Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Rem ABS Sepeda Motor

 Perbaikan Sistem Rem ABS

Cara memperbaiki rem ABS sepeda motor ada banyak cara. Perbaikan sistem rem ABS selain dengan mengenali kedipan pada lampu indikator juga terdapat masalah diluar dari kedipan tersebut. Saat sistem rem ABS dalam keadaan tidak aktif, maka sistem pengereman pada sepeda motor hanya akan menjadi seperti sepeda motor tanpa mengunakan sistem rem ABS. Rem tetap bisa berfungsi, tetapi rem bisa mengunci karena pada fitur ABS tidak aktif. Saat tuas rem ditarik penuh, motor dengan sistem rem ABS yang bermasalah akan mengunci seperti sepeda motor non-ABS. Untuk mengetahui penyebab pada bagian yang rusak,maka dapat dicek dengan diagnostic tools(alat diagnosa)

Jika sensor pada sistem rem ABS tidak bisa membaca, analisis penyebab kerusakan ada pada pulser ring yang mungkin terkena lumpur atau tanah basah (segala sesuatu yang menggangu sensor). Dapat juga akibat pulser ring yang penyok akibat benturan. Keadaan pulser ring yang penyok biasanya terjadi karena kecerobohan pemilik sepeda motor memasangkan gembok di dekat atau di lubangnya. Berikut adalah kegagalan atau masalah yang terjadi pada sistem rem ABS yang mungkin terjadi pada sepeda motor:

1. Lampu Indikator ABS tidak menyala saat kunci kontak pada posisi ON

Jika lampu indikator ABS tidak nyala(lampu indikator mati) saat kunci kontak pada posisi ON, lakukan langkah-langkah pemeriksaan sebagai berikut.

1) Periksa saluran masuk daya(+) dan massa(-) combination meter/panel indikator.

2) Periksa jika ada rangkaian yang terbuka/tidak terhubung pada kabel-kabel yang bersangkutan.

3) Jika tidak ada rangkaian yang terbuka/konslet, lanjutkan dengan melakukan pemeriksaan cara kerja lampu indikator(apakah lampu indikator putus atau tidak).

4) Jika cara kerja lampu indikator dalam kondisi baik, lakukan pemeriksaan saluran sinyal lampu dari ECM ABS menuju ke panel indikator .

2. Lampu indikator ABS menyala terus-menerus

Jika lampu indikator ABS menyala terus-menerus, lakukan langkah-langkah pemeriksaan sebagai berikut ini:

1) Jika lampu indikator tidak mati pada saat sepeda motor berjalan dan kode masalah tidak terlihat, lakukan pemeriksaan hubungan singkat/konsleting pada panel indikator.

2) Lakukan pemeriksaan kondisi lampu indikator.

3) Lakukan pemeriksaan rangkaian lampu indikator jika terdapat hubungan dengan arus (+/-) selain dari ECM ABS.

4) Lakukan pemeriksaan rangkaian pada saluran input daya, sekring, dan arus yang berhubungan dengan lampus indikator.

3. Speed Sensor Roda Depan atau Roda Depan Mengunci

Jika sensor kecepatan roda depan atau pulser ring depan atau roda depan mengunci, lampu indikator ABS mungkin akan berkedip. Hal Ini merupakan kegagalan sementara. Lakukan pemeriksaan berikut.

1) Hapuslah kode masalah sistem ABS, lalu test ride sepeda motor di atas kecepatan 30 km/jam dan periksa kode masalah dengan memulihkan self diagnosis system.

2) Jika kode masalah yang diperlihatkan adalah 41, periksalah rem depan apakah seret/macet atau tidak.

3) Lakukan pemeriksaan celah udara pada sensor kecepatan roda, periksa kondisi sensor kecepatan roda, ukur voltase input sensor kecepatan roda depan, hubungan singkat/konsleting saluran sensor kecepatan roda depan, dan periksa rangkaian terbuka saluran sensor kecepatan roda.

Cara memperbaiki rem ABS sepeda motor ada banyak cara Cara Memperbaiki Rem ABS Sepeda Motor

4. Pulser ring belakang atau roda belakang mengunci

Jika pulser ring belakang atau roda belakang mengunci, lampu indikator ABS mungkin akan berkedip. hal ini merupakan kegagalan sementara yang terjadi pada sistim ABS. Lakukan pemeriksaan berikut:

1) Hapus kode masalah pada rem ABS, kemudian test ride sepeda motor di atas kecepatan 30 km/jam dan periksa kode masalah dengan memulihkan self diagnosis system.

2) Lakukan pemeriksaan rem belakang apakah roda megalami seret atau tidak.

3) Lakukan pemeriksaan pada celah udara sensor kecepatan roda, periksa kondisi sensor kecepatan roda, ukur voltase input sensor kecepatan roda belakang, periksa hubungan singkat/konsleting saluran sensor kecepatan roda belakang, dan periksa rangkaian terbuka saluran sensor kecepatan roda.

Baca Juga :

Perawatan Rem ABS Sepeda Motor

Prinsip Kerja Sistem Rem ABS

Analisa Kerusakan Rem ABS Sepeda Motor

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Rem ABS Sepeda Motor"