Cara Memperbaiki Suspensi Depan Sepeda Motor


Sebelum memperbaiki suspensi depan sepeda motor terlebih dahulu harus mempersiapkan alat-alat yang digunakan. Berikut ini adalah alat-alat yang digunakan untuk memperbaiki suspensi depan sepeda motor.

a. Kunci pas/ring/shock 8 mm, 14 mm, dan 17 mm

b. Obeng + dan -

C. Kunci bintang T40

d. Kunci L 6 mm

e. Oli untuk shock breaker (merek Jumbo, Showa, dan lain-lain) atau oli SAE1 10

f. Oil seal ukuran 26x37x10,5

Setelah mengetahui dan mempersiapkan berbagai alat yang dibutuhkan, Anda dapat memperbaiki gangguan pada suspensi depan sepeda motor.

Sebelum memperbaiki suspensi depan sepeda motor terlebih dahulu harus mempersiapkan alat  Cara Memperbaiki Suspensi Depan Sepeda Motor
Komponen Suspensi Depan Sepeda Motor

Berikut ini langkah-langkah memperbaiki suspensi depan sepeda motor.

1. Langkah Pertama

Lepas roda, sepatbor, dan rumah piston rem. Buka baut 14 mm untuk melepas kedua shock breaker. Untuk membongkar shock breaker, tekan penutup shock bagian atas dan lepas ring penguncinya.

2. Langkah Kedua

Keluarkan per dari dalam tabung dan buang oli di dalam tabung shock breaker. Kocok-kocok as shock breaker agar semua oli keluar. Oli akan kental, berwarna hitam seperti lumpur, dan berbau tidak sedap jika sudah lama tidak diganti.

3. Langkah Ketiga

Untuk melepas tabung shock dalam, buka baut L pada bagian bawah tabung shock luar dengan menggunakan kunci L 6 mm. Tarik keluar tabung shock dalam maka akan keluar beserta dengan damper rod dan rebound spring-nya. Pastikan kondisinya mulus dan tidak boleh ada yang cacat atau tergores. Jika sudah cacat atau tergores, Anda harus menggantinya karena oli akan bocor melalui goresan pada batang pipa tersebut.

4. Langkah Keempat

Seal oli harus diganti jika sudah bocor. Ciri seal oli yang bocor ialah bagian pipa shock dalam (yang mengilap) basah terkena oli. Untuk melepas seal oli, lepas dulu seal debunya. Selanjutnya, lepas ring pengunci seal oli dan lepas seal-nya dengan cara mencungkil dengan obeng minus dan diberi tatakan kain tebal pada pinggir tabung shock agar tidak cacat

5. Langkah Kelima

Pasang seal oli yang baru, masukkan secara pelan-pelan, rata, dan jangan sampai miring agar bisa rata sewaktu memasukkan ke tabung, beri alas untuk memukul yang diameternya hampir sama dan bisa masuk ke tabung shock breaker (gunakan bearing bekas roda depan).

6. Langkah Keenam

Pasang ring pengunci dan seal debu kemudian pasang tabung shock dalam beserta damper dan rebound spring, lalu kunci dengan baut pengikatnya (baut L 6 mm). Isi shock breaker dengan oli khusus shock breaker (merek Showa atau Jumbo) atau oli SAE 10 pada masing- masing tabung sebesar 64 ml (Anda juga bisa memakai suntikan yang ada ukurannya untuk menakar jumlah oli). Jika memakai oli yang bermerek Jumbo (satu kemasan ada 2 botol), isi masing-masing botol ke masing-masing tabung shock breaker dengan takaran kira-kira sepertiga oli dimasukkan ke tabung shock sehingga sisa sepertiga oli saja.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu