Soal + Jawaban Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor BAB Suspensi


1. Jenis suspensi yang sering digunakan oleh motor vespa adalah ....

A. Telescopic fork

B. Bottom link fork

C. Twin-shock

D. Monoshock

E. Up side down

2. Suspensi up side down biasanya sering digunakan pada motor....

A. Moge

B. Jenis lama

C. Vespa

D. Semua jenis motor

E. Motor bebek

3. Suspensi belakang yang berbentuk hurut H disebut juga dengan ....

A. Telescopic fork

B. Twin-shock

C. Bottom link fork

D. Monoshock

E. Up side down

4. Kelebihan yang dimiliki oleh suspensi jenis monoshock adalah ....

A. Jarang mengalami kerusakan

B. Mudah dalam perawatan

C. Dapat menahan berat yang besar

D. Harga lebih murah

E. Lebih stabil saat menikung

5. Tabung shock dalam berfungsi untuk ....

A. Membuat sekat atau ruang antara slider garpu dan ruang

B. Piston yang membagi ruang antara di bawah torak garpu dan di atas torak garpu

C. Melindungi tabung shock dalam dari goresan yang diakibațkan oleh debu

D. Menahan sil oli dan sil debu supaya tetap pada tempat dan fungsinya

E. Penutup atau perapat oli shock yang berada di dalam tabung shock

6. Bagian dari suspensi yang berfungsi untuk melindungi tabung shock dalam dari goresan adalah....

A. Damper rod

B. Cincin stoper

C. Sil oli

D. Per shock

E. Sil debu

7. Berikut yang bukan alat untuk memperbaiki suspensi depan adalan....

A. Kunci pas/ring/shock 8 mm

B. Kunci bintang t40

C. Kunci l6 mm

D. Oli untuk shock breaker

E. Tang

8. Alat yang digunakan untuk melepas kedua shock breaker depan Sepeda motor, yaitu....

A. Baut 8 mm

B. Baut 14 mm

C. Baut 10 mm

D. Baut 12 mm

E. Baut 16 mm

9. Cara yang dilakukan untuk dapat mengeluarkan semua oli di shock breaker adalah ....

A. Dicampur air kemudian dikeluarkan

B. Dikeluarkan bersamaan dengan per shock breaker

C. Kocok-kocok as shock breaker

D. Miringkan shock breaker

E. Oli disedot dengan angin

10. Berikut ini ciri-ciri oli shock breaker yang sudah lama tidak diganti, kecuali ....

A. Oli akan kental

B. Seperti lumpur

C. Berwarma hitam

D. Tidak berbau

E. Berbau tidak sedap

11. Perhatikan gambar di bawah ini!

 Jenis suspensi yang sering digunakan oleh motor vespa adalah  Soal + Jawaban Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor BAB Suspensi

Gambar di atas merupakan tahap dalam membuka shock breaker, yakni....

A. Melepas seal oli

B. Melepas per shock

C. Membuang oli dalam di shock breaker

D. Melepas shock breaker depan

E. Melepas tabung shock dalam

12. Hal yang harus diperhatikan saat memasukkan seal oli adalah ....

A. Seal harus terpasang rata

B. Oli harus sesuai

C. Seal oli harus asli keluaran pabrik

D. Seal mudah dimasukkan ke dalam tabung Shock

E. Seal tidak boleh rusak saat dimasukkan ke dalam tabung

13. Sistem suspensi merupakan salah satu bagian pada chasis Sepeda motor yang berfungsi menyerap ....

A. Bantingan

B. Kejutan

C. Jalan

D. Getaran

E. Hantaman

14. Sistem suspensi merupakan salah satu bagian pada chasis sepeda motor yang mempunyai tujuannya untuk....

A. Meningkatkan keamanan

B. Meningkatkan kenyamanan

C. Stabilitas berkendara

D. Relaksasi

E. A, b, dan c benar

15. Sistem suspensi juga berfungsi untuk menopang bodi dan rangka sepeda motor untuk menjaga letak geometris antara bodi dan ....

A. Ban

B. Aspal

C. Jalan

D. Semua benar

E. Roda-roda

16. Jenis suspensi yang banyak dipergunakan pada sepeda motor cc kecil sampai dengan cc sedang adalah....

A. Suspensi felescopic

B. Suspensi bottom link

C. Monocross suspension

D. Swing arm tipepe

E. Unit swIng tipe

17. Umumnya, suspensi tipe unit swng dipakai pada sepeda motor yang mempunyai penggerak akhir (final drive) memakai sistem poros....

A. Pembalik

B. Mesin

C. Penggerak

D. Aktual

E. Pelunak

18. Salah satu penyebab suspensi depan terasa keras adalah ....

A. Volume oli shock breaker kurang

B. Volume oli shock breaker melebihi batas

C. Volume oli shock breaker kiri dan kanan tidak sama

D. Oli shock breaker bocor

E. Seal oli shock breaker aus

19. Apabila pengendalian motor terasa berat ke salah satu sisi, kemungkinan penyebabnya adalah....

A. Volume oli shock breaker kurang

B. Volume oli shock breaker melebihi batas

C. Volume oli shock breaker kiri dan kanan tidak sama

D. Oli shock breaker bocor

E. Seal oli shock breaker aus

20. Kegunaan oli shock absorber ialah ....

A. Melumasi komponen transmisi otomatis

B. Melumasi komponen mesin motor bensin

C. Melumasi shock absorber model teleskopik

D. Media pengisi sistem rem model hidroulik

E. Meredam kejutan pada shock absorber

 

Jawaban ( Jawaban ini adalah versi penulis)

1. B

2. A

3. B

4. E

5. A

6. C

7. E

8. B

9. C

10. D

11. A

12. A

13. B

14. E

15. E

16. A

17. C

18. B

19. C

20. E

 

 

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu