Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Agar Fitur Idling Stop System Di Motor Honda Bekerja

Tеknоlоgі ISS mоtоr hоndа - salah satu teknologi keren yang ada pada motor honda di tahun lalu yang memungkinkan mesin motor bisa dimatikan ketika motor sedang berhenti sejenak alias mode sleep ialah teknologi Idle Stop System atau yang disingkat dengan ISS. Dengan adanya teknologi ini memungkinkan pengguna motor yang telah mengaplikasikan teknologi ini bisa menghemat tingkat konsumsi bahan bakar.

Namun terkadang ada saja yang mengeluhkan bahwa fitur ISS yang ada pada motor honda mereka tidak bisa berfungsi atau bekerja sebagaimana mestinya, padahal mereka mengaku sudah mematuhi tiap tiap langkah aktivasi, sehingga mereka lebih memilih datang ke bengkel resmi Honda guna menanyakan hal ini.

 salah satu teknologi keren yang ada pada motor honda di tahun lalu yang memungkinkan mesi Syarat Agar Fitur Idling Stop System Di Motor Honda Bekerja

Dan ternyata eh ternyata dari seluruh pengguna motor Honda yang sudah memiliki fitur ISS ini, tidak semua penggunanya mengetahui dan memahami syarat agar teknologi canggih ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu bagi kalian yang belum terlanjur berargumentasi yang bukan bukan, pastikan anda sudah melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengaktifkan ISS motor Honda.

Sуаrаt аgаr Idlіng Stор Sуѕtеm Hоndа bеkеrjа


1. Mеnѕtаrtеr mоtоr dеngаn еlеktrіk ѕtаrtеr

Salah satu syarat agar fitur ISS yang ada pada motor honda ini bisa bekerja ialah dengan melakukan starter awal menggunakan starter tombol atau starter elektrik, jadi ketika awal menyalakan mesin motor, jangan menggunakan kick starter jika menginginkan mengaktifkan itur ISS ini.

Baca juga : Cаrа kеrjа tеknоlоgі ISS раdа mоtоr hоndа

2. Pаѕtіkаn ѕwіtсh ISS dаlаm роѕіѕі On

Selanjutnya agar sistem ISS bisa aktif atau bekerja maka anda perlu menekan tombol switch idling stop system ini ke posisi On, yakni tertekan pada posisi atau tulisan "Idling Stop" dan diikuti dengan lampu indikator berwarna hijau yang ada pada instrumen dasboard motor menyala. Nyala hijau ini menandakan bahwa fitur ISS ini sedang dalam keadaan On. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas.


3. Mоtоr mіnіmаl ѕudаh mеlеbіhі kесераtаn 10km/jаm

Syarat lain agar fitus ISS yang ada pada motor honda ini bisa berfungsi, maka sepeda motor harus sudah digunakan dan melaju pada kecepatan diatas 1 km/jam, sebab ada sebuah sensor khusus yang membaca dan mendeteksi seberapa motor anda melaju, yang selanjutnya data data yang dibaca oleh sensor ini akan didistribusikan kedalam ECM yang mengendalikan fungsi dari ISS.

Baca juga : Kеtаhuі rеѕіkо mоdіfіkаѕі mоtоr mаtіk раkаі bаn bеѕаr


4. Putаrаn mеѕіn mеnсараі 1.600 dеngаn tоlеrаnѕі рluѕ mіnuѕ 100rрm

Agar fungsi dari ISS ini bekerja dengan benar maka putaran mesin dari sepeda motor sudah mencapai 1.600 rpm, dengan batasan toleransi plus minus 100 rpm an ( bisa di rpm 1500 atau rpm 1700 ). putaran mesin setinggi ini bisa didapat ketika anda menjalankan motor dengan kecepatan diatas 10 km/jam tadi.


5. Tеmреrаtur Mеѕіn dіаtаѕ 60°C.

Bagi sepeda motor honda yang juga telah mengaplikasikan pendinginan mesin dengan menggunakan radiator atau Engine coolant temperature, ada sebuah sensor yang juga membaca seberapa panas suhu mesin motor yang nantinya akan memicu aktivasi dari ISS ini. Jadi jika suhu mesin masih dingin alias masih belum dipakai terlalu lama dan belum mencapai suhu minimal 60 derajat, maka fitur ISS ini juga tidak dapat aktif meskipun beberapa point diatas sudah kalian lakukan.


6. Pаѕtіkаn Thrоttlе dаlаm роѕіѕі tеrtutuр ѕеmрurnа

Teknologi dari ISS yang ada pada motor honda ini juga membaca seberapa sempurna trottle atau gas tertutup, jika anda sedang berhenti di lampu merah, namun tetap menarik sedikit gas tentu saja ISS tidak bisa aktif. Oleh sebab itu jika kalian kebetulan berhenti di lampu merah, sebaiknya lepaskan gas motor anda agar trottle nya tertutup dengan sempurna.


7. Mоtоr bеrhеntі mіnіmаl 3 dеtіk

Ada jeda waktu yang juga diperlukan untuk mengkonfirmasi sistem untuk menjalankan ISS yakni sepeda motor harus dalam keadaan berhenti minimal 3 detik. Nantinya sensor speed dan juga sensor yang ada pada trottle ini akan mendeteksi baik itu kecepatan / speed dan juga bukaan trottle, baru kemudian dikonfirmasi dengan jeda waktu ini untuk mengaktifkan fitur ISS. Ketika fitur ISS ini aktif maka anda akan mendpati lampu indikator yang ada pada dasboard / panel speedometer ini berkedip kedip.

Baca juga : Bаhауа mеngіntаі bаgі реnggunа саіrаn реnаmbаl bаn оtоmаtіѕ

Nah agar fitur ISS ini aktif secara sempurna ada 7 point yang harus keseluruhannya terpenuhi, ada salah satu point yang ada diatas tidak terpenuhi maka sistem ISS ini tidak bisa diaktifkan. Dengan menggunakan fitur canggih yang satu ini, maka ketika motor terjebak di lampu merah yang mengharuskan anda berhenti sekian lama, maka mesin motor akan otomatis dimatikan, dan bisa dinyalakan kembali cukup dengan manarik gas sehingga dengan ini konsumsi bahan bakar motor semakin irit. Semoga membantu dan jika ada kurang lebihnya mohon maaf.


Post a Comment for "Syarat Agar Fitur Idling Stop System Di Motor Honda Bekerja"