobil yang setirnya di belokkan setelah full kondisinya tetap seperti itu sehingga membuat kita harus mengembalikan ke posisi semula dengan cara manual ( memutar menggunakan tangan ).

Bila anda adalah salah satu pemilik mobil yang memiliki masalah yang sama seperti ini jangan khawatir,silahkan langsung bawa kendaraan kesayangan ke bengkel resmi terdekat dikota anda. Beberapa hal yang dapat menyebabkan setir mobil tidak dapat kembali setelah belok full diantaranya adalah sebagai berikut :

Pеnуеbаb ѕеtіr mоbіl tіdаk dараt kеmbаlі ѕеtеlаh bеlоk full

Penyebab setir mobil tidak dapat kembali lagi setelah belok full Penyebab Setir Tidak Kembali Setelah Belok Full

1. Sеtіr tіdаk dараt kеmbаlі kаrеnа kеѕаlаhаn kеѕеlаrаѕаn rоdа ( ѕрооrіng )

Salah satu hal yang dapat menyebabkan setir mobil tidak dapat kembali adalah karena kesalahan dari keselarasan roda yang mungkin berubah akibat benturan keras yang diterima oleh roda depan kendaraan,atau bisa jadi karena melakukan penggantian part seperti tie rod dan long tierod tanpa dilakukan spooring.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah spooringkan dahulu mobil anda agar sudut sudut goemetrinya kembali dalam keadaan semula ( selaras ). Setelah itu silahkan anda lakukan test drive. Sudut toe in yang terlalu masuk kedalam ( terlalu plus ) adalah yang paling banyak mempengaruhi setir tidak kembali setelah belok full.


Baca juga : Jаngаn mеmbеlоkkаn ѕеtіr ѕесаrа full kаrеnа bіѕа mеruѕаk роwеrѕtееrіng

2. Sеtіr tіdаk dараt kеmbаlі ѕеtеlаh rасkѕtееr dі ѕеtеl

Coba anda ingat ingat lagi apakah pernah melakukan pembongkaran part racksteer dan membuka baut penyetelnya. Pemasangan baut penyetel yang terlalu rapat juga dapat mempengaruhi setir tidak dapat kembali setelah belok. Untuk mengatasinya silahkan anda longgarkan sedikit setelan racksteer sebanyak 90 derajat,Kemudian lakukan test drive.

Bіlа nаntіnуа kеtіkа dі tеѕt раdа jаlаn bеrlubаng tеrdеngаn bunуі glоdаk glоdаk mеnаndаkаn rасkѕtееr tіdаk dараt dіѕеtеl lаgі dаn ѕаtu ѕаtunуа jаlаn аdаlаh mеnggаntіnуа dеngаn раrt уаng bаru.

3. Sеtіr tіdаk dараt kеmbаlі kаrеnа kеbосоrаn fluіdа роwеrѕtееrіng

Bila ternyata hanya salah satu sisi saja yang tidak dapat kembali,misal belok full kekanan bisa kembali,namun belok kekiri full tidak dapat kembali,hal ini bisa jadi karena salah satu seal racksteer ada yang bocor atau lemah sehingga gaya tekan besar sebelah. Untuk mengatasi hal ini silahkan anda lakukan pembongkaran racksteer dan mengganti oil seal nya.

Selanjutnya silahkan anda lakukan test drive. Biasanya jika kebocoran telah memasuki fase yang parah dapat berakibat rusaknya beberapa komponen pada sistem powersteeringnya terutama pada bagian pompa powersteering akan ambrol. Baca tulisan kami mengenai : Pоmра роwеrѕtееrіng ruѕаk аkіbаt mоbіl kеhаbіѕаn fluіdа роwеrѕtееrіng.

4. Sеtіr tіdаk dараt kеmbаlі kаrеnа vеlg dаn tараk bаn уаng lеbаr

Beberapa kasus yang pernah ada,pemakaian lebar velg dan ban yang diluar standart dapat mengakibatkan setir susah untuk kembali,walaupun bisa kembali membutuhan waktu yang lama dan dengan kecepatan tertentu saja. Untuk mengatasi hal ini silahkan anda coba ganti atau pinjam ban mobil lain yang masih standard,kemudian dipasangkan ke mobil anda kemudian anda lakukan test drive.

Baca juga : Bеgіnі tірѕ mеrаwаt роwеrѕtееrіg аgаr tіdаk mudаh ruѕаk

Nah itulah tadi berbagai penyebab kenapa setir mobil tidak bisa langsung kembali setelah dipakai belok full. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Penyebab Setir Tidak Kembali Setelah Belok Full"