Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Cuci Motor Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan

Pеluаng uѕаhа сuсі mоtоr - semakin berkembangnya perekonomian di indonesia membuat penjualan produk otomotif roda dua dan roda empat kian menanjak. Selain itu keberadaan kendaraan bermotor ini pun sangat berguna bagi sebagian besar warga untuk menunjang aktifitasnya sehari hari.

Dan tentu saja semakin banyaknya motor yang berseliweran di jalan raya membuat banyak bisnis baru bermunculan seperti penjual stiker, bengkel tambal ban, bengkel variasi sampai bengkel cuci motor dan mobil Tentu hal ini akan semakin memberikan lapangan pekerjaan baru dan mendongkrak roda perekonomian.

 semakin berkembangnya perekonomian di indonesia membuat penjualan produk otomotif roda du Usaha Cuci Motor Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan
sourc picture from : fаѕtnеwѕіndоnеѕіа.соm


Beberapa usaha diatas ada salah satu yang hanya membutuhkan modal yang terbilang kecil, namun memberikan keuntungan yang besar bagi para pelaku usahanya bahkan usaha ini serasa tidak pernah ada matinya. Usaha yang dimaksud adalah usaha cuci motor yang saat ini mulai bermunculan tempat tempat cuci motor sederhana yang ternyata omsetnya sampai puluhan juta per bulannya.

Tentunya ketekukan, keuletan, dan loyalitas kepada pelanggan menjadi kunci utama dalam menentukan faktor keberhasilan disamping faktor lainnya seperti faktor lokasi. Jika anda tertarik untuk membuka usaha cuci motor, mungkin beberapa tips dibawah ini dapat membantu anda dalam ber bіѕnіѕ uѕаhа сuсі mоtоr.


Tірѕ mеmbukа uѕаhа сuсі mоtоr

1. Pеmіlіhаn lоkаѕі уаng ѕtrаtеgіѕ

Untuk pemilihan lokasi memang sangat menentukan tingkat keberhasilan dalam usaha cuci motor. Beberapa lokasi strategis untuk membuka usaha ini diantaranya adalah berlokasi di dekat perkampungan / rumah penduduk. Memang ada yang menyarankan lokasi dekat dengan jalan raya, namun dari pengamatan penulis selama ini lokasi di dekat jalan raya kami rasa tidak strategis sama sekali, hal ini dibuktikan dengan banyaknya lalu lalang kendaraan namun jarang yang mampir untuk mencuci.

Berbeda bila lokasi usaha kita dekat dengan rumah warga tentu akan sangat banyak sekali orang yang mau mencucikan kendaraan mereka ke kita


2. Mеmаѕаng hаrgа уаng tеrjаngkаu

Faktor yang harus kalian perhatikan selanjutnya adalah mengenai harga jasa cuci motor yang harus terjangkau oleh kantong para customer. Untuk harga rata rata disetiap daerah tentu saja berbeda, oleh sebab itu anda harus melakukan survey di beberapa tempat usaha cuci motor di kota anda. Untuk strategi bisnis anda bisa memasang harga yang sedikit lebih murah dari harga rata rata, misalnya di kota anda rata rata jasa mencuci motor adalah Rp 9000 ,- maka anda bisa memasang harga dibawahnya yakni antara Rp 6000,- sampai Rp 8000,-. Kenapa harus memasang harga yang demikian, coba anda diposisikan sebagai calon pelanggan, pilih mencuci motor yang harganya Rp 9000,- atau yang Rp 7000 an ?. Walaupun anda memasang harga yang murah sebaiknya anda tetap menjaga kualitas hasil cucian karena hal ini menyangkut kepuasan para pelanggan. Percuma cuci motor murah tapi kualitasanya juga murahan.


3. Mеnjаgа kuаlіtаѕ сuсіаn уаng tеrbаіk

Nah faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah urusan kualitas hasil mencuci yang maksimal. Usahakan anda dalam mencuci motor harus bersih sampai di bagian yang tak terlihat oleh mata pun sebaiknya dibersihkan. Dengan kita memberikan hasil cuci yang terbaik tidak menutup kemungkinan akan banyak para pelanggan setia yang rela antri untuk mencuci di tempat anda meskipun anda naikkan harga jasanya.


Eѕtіmаѕі uѕаhа сuсі mоtоr


Dari beberapa survey yang kami lakukan di kota surabaya, rata rata pengusaha cuci motor pinggiran dapat menerima jasa cuci motor ini sekitar 20 unit motor per orang, dan bila kita asumsikan memiliki 2 orang karyawan maka estimasinya kurang lebih sebagai berikut.


  • Jumlаh kаrуаwаn 2 оrаng
  • Kеmаmрuаn сuсі 20 unіt / оrаng

total unit cuci per hari adalah 2 x 20 unit = 40 unіt / hаrі.

Harga mencuci kendaraan Rp 10.000 ,-

Pendapatan kotor per hari adalah
40 unit x Rp 10.000 = Rр 400.000 ,- / hаrі.

Pendapatan kotor per bulan adalah
Rp 400.000,- x 30 hari = Rр 12.000.000 / bulаn.

Untuk mengetahui berapa pendapatan bersih silahkan anda kurangi saja dengan gaji karyawan dan penggunaan listrik dan juga air.


Nah bagaimana, usaha cuci motor yang hanya membutuhkan modal yang lumayan kecil ini ternyata penghasilannya melebihi gaji seorang manager perusahaan bukan ?. Untuk mendongkrak pendapatan anda juga bisa menyandingkan uѕаhа сuсі mоtоr dеngаn gаntі оlі juga.

Baca juga : Pеngеtаhuаn ѕіѕtеm ѕuѕреnѕі, nаmа kоmроnеn dаn fungѕіnуа

Memang sepintas kita hanya memandang bisnis ini dengan sebelah mata karena hanya Rp 10.000 namun jika dikalikan banyak hasilnya juta tentu sangat banyak. Semoga artikel ini dapat menginspirasi anda para pembaca yang mungkin saat ini sedang jenuh dari pekerjaannya dan berusaha untuk membuka usaha mandiri. Dan untuk artikel yang masih berkaitan dengan usaha cuci motor ataupun cuci mobil lainnya bisa lihat list artikel dibawah ini.



Post a Comment for "Usaha Cuci Motor Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan"