Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis dan Komponen Suspensi Depan Sepeda Motor

Jenis dan Komponen Suspensi Depan  Sepeda Motor

Suspensi sepeda motor merupakan komponen yang berfungsi sebagai alat untuk meredam getaran saat melaju. Suspensi yang tidak berfungsi dapat dideteksi saat motor melaju di jalan yang tidak rata. Apabila getaran dirasa tidak empuk atau keras, suspensi tersebut mengalami gangguan. Untuk mengetahui cara mengatasi gangguan tersebut, Sebelum mengetahui berbagai macam gangguan pada suspensi sepeda motor, Anda harus mengenal berbagai jenis suspensi sepeda motor dan komponennya terlebih dahulu.

Jenis Suspensi Sepeda Motor

Suspensi sepeda motor pada umumnya dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu suspensi depan dan suspensi belakang.

a. Suspensi Depan atau Front Suspension

Letaknya di depan sepeda motor sehingga disebut dengan suspensi depan. Ada beberapa jenis suspensi depan, yang masing-masing dijelaskan sebagai berikut.

1) Bottom Link Fork

Jenis suspensi ini biasanya digunakan pada jenis sepeda motor jenis lama atau vespa.

2) Telescopic Fork

Suspensi jenis ini banyak digunakan pada sepeda motor. Suspensi jenis ini menggunakan dua buah garpu yang diletakkan di steering yoke. Garpu pada suspensi jenis ini menggunakan getaran pegas dan oli minyak sebagai prinsip kerjanya. Pegas menampung getaran dan benturan roda dengan permukaan jalan, sedangkan oli garpu mencegah getaran diteruskan ke batang kemudi.

3) Up Side Down

Jenis suspensi ini banyak diterapkan pada sepeda motor dengan ukuran besar seperti moge. Tipe ini pada dasarnya hampir sama dengan tipe garpu teleskopik. Perbedaannya ialah tabung fluida redam pada tipe garpu teleskopik terletak di bawah, sedangkan tabung fluida redam pada suspensi ini terletak di atas.

b. Suspensi Belakang atau Rear Suspension

Suspensi belakang diletakkan di belakang sepeda motor yang menjadi satu dengan roda belakang. Berikut ini beberapa jenis rear Suspension.

1) Twin-shock

Bentuk khas dari jenis suspensi ini adalah berbentuk H. Pada kedua sisinya terdapat shock breaker sebagai alat untuk menahan guncangan. Jenis ini sangat kuat untuk menahan beban yang berat.

2) Monoshock

Kendaraan masa kini banyak yang menggunakan model jenis ini. Hal tersebut disebabkan motor lebih stabil sehingga lebih mudah mengendalikan motor saat menikung. Pada awalnya, suspensi jenis ini digunakan pada sepeda motor balap. Selanjutnya, suspensi jenis ini diterapkan pada motor pabrikan.

Komponen Suspensi Sepeda Motor

Pada dasarnya, gangguan suspensi sering terjadi pada suspensi depan. untuk mengatasinya, Anda harus mengetahui bagian-bagain atau Komponen pada suspensi terlebih dahulu, yang dijelaskan sebagai berikut

Komponen Suspensi Depan  Sepeda Motor

a. Per Shock

Komponen ini berfungsi untuk menahan beban kendaraan dan memberikan efek elastis pada kendaraan.

b. Rebound Spring

Komponen ini berfungsi untuk menerima atau meredam kejutan dari roda. Pegas ini yang pertama kali menerima kejutan dari roda akibat jalan yang tidak rata.

c. Damper Rod

Komponen ini berfungsi sebagai piston yang membagi ruang antara di bawah torak garpu dan di atas torak gapu. Oleh sebab itu, minyak shock berpindah dari ruang di bawah torak garpu menuju ruang di atas torak garpu, demikian sebaliknya. Hal in bertujuan untuk meredam gaya osilasi dari pegas garpu dan pegas reaksi.

d. Tabung Shock Dalam

Komponen ini berfungsi untuk membuat sekat atau ruang antara slider garpu dan ruang di dalam tabung garpu tersebut. Contonnya pada shock breaker merek Honda yang menggunakan tipe win uDe (dua tabung).

e. Sil Debu

Komponen ini berfungsi untuk melindungi tabung shock dalam dari goresan yang diakibatkan oleh debu.

f. Cincin Stoper

Komponen ini berfungsi untuk menahan sil oli dan sil debu supaya tetap pada tempat dan fungsinya. Selain itu, komponen ini juga menjaga agar suspensi bekerja dengan baik dan benar.

g. Sil Oli

Komponen ini berfungsi sebagai penutup atau perapat oli shock yang berada di dalam tabung shock dalam dengan tabung shock luar supaya oli tidak keluar.

Post a Comment for "Jenis dan Komponen Suspensi Depan Sepeda Motor"