-->

Cara Memperbaiki Sistem Rem ABS Sepeda Motor

Memperbaiki Gangguan Rem ABS

Penggunaan rem ABS di sepeda motor merupakan hal yang baru. Oleh sebab itu, cara memperbaiki gangguan sistem rem ini masih terasa sulit untuk dilakukan. Berikut ini beberapa cara untuk mengtasi gangguan pada sistem rem ABS.

Sepeda motor yang mengunakan sistem rem ABS dalam kondisi normal adalah ketika posisi sepeda motor pada kunci kontak ON maka indikator lampu ABS akan menyala, dan ketika sepeda motor berada pada kecepatan diatas 10 KM/Jam maka lampu indikator harus mati. kalau masih menyala berarti ada ganguan pada sistem ABS.

Cara mendiagnosis kegagalan fungsi ABS cukup mudah, yakni dengan melihat kedipan lampu indikator. Namun, ada cara yang harus dilakukan sebelumnya. Dalam kondisi motor tidak jalan, lepaskan konektor ABS service check dari konektor. Jumper kabel terminal konektor (abu-abu dan merah-silver). Selanjutnya, putar kunci kontak ke ON. ABS indikator akan menyala selama 2 detik lalu mati selama 3,6 detik. Setelah itu, indikator akan memberitahukan sumber masalah. Kedipan panjang menandakan puluhan, sedang kedipan cepat merupakan satuan. Misal, satu kedipan panjang dan tiga kedipan cepat artinya 13. Angka 13 tersebut menandakan rangkaian speed sensor belakang tidak berfungsi dengan baik. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!

1. Lepaskan konektor ABS service check 3P dari konektor dummy.

2. Hubungkan dengan kabel terminal konektor 3P ABS konektor dengan kabel jumper kemudian putar kunci kontak ke OFF.

Penggunaan rem ABS di sepeda motor merupakan hal yang baru Cara Memperbaiki Sistem Rem ABS Sepeda Motor

3. Putar ignition switch ke ON dan engine stop switch Ke Ω. ABS indikator (1) harus menyala 2 detik (sinyal start kemudian akan mati setelah 3,6 detik) dan mulai mengindikasikan masalah.

4. Kode masalah diperlihatkan dengan jumlah kedipan ABS indikator. Jika kode masalah tidak tersimpan, ABS indikator tetap menyala.

5. Putar ignition switch ke OFF dan lepaskan jumper wire (kabel penghubung). Hubungkan konektor 3P ABS service check ke konektor dummy (penutup).

Langkah selanjutnya adalah menghapus kode kegagalan pada sensor rem ABS agar tidak menyala secara terus-menerus.

1. Lepaskan konektor 3P ABS service check (1) dari konektor dummy (2).

2. Hubungkan singkat terminal-terminal kabel dari konektor 3P ABS service check dengan sebuah jumper wire (3) dengan ignition switch diputar ke OFF dengan cara yang sama seperti pada saat pengeluaran.

Penggunaan rem ABS di sepeda motor merupakan hal yang baru Cara Memperbaiki Sistem Rem ABS Sepeda Motor

3. Putar ignition switch ke ON dan engine stop switch ke 2 sementara menekan handel rem. ABS indikator harus menyala selama 2 detik lalu mati.

4. Lepaskan handel rem dengan segera setelah ABS indikator mati, ABS indikator harus menyala

Penggunaan rem ABS di sepeda motor merupakan hal yang baru Cara Memperbaiki Sistem Rem ABS Sepeda Motor

5. Tekan handel rem segera setelah ABS indikator menyala. ABS indikator harus mati.

6. Lepaskan handel rem segera setelah ABS indikator mati. Setelah penghapusan kode selesai, ABS indikator akan berkedip dua kali dan menyala terus.

7. Jika ABS indikator tidak berkedip 2 kali, data tidak terhapus. Jadi, cobalah sekali lagi. Jika indikator berkedip dua kali dan berkedip terus, berarti sistem ABS tidak bekerja dengan baik.

8. Putar ignition switch ke OFF dan lepaskan jumper wire. Hubungkan konektor 3P ABS service check ke konektor dummy.

LihatTutupKomentar