Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Mobil Penggerak Depan Atau Belakang ?

Didalam dunia otomotif kita mengenal tiga jenis ѕіѕtеm реnggеrаk раdа mоbіl, yang pertama adalah mobil berpenggerak roda belakang, disusul mobil berpenggerak roda depan dan yang terakhir adalah mobil berpenggerak roda depan sekaligus roda belakang yang biasa kita kenal dengan istilah 4WD.

Pemilihan penggerak kendaraan ini lebih didasarkan kepada kebutuhan dalam penggunaan kendaraan tersebut, jika anda menggunakan kendaraan sebagai pengangkut atau angkutan sangat dianjurkan untuk memilik mobil dengan penggerak roda belakang, sedangkan jika anda menginginkan mobil dengan tingkat kenyamanan yang lebih bisa memilih kendaraan yang menggunakan sistem penggerak roda depan.

Didalam dunia otomotif kita mengenal tiga jenis  Pilih Mobil Penggerak Depan Atau Belakang ?


Dari masing masing jenis sistem penggerak tersebut juga memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing. Dan adapun kelebihan serta kekurangan pada masing masing sistem penggerak akan kami ulas secara detail dibawah ini.

Kеlеbіhаn dаn kеkurаngаn реnggеrаk rоdа dераn dаn bеlаkаng kеndаrааn

Kеlеbіhаn реnggеrаk rоdа bеlаkаng

Mobil dengan penggerak roda belakang memiliki tenaga dalam tanjakan sebab daya dorong lebih besar, berbeda dengan penggerak roda depan yang hanya memiliki tenaga tarik. Selain itu ruangan mesin pun terlihat lebih longgar karena penggerak ini terpasang searah dengan body kendaraan, jika sewaktu waktu turun mesin tidak membutuhkan waktu yang lama. Kelebihan lainnya dari penggerak roda belakang ialah suspensi depan kendaraan tidak mudah rusak, dan sudut putaran setir lebih banyak dan tentunya dapat berefek mempermudahkan kita dalam parkir paralel.

Kеkurаngаn реnggеrаk rоdа bеlаkаng

Karena penggeraknya berada di bagian belakang, tentu kendaraan akan jauh kalah responsif dibandingkan dengan mobil berpenggerak depan. Mobil jenis ini juga lebih boros ketimbang mobil berpenggerak depan sebab tenaga dari mesin perlu melewati batang propeller kemudian ke gardan baru dilanjutkan ke as roda untuk memutar. Karena adanya diferential atau gardan pada kendaraan penggerak belakang maka tampilan pun menjadi lebih bongsor ( tinggi ) dan kalah sporty dari kendaraan yang menggunakan penggerak roda depan.

Kеlеbіhаn реnggеrаk rоdа dераn

Karena penggerak kendaraannya berada di bagian depat tentu akan memberikan tenaga yang sangat responsif serta lebih gesit dan tidak boros bahan bakar sebab tenaga dari mesin akan langsung dihubungkan ke roda. Kelebihan lain dari mobil berpenggerak roda lebih nyaman karena mobil minim akan getaran. Berbeda dengan penggerak belakang yang biasanya bergetar. Dari tampilannya juga sangat sporty, sebab clearance lebih rendah dan mobil terlihat lebih ceper.

Kеkurаngаn реnggеrаk rоdа dераn

Karena sistem penggerak, sistem kemudi dan juga mesin berada pada bagian depan kendaraan tentu hal ini akan memakan banyak ruang pada kabin mesin, dan hal ini tentu akan berimbas pada mahalnya biaya perawatannya.

Selain itu roda roda kendaraan khususnya pada bagian depan akan lebih cepat aus karena roda depan memiliki fungsi ganda yakni menentukan arah dan juga penggerak. Dengan demikian sistem penggerak ini pun rawan terjadi slip sebab pada ban bagian depan menerima beban yang besar ketika dilakukan pengereman. Dan yang terakhir adalah proses parkir paralel lebih sulit yang dikarenakan sudut putaran kemudi lebih pendek karena dibatasi dengan drive shaft. Untuk lebih jelas mengenai kekurangan dari mobil penggerak depan ini silahkan baca artikel terbaru kami dibawah ini :

Baca juga : Kеkurаngаn dаn kеlеbіhаn mоbіl реnggеrаk dераn

Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil dari ulasan diatas adalah, jika kalian menginginkan mobil dengan tingkat kenyamanan yang tinggi dan hanya digunakan untuk keluarga maka pilihan yang tepat adalah memilih mobil berpenggerak depan. Sedangkan jika anda sering berpergian keluar kota, sering melewati jalur menanjak dan juga mengangkut beban yang berat maka pilihan jatuh pada mobil berpenggerak belakang.


Post a Comment for "Pilih Mobil Penggerak Depan Atau Belakang ?"