Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

 Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator

Service sepeda motor adalah hal yang wajib dilakukan pada semua sepeda motor. Service sepeda motor secara normal dilakukan pada 2000 Km - 3000 Km atau 3 bulan pemkaian normal. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa sepeda motor supaya dalam keadaan layak jalan.

Hal –hal yang dikerjakan pada service sepeda motor yaitu :

1. Penyetelan renggang klep

2. Pembersihan karburator.

3. Penyetelan karburator dan putaran mesin.

4. Pembersihan saringan udara.

5. Pemeriksaan / penyetelan kopling

6. Pemeriksaan / penggantian oli mesin.

7. Pemeriksaan kondisi busi.

8. Pemeriksaan / penyetelan dan pelumasan rantai roda.

9. Pemeriksaan / penyetelan rem depan dan rembelakang.

10. Pelumasan / peyetelan kabel gas

11. Pemeriksaan / penyetelan pergerakan bebas stang kemudi

12. Pemeriksaan / pengencangan mur dan baut

13. Pemeriksaan roda dan ban

14. Pemeriksaan / penambahan air accu.

15. Pemeriksaan lampu dan horn.

Oke langsung saja kita bahas point service satu-persatu

1. Penyetelan Renggang Klep/Katup

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor
Tujuan: Supaya tekanan kompresi tetap stabil menghilangkan suara berisik apabila dalam keadaan longgar

Catatan :

1. Pemeriksaan dilakukan dalam kondisi mesin dingin.

2. Piston beradap ada posisi TMA pada langkah kompresi.

3. Pelatuk katup (Rocker Arm) harus bebas.

Sebelum melakukan penyetelan katup maka wajib mencari titik kompresi mesin. Karena pada langkah kompresi katup dalam keadaan bebes artinya katup tidak membuka.

Cara mencari langkah kompresi

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

Cara Penyetelan Katup Atau Kelep

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

1. Longgarkan mur pengikat.

2. Putaran djusting screwkearah kiri.

3. Masukkan feeller gauge.

4. Atur adjusting screw sampai di dapat ukuran yang tepat.

5. Kencangkan kembali mur pengikat.

Hasil Penyetelan Yang Tepat

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

Hasil pengukuran dinyatakan barhasil jika
1. Pada saat feeler gauge ditarik terasa agak seret.
2. Permukaan feeler gauge tidak tergores. 
3. Suara mesin tidak kasar

 Ukuran Celah Katup (Valve Clearance)
Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

2. Membersihkan Karburator

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor
Tujuan: Agar lubang-lubangyang ada dikarburator enjadi lancar dan bersih dari kotoran.

Komponen yang dibersihkan:

1. Needle jet

2. Needle jet holder

3. Main jet

4. Slow jet

5. Chamber set, float/ Mangkok pelampung

3. Penyetelan Karburator dan Putaran Mesin

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor
Tujuan:

1. Agar perbandingan bahan bakar dengan udara sempurna, sesuai dengan kebutuhan mesin, yaitu Perbandingan udara dan bahan bakar (15:1)

2. Dengan penyetelan yang tepat maka akan didapat emisi gas buang dari knalpot lebih kecil.

3. Putaran stasioner mesin:

1400 +100 ( type cub dansport )

1700 +100 ( type metik)

4. Periksa Dan Bersihkan Saringan Udara

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

5. Pemeriksaan Dan Penyetelan Kopling

Tipe Soprt

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

Penyetelan dapat dilakukan dengan 2 cara :

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

Tipe Cub

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

1. Kendorkan mur pengunci.

2. Putar Adjuster bolt dengan menggunakan obeng minus berlawanan jarum jam hingga terasa ada tahanannya.

3. Kemudian putar obeng searah jarum jam berkisar1/4 atau1/8 putaran

6. Pemeriksaan Dan Penggantian Oli

Periksa tinggi permukaan oli didalam mesin.

Pemeriksaan dengan cara melihat tinggi permukaan oli pada oil level gauge. Bila permukaan oli lebih dari batas Upper, berarti isi oli terlalu banyak. Dan bila permukaan oli sejajar dengan batas Lower atau di bawahnya, berarti isi oli kurang.

Kapasitas isi oli :

-Type Sport : 1 liter

-Type Cub : 0,8 liter

Penggantian oli mesin

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor
Catatan: 
Jangan sampai keliru untuk arah pelepasan Baut pembuangan oli.

Penggantian Minyak Pelumas Final Drive
Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor
1. Untuk type,Vario dan BeAT
2. Motor posisis tandar utama
3. Buka, kemudian pasang kembali bolt drain
4. Isi oli final drive sampai batas permukaan lubang bolt atas

7. Pemeriksaan Busi

Cara memeriksa kondisi api busi

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

Lepas busi dari mesin dengan menggunakan kunci busi yang sesuai. Cek busi sesuai perincian berikut:

1. Insulator dari kerusakan

2. Elektroda dari keausan

3. Kondisi terbakarnya busi, perubahan

warna:

Coklat muda sampai coklat tua menunjukkan kondisi busi baik.

Coklat muda sekali menunjukkan campuran bensin dan udara miskin/  terlalu irit.

Penumpukan arang dan terlalu hitam basah, menunjukkan campuran bensin dan udara yang  terlalu kaya/ boros.

Sebelum pemasangan, ukur celah elektroda busi.
Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor
-Supra Fit 0,60 –0,70 mm
-Supra x 125 0,80 –0,90 mm
-Mega Pro 0,80 –0,90 mm
-Tiger 0,80 –0,90 mm
-Vario 0,80 –0,90 mm 
Pasang busi dengan memutar dengan tangan terlebih dahulu, baru kita kencangkan dengan kunci busi, agar pemasangan tidak miring dan tidak merusak ulir busi.

8. Pembersihan Rantai Roda

Bersihkan rantai roda dari kotoran dengan menggunakan minyak pembersih atau solar dan segera keringkan.

Bersihkan rantai dengan O Ring dengan menggunakan deterjent yang benar, keringkan. Lumasi dengan menggunakan oli SAE 80 atau 90

Pemasangan“Chain Clip” pada sambungan rantai harus berlawanan dengan arah putaran rantai roda. Pastikan posisi chain clip tepat pada dudukannya

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

Letakkan kendaraan pada standar tengahnya.

Periksa ketegangan rantai roda pada titik tengah diantara kedua sprocket

Prosedur penyetelan rantai roda
Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

9. Pemeriksaan Dan Penyetelan Rem Sepeda Motor

Pemeriksaan Kampas Rem Tromol (Drum Brake)

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

Berfungsi untuk mengecek cara kerja rem dan jarak bebas rem tromol

Standart: 

Jarak main bebas handel rem

Depan/Belakang 10 –20 mm

Jarak main bebas pedal rem

Belakang 20 –30 mm

Batas Service Kampas Rem : 2 mm

Batas Service Tromol Rem

Cub : 111 mm

Sport : 131 mm

Matic : 131 mm

Pemeriksaan Kampas Rem Cakram (Disk Brake)

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

Gantilah kampas rem, apabila tanda batas keausan sudah mencapai garisnya atau lewat tinggi permukaan oli rem pada master rem.

Tanda batas keausan dapat terlihat secara jelas yang terletak pada bagian ujung coakan dari kampas rem. dan cek secara keadaan oli rem depan.

10. pelumasan / penyetelan kabel gas

Pastikan kabel gas bergerak dengan lancar, dan pada saat pergerakan stang kemudi kekanan dan kekiri, kabel gas tidak tertarik. Bila perlu lumasi kabel handel gas.

Jarak main bebas: 2 –6 mm

11. Pemeriksaan/ penyetelan pergerakan bebas stang kemudi

Lakukan pemeriksaan gerak bebas stang kemudi dengan cara:

1. Putar-putar kearah kiri dan kanan lalu rasakan apakah pergerakannya lancar atau agak seret.

2. Lakukan pemeriksaan selanjutnya dengan menggerakkan roda depan keatas dan bawah dengan memegang shock depan.

3. Lakukan penyetelan apabila diperlukan Apabila pergerakan stang kemudi terasa seret dan kocak, maka periksa routing kabel-kabel nya, dan apabila masih terdapat gejala seret dan kocak maka segera ganti Conerace sebagai satu kesatuan!!!

12. Pemeriksaan/ pengencangan mur dan baut

Tujuan :

-Untuk mengurangi resiko baut atau mur terlepas.

-Mengurangi gejala getaran. Baut & Mur yang perlu dilakukan pengecekan yaitu :

1) Baut dan mur Knalpot/Muffler.

2) Baut-baut Suspensi depan dan belakang.

3) Mur-mur Roda depan dan belakang.

4) Mur-mur Swing Arm.

5) Baut & mur lain yang dianggap perlu.

13. Pemeriksaan roda dan ban

Panduan Service Lengkap Sepeda Motor Carburator Panduan Service Lengkap Sepeda Motor

1. Periksa tekanan angin roda depan dan belakang dengan menggunakan Tire Gauge, sesuaikan dengan spesifikasinya

2. Pastikan keseimbnagan roda

3. Periksa tanda TWI (Thread Wear Indicator), apabila sudah melampaui, maka segera ganti ban dengan yang baru.

4. Periksa jarak main bebas roda dengan swing arm pivot

5. Pastikan fork depan tidak oblak2.

6. Pastikan bearing berputar dengan lancar dan tidak ada kelainan suara

14. Pemeriksaan/ penambahan air accu.

Jika accu sepeda motor mengunkan tipe MF ( bebas perwatan) maka perikasa keadaan kotak accu dan pull accu serta ukur voltase accu.

Jika accu sepeda motor mengunkan tipe basah Periksa tinggi air accu, bila air berada dibawah batas lower berarti perlu ditambah.

Gunakanair accu/air distilasi sebagai pengisi, jangan gunakan air accu zuur. Juga perikasa keadaan kotak accu dan pull accu serta ukur voltase accu.

15. Pemeriksaan lampu dan horn.

Periksa fungsi dari :

1. Lampu kepala kegunaan lampu pendek dan panjang juga arah pencahayaan.

2. lampu sein perikasa kedipan lampu sein.

3. Lampu kota /tail lamp, periksa fungsi dari lampu kota.

4. Lampu rem, periksa kegunaan lampu rem dan swich rem.

5. Lampu indikator, periksa lampu indikator dan instrumen lainnya.

6. Pemeriksaan fungsi dari horn/klakson.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu