Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Pemeliharaan Mesin Teknik Kendaraan Ringan

 SOAL MESIN TKRO


1.    Alat untuk mengukur celah katup adalah ….

  1. vernier caliper                         c.   feeler gauge                      e.   puller/ tlaker
  2. outside micrometer                 d.   straight edge                    

2.    Alat untuk memasang piston beserta ringnya ke dalam silinder adalah ….

  1. piston ring expander               c.   valve spring compressor 
  2. piston ring compressor           d.   ring installer                       e.   crimping tool

3.    Merupakan pemeriksaan pada kepala silinder ….

  1. tempat pemasangan silinder                           d.   tebal tensioner
  2. pemeriksaan run out                                       e.   celah katup
  3. goresan, keretakan dan korosi

4.    Untuk menghindari kesalahan dalam urutan pemasangan piston maka waktu melepasnya sebaiknya ….

  1. diikat                                        c.   disimpan                            e.   ditandai
  2. dibungkus                                d.   diurutkan

5.    Bukan gangguan mesin yaitu ….

  1. tenaga berkurang                   c.   gas buang terlalu gelap    e.   mesin bergetar keras       
  2. detonasi                                   d.   hemat bahan bakar         

6.    Penekan katup disebut juga ….

  1. rocker arm                              c.   push rod                            e.   upper arm
  2. knuckle arm                            d.   lower arm

7.    Termasuk komponen mekanisme katup yaitu ….

  1. rocker arm                               c.   tie rod                                e.   upper arm
  2. knuckle arm                            d.   lower arm

8.    Celah katup isap dan katup buang untuk mesin kijang 5K pada mesin panas adalah …………mm.

  1. 0,05 dan 0,10                          c.   0,15 dan 0,25                    e.   0,25 dan 0,30
  2. 0,10 dan 0,20                          d.   0,20 dan 0,30

9.    Gerakan yang tidak diijinkan terjadi antara pena piston dengan batang penghubungnya adalah ….

  1. gerak putar (rotasi)                                         d.   gerak eksentrik
  2. gerak naik turun (radial)                                  e.   gerak lurus piston
  3. gerak searah sumbu pena (aksial)

10.  Apa tujuannya dilakukan bantalan (metal) duduk, yaitu untuk mengetahui ….

  1. kondisi bantalan                                              d.   kesesuaian dengan batang hubung
  2. kondisi poros engkol                                       e.   kesesuaian dengan poros engkol
  3. kondisi putaran poros engkol

11.  Penyetelan katup pada mesin kijang 5K salah satunya dilakukan pada saat top silinder no. 1, katup-katup yang disetel antara lain no. ……..

  1. 8,7,6 dan 4                              c.   1,2,3 dan 5                        e.   1,2,4 dan 5
  2. 8,7,6 dan 5                              d.   1,2,3 dan 4

12.  Penyetelan katup pada mesin kijang 5K salah satunya dilakukan pada saat top silinder no. 4, katup-katup yang disetel antara lain no. ……..

  1. 8,7,6 dan 4                              c.   1,2,3 dan 5                        e.   1,2,4 dan 5
  2. 8,7,6 dan 5                              d.   1,2,3 dan 4

13.  Cara memasang sepatu (cap) bantalan duduk poros engkol pada kijang 5K yaitu ….

  1. tanda mengarah ke depan dengan nomor urut cap dari belakang.
  2. tanda mengarah ke depan sesuai nomor urut cap dari depan.
  3. tanda mengarah ke belakang sesuai nomor urut cap dari depan.
  4. bisa dipasang sembarang dengan tanda mengarah ke depan.
  5. arah tanda sembarang dengan nomor urut cap dari depan.

14.  Yang harus diperhatikan saat memasang timing chain adalah ….

  1. ketegangan timing chain.
  2. posisi top kompresi piston-pistonnya.
  3. tanda penyesuai pada sprocket poros engkol dan sprocket poros nok.
  4. tanda penyesuai pada timing chain.
  5. Tanda penyesuai pada puli.

15.  Komponen mekanisme timing chain (rantai kamprat) yang berfungsi untuk menegangkan rantai adalah ….

  1. sprocket                                  c.   roda gigi                            e.   spring scale
  2. peredam                                  d.   tensioner

16.  Pada waktu melakukan Engine Tune Up dalam pemeriksaan CDA (Cam Dwell Angle) jarum dwell tester selalu bergerak dengan penyimpangan ± 5o dari angka yang ditunjukkan oleh jarum, hal ini disebabkan oleh ….

  1. tutup distributor aus
  2. penyetelan celah platina terlalu renggang
  3. poros distributor bergoyang atau aus
  4. penyetelan waktu pengapian tidak tepat
  5. penyetelan CDA terlalu besar

17.  Celah katup terlalu besar berakibat ….

  1. timbul suara berisik                                         d.   putaran idle bergoyang
  2. waktu pembukaan katup lebih lama               e.   kebocoran kompresi
  3. overlaping valve besar

18.  Pada penyetelan celah platina, apabila CDA terlalu besar dari ukuran spesifikasinya maka yang kita lakukan adalah ….

  1. celah platina diperbesar                                  d.   memutar distributor berlawanan putaran rotor
  2. celah platina dipersempit                                e.   mengganti platina
  3. memutar distributor searah putaran rotor

19.  Untuk memeriksa kerataan permukaan kepala silinder digunakan alat ….

  1. feeler gauge                                                    d.   feeler gauge dan mistar baja
  2. straight edge                                                   e.   feeler gauge dan straight edge
  3. magnetic crack detector

20.  Perhatikan hasil pengukuran jangka sorong, micrometer dan dial indicator di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Hasil pengukurannya adalah :

 Jangka sorong                               micrometer                             dial indicator

a.    23,50 mm                                a.   4,04 mm                           a.   1,99 mm

b.    23,85 mm                                b.   4,46 mm                           b.   2,01 mm

c.     23,95 mm                                c.   4,49 mm                            c.   1,99 mm

d.    23,95 mm                                d.   4,96 mm                           d.   2,99 mm

e.    24,95 mm                                e.   5,96 mm                           e.  99,00 mm

21.  Pada pemeriksaan kebengkokan poros engkol, alat yang paling utama untuk digunakan adalah …

  1. outside micrometer dan penyenter                 d.   straight edge dan magnetic crack detector
  2. V block, straight edge dan feeler gauge         e.   dial indicator dan V block/ penyenter
  3. dial indicator dan straight edge

22.  Pemasangan roda gigi poros nok (cam) motor yang tidak tepat dengan tanda yang ditetapkan menyebabkan ….

  1. tinggi pembukaan katup berubah
  2. saat awal pembukaan dan penutupan katup berubah
  3. urutan pengapian berubah
  4. lamanya katup-katup membuka berubah
  5. besarnya sudut dwell pengapian berubah

23.  Pemeriksaan yang dilakukan saat mesin hidup yaitu ….

  1. kualitas air pendingin              c.   tahanan koil                      e.   sudut tutup platina
  2. jumlah air pendingin                d.   arah putaran rotor

24.  Yang dimaksud sudut dwell adalah ….

  1. sudut pengapian                     c.   sudut buka platina             e.   putaran mesin
  2. sudut pembukaan katup         d.   sudut tutup platina

25.  Pemeriksaan dengan menggunakan timing light dimaksudkan untuk memeriksa ….

  1. sudut pengapian                     c.   sudut buka platina             e.   putaran mesin

b.   sudut pembukaan katup         d.   sudut tutup platina

Post a Comment for "Soal Pemeliharaan Mesin Teknik Kendaraan Ringan"