Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal + Jawaban Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor

 


Soal + Jawaban Sistem Pelumas Dan Sistem Pendingin Sepeda Motor

1. Sistem pelumasan yang memanfaatkan gerakan dari bagian tertentu untuk memercikan pelumas kebagian yang memerlukan pelumasan adalah sistem pelumas tipe....

a. Sistem pelumas campur

b. Sistem pelumas autolube

c. Sistem pelumas percik

d. Sistem pelumas tekan

e. Sistem pelumas mix

2. Suatu sistem pelumasan mesin motor 2 Tak dengan cara mencampur langsung minyak pelumas (oli campur samping) dengan bahan bakar (bensin) didalam tangki sepeda motor, sehingga antara  minyak pelumas/oli samping dan bahan bakar bercampur di dalam tangki bahan bakar adalah sistem ....

a. Sistem pelumas campur

b. Sistem pelumas autolube

c. Sistem pelumas percik

d. Sistem pelumas tekan

e. Sistem pelumas mix

3. Sistem pelumas yang cara kerjanya memompa oli masuk ke dalam ruang engkol adalah sistem ....

a. Sistem pelumas campur

b. Sistem pelumas autolube

c. Sistem pelumas percik

d. Sistem pelumas tekan

e. Sistem pelumas mix

4. minyak pelumas yang terdapat pada karter mesin dihisap dan ditekan ke dalam bagian-bagian yang dilumasi dengan menggunakan pompa oli adalah sistem ....

a. Sistem pelumas campur

b. Sistem pelumas autolube

c. Sistem pelumas percik

d. Sistem pelumas tekan

e. Sistem pelumas mix

5. Salah satu sifat dari sistem pelumas autolube adalah ....

a. Oli perlu diganti

b. Oli yang digunakan selalu baru

c. Oli memerlukan pengantian secara periodik

d. Oli tidak bisa habis

e. Oli sulit diganti

6. Salah satu sifat dari sistem pelumas tekan adalah....

a. Oli memerlukan pengantian secara periodik

b. Oli sulit bersirkulasi

c. Oli terbakar dalam ruang bakar

d. Oli tercampur didalam tanki

e. Pelumasannya yang merata dan teratur

7. Salah satu penyebab minyak pelumas kotor/hitam pekat adalah....

a. Oli mesin terlalu sering diganti

b. Oli mesin kemasukan air

c. Oli mesin kecampur oli dari luar

d. Oli mesin jarang diganti

e. Seal oli mesin bocor

8. Salah satu penyebab tekanan minyak pelumas rendah adalah....

a. Komponen kopling aus

b. Komponen gigi-gigi tranmisi aus

c. Komponen gigi-gigi penggerak minyak pelumas aus

d. Minyak pelumas jelak

e. Piston dan ring piston aus

9. Sebuah rangkaian tersistematis yang digunakan untuk mencegah mesin dan seluruh komponennya berada pada suhu kerja adalah pengertian dari....

a. Sistem pendingin mesin

b. Sistem pelumas

c. Sistem pengerak

d. Sistem pengoptimal

e. Sistem kerja

10. Apa yang dimaksud overheat pada mesin motor bakar....

a. Kelebihan beban

b. Kelebihan muatan

c. Kelebihihan kepala

d. Kelebihan panas

e. Kelebihan bahan bakar

11. Apa yang terjadi jika sistem pelumas tidak bekerja....

a. Mesin akan tidak bisa dihidupkan

b. Mesin akan baik-baik saja

c. Mesin mengalami kelebihan panas

d. Mesin tidak ada masalah

e. Mesin menjadi kencang

12. Pada temperatur kerja yang paling efisien pada berbagai kondisi Umumnya suhu temperatur kerja motor adalah....

a. Antara 82 sampai 99°C

b. Antara 72 sampai 99°C

c. Antara 62 sampai 99°C

d. Antara 92 sampai 99°C

e. Antara 52 sampai 99°C

13. sistem pendingin yang cara kerjanya mensirkulasikan udara mengunakan kipas ke sirip-sirip pendingin adalah tipe ....

a. Sistem pendingin udara alami

b. Sistem pendingin udara paksa

c. Sistem pendingin air radiator

d. Sistem pendingin oli

e. Sistem pendingin kipas

14. Kerusakan yang sering terjadi pada sistem pendingin radiator kecuali....

a. Oli bocor

b. Radiator bocor

c. Selang radiator sobek

d. Termostad macet

e. Pompa air radiator rusak

15. Komponen pendingin mesin yang berfungsi membuka dan menutup saluran dari mesin ke radiator disebut....

a. Pully radiator

b. Thermostat

c. Thermostatik

d. Water pump

e. Water jaket

16. Membuka dan menutup tutup radiator sebaik pada saat....

a. Suhu tinggi

b. Suhu mesin optimal

c. Suhu air mulai panas

d. Suhu mesin rendah

e. Suhu mesin overheat

17. Fungsi dari tutup radiator adalah....

a. Menjaga tekanan pada radiator

b. Menjaga air supaya tidak tumpah

c. Mendinginkan air radiator

d. Mensirkulasikan air radiator

e. Menjaga suhu air pendingin

18. Penggantian oli mesin yang sesuai adalah....  

a. 3000 km/3bulan

b. 2000 km/2bulan

c. 1000 km/bulan

d. 4000 km/4bulan

e. 5000 km/5bulan

19. Pada dasarnya overheating terjadi karena ....

a. Bahan bakar terlalu boros

b. Sistem pendingin tidak berjalan dengan baik

c. Kecepatan yang tinggi

d. Kecepatan terlalu rendah

e. Bahan bakar terlalu irit

20. Cam nok aus dan cincin torak patah biasanya disebabkan oleh....

a. Oli mesin kurang/habis

b. Oli tidak setabil

c. Mesin terlalu kencang

d. Oli mesin terlalu banyak

e. Oli mesin normal

Jawaban ( Jawaban ini adalah versi penulis)

1. c

2. e

3. b

4. d

5. b

6. e

7. c

8. c

9. a

10. d

11. c

12. a

13. b

14. a

15. b

16. d

17. a

18. a

19. b

20. a 

Post a Comment for "Soal + Jawaban Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor"