Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI BAN SEPEDA MOTOR


Ban sepeda motor merupakan bagian dari kendaraan yang langsung berhubungan dengan jalan. Ban berfungsi untuk menjamin kendaraan berjalan nyaman dan aman  dengan mengurangi hambatan-hambatan gelinding roda. Oleh karena itu banyak sekali tuntunan-tuntunan yang harus dipenuhi oleh ban. Antara lain : mampu menahan berat kendaraan dan muatan (arah atas dan bawah), mampu menahan gaya (dorongan) dari samping kiri dan kanan (saat melewati jalan yang berbelok/berkelok-kelok), mampu menahan gaya memanjang (saat pengereman) dan akselerasi, tuntunan lainnya yaitu tahanan gelinding kecil, dapat meredam getaran, dan kemampuan cengkeram besar

Pengertian Ban dan Jenis-jenis Ban
Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi:
§  Sebagai pengendali arah kendaraan
§  Sebagai penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpangnya
§  Sebagai penerus tenaga dari mesin
§  Sebagai sistem peredam/suspensi dari sepeda motor

Ban merupakan bagian roda yang langsung  bersentuhan dengan jalan. Pada sepeda motor yang berjalan dan berhenti akan timbul gesekan antara ban dan permukaan jalan. Ban selain juga berfungsi untuk menopang berat motor dan pengendara pada area yang kecil dimana permukaan pada ban menyentuh permukaan jalan, menyalurkan gaya tekan kendaraan pada saat pengendaraan dan pengereman, juga meredam kejutan secara simultan atau terus menerus.
Pada dasarnya ban yang digunakan pada sepeda motor umumnya terdiri atas dua bagian utama yaitu ban bagian luar dan ban bagian dalam. Konstruksi ban pada umumnya adalah sama, baik ban dengan ban dalam maupun ban tanpa ban dalam. Ban bagian luar disebut Tread terbuat dari karet yang keras karena bersentuhan langsung dengan tanah. Untuk itu tread harus memiliki ketahanan aus yang tinggi dan cukup baik melindungi ban dalam.  Sedangkan lapisan bagian dalam ban disebut Breaker.
Carcas dan tread fungsinya untuk menjaga dan melindungi ban bagian dalam dari tekanan udara dan pukulan dari luar secara bersamaan. Carcas terbuat dari lapisan kain atau fabric layer dengan bahan nilon dan rayon yang dilapisi pada bagian luar oleh karet dan kawat yang jumlah lapisannya menentukan kekuatan dari ban. Di samping itu ada lapisan bead yang mampu memegang dengan kuat pada pelek melalui tekanan udara selama berjalan. Lapisan yang berbeda di bagian dalam dari  ban “tubeless” (tanpa ban dalam) yang bersifat elastis, jika tertusuk paku udara bagian dalam tidak bocor keluar. Ban yang tanpa mempunyai ban dalam disebut ban tubeless dengan  konstruksi khusus supaya udara bagian dalam tidak bocor keluar. kebayakan ban tubles pada bagian luar ban terdapat tanda tubeless.
Pengertian Pelek dan Jenis-Jenis Pelek Pada Sepeda Motor

Post a Comment for "MATERI BAN SEPEDA MOTOR"