Cara Memperbaiki Rantai Sepeda Motor

 Mengatasi Rantai Motor Putus

Mengatasi Rantai Motor Putus Tanpa Mengganti Rantai Kondisi ini biasanya terjadi saat rantai dan gear rantai masih dalam keadaan bagus atau masih baik. Adapun langkah-langkahnya dijelaskan sebagai berikut,

Langkah Pertama

Siapkan peralatan yang akan digunakan, seperti sebuah tang lancip, connecting drive, dan kunci-kunci roda. Lepas bagian rantai yang putus dengan menggunakan tang lancip.

Langkah Kedua

Sambungkan rantai yang Sudah putus menjadi satu bagian kembali.

Langkah Ketiga

Pasang connecting drive pada sambungan rantai agar rantai tidak lepas.

Mengatasi Rantai Motor Putus Tanpa Mengganti Rantai Kondisi ini biasanya terjadi saat rant Cara Memperbaiki Rantai Sepeda Motor
Cara Mengencangkan Rantai Sepeda Motor

Adapun angkah-langkah atau cara mengencangkan rantai sepeda motor yang kendur dijelaskan sebagai berikut.

1) Langkah Pertama

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengendurkan terlebih dahulu baut yang terdapat pada as roda bagian belakang Anda bisa menggunakan kunci ring berukuran 19 dan 14 untuk mengendurkan baut tersebut. Selain itu, ada juga motor bebek dengan merek lain yang menggunakan kombinasi kunci 17 dan 14, Anda hanya tinggal menyesuaikan saja.

2) Langkah Kedua

Jika baut as roda belakang sudah kendur, langkah selanjutnya adalah mengencangkan baut setelan rantai yang ada di dekat rantai. Anda dapat mengencangkannya dengan kunci ukuran 12 atau 10.  Setelah baut selesai dikencangkan, silakan Anda pastikan rantainya sudah pas atau belum. Jika sudah pas atau sesuai yang diinginkan, Anda dapat mengencangkan kembali baut as roda dikendurkan tadi.

3) Langkah Ketiga

Pada saat penyetelan, usahakan untuk menyamakan garis indikator yang ada di penyetel rantai motor Anda. Misalnya, pada bagian kanan 2 dan untuk bagian kiri harus diatur 2 juga. Hal ini bertujuan agar ban motor Anda mendapat posisi center dan seimbang. Selain itu, posisi yang seimbang tersebut mencegah posisi rantai ban motor melenceng ke kiri atau ke kanan.

Cara Mengganti Rantai Baru Sepeda Motor

Apabila rantai sepeda motor sudah terlalu kendur dan gear sudah mengalami keausan, jalan satu-satunya adalah mengganti rantai dan gear yang baru. Rantai dan gear biasanya dijual dalam satu paket. Oleh sebab itu, Anda juga harus mengganti rantai apabila ingin mengganti gear. Berikut ini langkah-langkah mengganti rantai dan gear sepeda motor tipe bebek.

1) Langkah Pertama

Cari sambungan rantai sepeda motor agar mudah melepaskan rantainya.

2) Langkah Kedua

Setelah rantai sepeda motor terlepas, hal berikutnya adalah mencopot as roda belakang sepeda motor Anda. Buka semua baut yang terhubung dengan roda belakang agar mudah untuk mengganti gear motornya.

3) Langkah Ketiga

Setelah baut bagian belakang terlepas, silakan beralih ke bagian depan. Lepaskan cover pelindung gear bagian depannya dan di dalam cover tersebut terdapat gear kecil yang menyambung langsung ke bagian mesin. Lepaskan semua baut yang menempel pada gear tersebut.

4) Langkah Keempat

Setelah bagian depan selesai, kembali lagi ke bagian belakang Posisi gear masih menempel pada roda, jangan lupa lepas Juga pelindung rantai (biasanya berbentuk pelat tipis).

5) Langkah Kelima

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, Anda tinggal memasang gear set baru yang sudah Anda siapkan. Pastikan urutan atau letak baut dipasang secara benar sesuai peruntukannya. Agar lebih memudahkan Anda jika baru pertama kali melakukan ini, ambil kertas putih dan letakkan baut yang dilepas sesuai urutannya.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu