Komponen Rantai Sepeda Motor Bebek

Rantai dan rangka sepeda motor merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Banyak orang yang tidak memedulikan gangguan pada rantai dan rangka, bahkan sebagian orang tidak akan mengganti rantai sepeda motor sebelum rantai tersebut lepas. Gangguan pada rantai dan rangka juga dapat membahayakan pengemudi. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui tentang gejala kerusakan pada kedua komponen tersebut dan cara untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, pelajari materi di bawah ini!

Rantai dan rangka sepeda motor merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor Komponen Rantai Sepeda Motor Bebek

Pada masa kini ada dua jenis kendaraan bermotor, yaitu kendaraan bebek dan matik. Kedua jenis kendaraan tersebut memiliki rantai yang berbeda. Oleh karena itu, gangguan pada rantai kedua jenis kendaraan tersebut juga berbeda. Untuk mengetahui berbagai gangguan dan cara mengatasinya, Anda perlu mengetahui komponen rantai kendaraan bebek dan matik.

Komponen Rantai Kendaraan Bebek

Rantai dan gear/sprocket merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga pada kendaraan sepeda motor. Tanpa adanya rantai dan gigi sprocket maka roda belakang tidak akan dapat berfungsi sebagai penggerak kendaraan. Rantai yang mengalami gangguan akan memengaruhi laju kendaraan bermotor itu sendiri.

Rantai roda pada sepeda motor ini berfungsi untuk meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke roda belakang melalui gear atau sprocket sehingga roda belakang berputar dan mendorong laju kendaraan. Rantai roda tersusun atas beberapa mata rantai dan setiap mata rantai roda terdiri atas beberapa bagian.

Sementara itu, gear/sprocket pada kendaraan berupa roda bergigi yang bekerja secara berpasangan dengan rantai roda. Gear pada sepeda motor terdiri atas dua bagian, yaitu gear depan yang berukuran lebih kecil yang berfungsi sebagai penggerak (drive) dan gear belakang yang berukuran lebih besar yang berfungsi sebagai yang digerakkan (driven) biasa disebut gear set. Gear set digunakan untuk meneruskan tenaga putar antara poros depan dengan poros belakang bersama-sama rantai roda.

Komponen yang ada di dalam rantai sepeda motor matik, antara lain pelat luar (outer sideplate), pelat dalam (inner sideplate), pin, roller, dan brush.

a. Pelat luar (outer sideplate) berfungsi sebagai penyambung antar pin, posisinya ada di paling luar.

b. Pelat dalam (inner sideplate) juga berfungsi sebagai penyambung antar pin, tetapi posisinya ada di dalam.

c. Pin berfungsi sebagai "as rodanya" rantai.

d. Roller merupakan bagian yang kontak langsung dengan gigi sprocket.

e. Brush merupakan pelindung antara roller dengan pin agar pin tidak langsung bergesekan dengan roller.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu