Masalah pada Sistem Rantai Sepeda Motor

Gangguan rantai sepeda motor bisanya dapat dideteksi dini saat laju kendaraan bermotor tidak maksimal atau rantai berbunyi saat motor melaju. Berikut ini beberapa gangguan dan indikasinya pada rantai sepeda motor.

Rantai Berbunyi

Berikut ini tiga indikasi jika rantai sepeda motor mulai berbunyi.

1. Rantai Motor Kendur

Rantai yang kendur dapat menimbulkan suara pada motor karena posisi rantai tidak pas dengan gear rantai. Ada tiga penyebab rantai motor mudah kendur, yaitu:

a) penyetelan rantai yang kurang pas

b) kondisi jalan yang tidak stabil

c) penggunaan motor yang tidak sesuai, contohnya seperti kelebihan beban angkut dan kebut-kebutan.

2. Rantai Kotor atau Berkarat

Motor yang sering dipakai dan tidak diberi pelumas dapat nenyebabkan rantai mengalami kekeringan atau kotor. Apabila tidak sering dilumasi dengan pelumas, kotoran tersebut bisa menjadi karat. Dengan demikian, rantai motor akan berbunyi saat melaju. Apabila kondisi ini tidak diperhatikan, hal itu akan membuat rantai putus sehingga dapat membahayakan keselamatan pengendaranya dan pengendara lain.

3. Rantai Motor Aus

Definisi rantai motor aus mengarah pada rantai yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Secara umum, rantai motor perlu diganti sekali setiap tahun. Namun, hal ini juga tergantung pada pemakaian motor sehingga apabila Anda sering menggunakan motor, ada kemungkinan rantai motor tersebut perlu diganti lebih dari sekali setiap tahun.

Gear yang Sudah Aus

Gangguan pada rantai tidak akan bisa dilepaskan dari kondisi gear itu sendiri. Adapun indikator gear yang sudah rusak atau mengalami gangguan, antara lain :

1. Ujungnya yang sudah lancip

2. Lekukannya mulai dalam

3. berwarna gelap

4. lebar lengkungan dan sudut tajamnya mulai tidak sama.

Sementara itu, keausan yang terjadi pada gear sepeda motor disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini.

1. Kebiasaan melakukan pengereman mendadak (stop and go)

Pengereman mendadak yang dilakukan terlalu sering akan memengaruhi kondisi gear depan motor.

2. Sering terkena dan tergenang air hujan

Sepeda motor yang sering terkena hujan dan melalui jalanan dengan genangan air akan membuat gear rantai mengalami keausan. Rantai akan kotor dan akan berdampak pada terganggunya gear. Saat mengering dan tidak segera dibersihkan, hal itu akan berdampak pada rantai dan akhirnya juga berdampak pada gear itu sendiri.

3. Jarang diberi pelumas

Penyebab gear depan motor depan bunyi berikutnya ialah karena jarang diberi pelumas. Pemberian pelumas biasanya dilakukan saat laju kendaraan dianggap sudah tidak normal. Apabila kondisi gear sudah terasa kering, berikan pelumas secepatnya. Jangan lupa bahwa pelumasan yang berlebihan juga akan menimbulkan masalah pada rantai gear-nya, seperti rantai akan mudah lepas karena kondisinya terlalu licin.

4. Pemakaian terlalu kasar

Kebiasaan mengendarai motor secara ugal-ugalan atau mengganti gigi secara keras akan menyebabkan gear cepat aus. Kebiasaan seperti itu juga akan membuat gear dan rantai motor cepat rusak.

5. Bagian rantai sudah kendur

Bagian rantai yang mulai kendur biasanya menimbulkan bunyi bunyian yang tidak enak untuk didengar. Rantai yang berbunyi bisa membuat gear juga cepat aus.

6. Bagian rantai sudah dalam keadaan kering

Penyebab gear depan motor berbunyi ialah engering. Kondisi bagian rantai yung sudah mulai kering menyebabkan benturan antara bagian besi gear dan juga bagian besi rantai sehingga menciptakan bunyi. Ketika bagian-bagian ini mulai mengering biasanya ditandal dengan timbulnya karat pada mulai permukaan-permukaan besinya.

Solusi terbaiknya adalah tidak hanya membersihkannya saja, tetapi juga memberi pelumas pada Keseuruhan rantai dan juga bagian gear-nya. Kondisı seperti ini akan sangat membantu dalam menjaga gear set sehingga tidak menimbulkan bunyi kembali.

7. Bagian gear sudah kotor

Debu yang menempel sedikit demi sedikit setiap hari lama- kelamaan akan menumpuk di berbagai bagian motor anda dan sering kali mengganggu peforma dari motor itu sendiri. Debu juga bisa membuat gear menjadi berbunyi. Gesekan antara gear dengan rantai disertai dengan adanya tumpukan debu inilah yang menyebabkan bunyi-bunyian tersebut. Jika dibiarkan saja, gear set tersebut berpeluang besar untuk mengalami kerusakan.

8. Sering melewati jalanan ekstrem atau rusak

Guncangan yang setiap saat bisa anda alami sepanjang hari saat mengendarai sepeda motor, tentu akan berpengaruh dan mengakibatkan terjadinya kekenduran pada bagian-bagian motor secara umum. Guncangan tersebut membuat rantai menjadi begitu cepat kendur.

Untuk mengurangi ganguan pada rantai sepeda motor silahkan lakukan penyetelan rantai kendaraan. Berikut adalah cara penyetelan rantai sepeda motor :

Gambar Penyetelan Rantai


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu