Cara Memperbaiki Sistem Kemudi Sepeda Motor


Banyak kendala yang terjadi pada sistem kemudi, jika sudah tidak bisa diperbaiki maka komponen sistem kemudi harus diganti komponen - komponennya. Berbagai macam gangguan pada sistem kemudi sepeda motor dapat diatasi dengan beberapa cara.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki/mengganti komstir kemudi yang rusak.

1. Langkah Pertama

Bongkar dan buka semua bagian pada roda hingga terlihat setang dan mur komstimya.

2. Langkah Kedua

Buka baut komstir yang terpasang pada setang. Buka semua komstir tersebut untuk dapat menurunkan setang motor. Gunakan obeng dan palu untuk membuka komstir setang.

3. Langkah Ketiga

Turunkan segitiga setang motor dari suspensi motor. Periksa mimisan pada setang untuk mengetahui gejala kerusakan komstir.

4. Langkah Keempat

Buka komstir pada batang suspensi dengan menggunakan kunci T dan palu. Untuk mengeluarkan komstir yang ada di bagian atas batang suspensi, masukkan kunci T dari bawah kemudian pukul hingga komstir keluar dari batang suspensinya.

5.Langkah Kelima

Keluarkan komstir yang pada setang segitiga dengan memukulkan palu dengan obeng

6. Langkah Keenam

Pasang komstir yang baru. Cara memasang komstir baru di batang rangka kemudi motor, yakni komstir baru dimasukkan dari atas batang kemudi. Selanjutnya, pukul komstir tersebut sehingga semua sisi komstir masuk ke dalam batang. Untuk meratakan posisi, gunakan komstir lama sebagai bantalan

7 Langkah Ketujuh

Sementara itu, cara memasang komstir baru pada bagian bawah batang kemudi dapat dilakukan dengan cara yang sama saat memasang komstir bagian atas.

8. Langkah Kedelapan

Pasang juga komstir baru pada setang. Cara yang dilakukan sama dengan cara memasang komstir pada batang kemudi. Sebagai catatan, pemasangan komstir harus rata dengan dudukannya.

9. Langkah Kesembilam

Pasang mimisan atau "kacang-kacangan" pada dudukan komstir mimisan yang cembung harus menghadap ke bawah. Sebelum mimisan dipasang pada dudukan komstir, beri pelumas atau gemuk pada dudukan komstir

10. Langkah Kesepuluh

Pasang setang ke batang kemudi. Setelah itu, pasang mur kemudi dan jangan terlalu kencang karena akan mengganggu sistem kemudi. Samakan sisi mur atas dengan mur bawah.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu