Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal + Jawaban Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor


SOAL SISTEM BAHAN BAKAR

 1.      Di bawah ini yang bukan merupakan fungsi karburator adalah...

a.       Sebagai penyuplai bahan bakar

b.      Membersihkan bahan bakar dari kotoran

c.       Menghasilkan bahan bakar.

d.      Mengubah bahan bakar cair menjadi bahan bakar gas dan mengaturnya sesuai kebutuhan

e.       Mengubah bahan bakar cair menjadi bahan bakar gas.

2.        Alat yang berfungsi sebagai tempat menampung bahan bakar dalam sistem bahan bakar adalah...

a. Tangki bahan bakar

b. Kran bensin

c. Saringan bensin

d. Karburator

e. Mangkok karburator

3.      Di bawah ini yang bukan merupakan perlengkapan dalam tangki bahan bakar tipe sport adalah...

a.       Tutup tangki ( Fuel Filler Cap )

b.      Kran bahan bakar ( Fuel Cock )

c.       Selang bahan bakar ( Fuel Tube )

d.      Pengukur bahan  ( Fuel Gauge )

e.       Saringan udara ( Air Filter )

4.      Fungsi tutup tangki ( Fuel Filler Cap ) adalah...

a.       Mengubah bahan bakar cair menjadi uap gas.

b.      Menampung bahan bakar.

c.       Menutup atau membuka saluran bensin.

d.      Menyaring bensin

e.       Menjaga bensin agar tidak tumpah.

5.      Fungsi Fuel Cock adalah...

a.      Mengubah bahan bakar cair menjadi uap gas

b.      Menampung bahan bakar.

c.       Menutup atau membuka saluran bensin

d.      Menyaring bensin.

e.       Menjaga bensin agar tidak tumpah.

6.      Tipe Kran bensin kran bensin otomatis ( Auto Cock Fuel ) pada motor Karisma bekerja berdasarkan...

a.       Tekanan bahan bakar

b.      Kevakuman di inlet manifold

c.       Grafitasi bumi

d.      Suhu Mesin

e.       Tekanan gas buang

7.      Fungsi Air Filter pada sepeda motor adalah...

a.       Mengubah bahan bakar cair menjadi uap gas.

b.      Menampung bahan bakar.

c.       Menutup atau membuka saluran bensin.

d.      Menyaring udara sebelum masuk ke karburator

e.       Menjaga bensin agar tidak tumpah

8.      Saringan udara yang kotor dapat menyebabkan...

a.       Piston dan silinder akan lebih cepat aus.

b.      Suara mesin jadi lebih keras.

c.       Suhu mesin panas.

d.      Karburator banjir.

e. Menurunnya kompresi mesin.

9.      Gambar di bawah ini adalah saringan udara jenis...


a.       Kertas

b.      Plat besi

c.       Kain

d.      Plastik

e.       Tembaga

10.  Fungsi karburator adalah...

a.       Mecampurkan bahan bakar cair dan udara menjadi bahan bakar gas

b.      Menampung bahan bakar.

c.       Menutup atau membuka saluran bensin

d.      Menyaring bensin.

e.       Menjaga bensin agar tidak tumpah.

11.  Cara membersihkan saringan udara jenis kertas adalah...

a.       Rendam dalam oli

b.      Cuci dengan sabun

c.       Semprot dengan udara bertekanan

d.      Cuci dengan bensin

e.       Tidak boleh dibersihkan

12.  Prinsip kerja karburator di bawah ini benar, kecuali...

a.       Kevakuman

b.      Perbedaan suhu

c.       Tekanan atmosfer

d.      Perbedaan tekanan

e.       Venturi

13.  Fungsi Choke pada sepeda motor adalah...

a.       Menghidupkan sepeda motor

b.      Menyuplai bahan bakar

c.       Menyuplai udara

d.      Memiskinkan campuran bahan bakar dan udara pada waktu mesin masih dingin

e.       Memperkaya campuran bahan bakar dan udara pada saat mesin masih dingin

14.  Cara kerja choke pada sepeda motor adalah...

a.       Membuka dan menutup saluran bahan bakar ke karburator

b.      Membuka aliran udara yang masuk ke karburator

c.       Menutup aliran udara yang masuk ke karburator

d.      Membuka saluran bahan bakar ke karburator

e.       Menutup saluran bahan bakar ke karburator

15.  Perbandingan udara dan bahan bakar yang ideal pada saat putaran stasioner adalah...

a.       1 : 1

b.      5 : 1

c.       11 : 1

d.      16 : 1

e.       20 : 1

16.  Yang dimaksud dengan perbandingan udara dan bahan bakar 11 : 1 adalah...

a.       Jumlah udara adalah 11 dan bahan bakarnya adalah 1.

b.      Jumlah udara adalah 1 dan bahan bakarnya adalah 11.

c.       Jumlah udara adalah 1 dan bahan bakarnya adalah 1.

d.      Jumlah udara dan bahan bakar adalah 1.

e.       Jumlah udara dan bahan bakar adalah 11.

17.  Sistem pada karburator yang berfungsi untuk menambah bahan bakar saat mesin mengalami perubahan kecepatan putaran mesin, dari putaran rendah ke putaran tinggi adalah...

a.       Air Screw

b.      Pilot Jet

c.       Main Jet

d.      Jarum Skep

e.       Pompa Akselerasi

18.  Saat putaran mesin stasioner, saluran bahan bakar yang aktif bekerja adalah...

a.       Slow Jet

b.      Main Jet

c.       Slow Jet dan Main Jet

d.      Venturi

e.       Jet Needle

19.  Saat putaran mesin sedang, saluran bahan bakar yang aktif bekerja adalah...

a.       Slow Jet

b.      Main Jet

c.       Slow Jet dan Main Jet

d.      Venturi

e.       Jet Needle

20.  Saat putaran mesin tinggi, saluran bahan bakar yang aktif bekerja adalah...

a.       Slow Jet

b.      Main Jet

c.       Slow Jet dan Main Jet

d.      Venturi

e.       Jet Needle

21.  Fungsi Air Screw adalah...

a.       Mengatur besar kecilnya lubang main jet

b.      Menaikan atau menurunkan skep

c.       Mengatur besar kecilnya lubang venturi

d.      Mengatur posisi skep

e.       Mengatur besar kecilnya saluran udara yang melewati slow jet

22.  Fungsi Throttle Stop Screw adalah...

a.       Mengatur besar kecilnya lubang main jet

b.      Menaikan atau menurunkan skep

c.       Mengatur besar kecilnya lubang venturi

d.      Mengatur posisi skep

e.       Mengatur besar kecilnya saluran udara yang melewati slow jet

23.  Fungsi Throttle/skep adalah...

a.       Mengatur besar kecilnya lubang main jet

b.      Menaikan atau menurunkan skep

c.       Mengatur besar kecilnya lubang venturi

d.      Mengatur posisi skep

e.       Mengatur besar kecilnya saluran udara yang melewati slow jet

24.  Putaran mesin pada saat posisi skep masih tertutup disebut...

a.       Putaran stasioner

b.      Putaran rendah

c.       Putaran sedang

d.      Putaran tinggi

e.       Putaran akselerasi

25.  Putaran mesin pada saat terjadi perubahan kecepatan disebut...

a.       Putaran stasioner

b.      Putaran rendah

c.       Putaran sedang

d.      Putaran tinggi

e.       Putaran akselerasi

26.  Posisi pelampung terlalu tinggi dalam karburator akan mengakibatkan...

a.       Bensin terlalu irit

b.      Bensin terlalu boros

c.       Banjir di ruang float chamber

d.      Bensin keluar melalui saluran buang

e.       Akselerasi maksimal

27.  Pada karburator tipe SU, bagian karburator yang dihubungkan dengan tuas gas adalah bagian...

a.       Diapraghma

b.      Float

c.       Butterfly throttle valve

d.      Skep

e.       Pilot

28.  Pada karburator tipe SU, skep bergerak naik atau turun disebabkan oleh...

a.       Tekanan positif pada diafragma

b.      Tekanan negatif pada diafragma

c.       Tuas gas

d.      Tuas choke

e.       Tekanan negatif di ruang mesin

29.  Pada sepeda motor system injeksi tidak dilengkapi dengan choke  karena sudah dilengkapi dengan sensor...

a.       Throttle Position Sensor ( TPS )

b.      Bank Angle Sensor

c.       Manifold  Absolute Pressure

d.      Malfunction Indicator Lamp

e.       Engine Oil Temperature dan Intake Air Temperature

30.  Pada sepeda motor system injeksi yang menjadi otak dari seluruh sensor adalah...

a.       Throttle Position Sensor ( TPS )

b.      Bank Angle Sensor

c.       Manifold  Absolute Pressure

d.      Malfunction Indicator Lamp

e.       Engine Oil Temperature dan Intake Air Temperature

Post a Comment for "Soal + Jawaban Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor"