Soal Sasis Sepeda Motor + Jawaban

 

1.      Rem tromol hidrolik dalam menghantarkan tekanan pengereman menggunakan media…

a.       Vakum

b.      Angin

c.       fluida

d.      Besi

e.       Baja

2.      Minyak rem sepeda motor ditampung dalam satu wadah yang disebut….

a.       Silinder utama

b.      Roda silinder

c.       Silinder vernier

d.      Reservoir

e.       Inlet port

3.      Saat handel ditarik, minyak rem melalui selang rem mengalir menuju….

a.       reservoir

b.      Master silinder

c.       Kopling

d.      Silinder roda

e.       Boot

4.      Prinsip dasar pengereman adalah adanya……… antara dua bidang benda.

a.       Dorongan

b.      Tarikan

c.       Gesekan

d.      Perpaduan

e.       Gabungan

5.      Perhatikan data berikut!

a.       Tromol

b.      Pegas pembalik

c.       Tuas penggerak

d.      Cakram

Komponen-komponen penyusun rem tromol ditunjukkan oleh nomor….

a.       1,2 dan 3

b.      1 dan 3

c.       2 dan 4

d.      4

e.       1, 2, 3 dan 4

 6.      Pasangan yang digunakan dalam pembuatan lining (kanvas rem) adalah….

a.       karbon dan tembaga

b.      Karbon dan Kevlar

c.       Fiber metallic dan kuningan

d.      Kevlar dan lead

e.       Plastic dan fiber metallic

7.      Rem hidrolik paling banyak digunakan pada kendaraan kecuali...

a.       Kendaraan niaga

b.      Kendaraan berat

c.       Minibus

d.      Truk ringan

e.       Traktor

8.      Supaya lampu rem menyala saat peal rem diinjak, maka dipasang alat pendeteksi otomatis yang disebut…..

a.       Rear wheel switch

b.      Flexible hose

c.       Brake switch

d.      Brake pedal

e.       Boot

9.      Bagian yang bertugas membuang udara pada silinder roda adalah….

a.       Electric cair

b.      Grow plug

c.       Grow spark

d.      Spark plug

e.       nepple

10.  Gaya pegereman dapat diperkuat dengan menggunakan…

a.       Brake shoe

b.      Booster

c.       Flexible hose

d.      Wheel cylinder

e.       Anchor pin

11.  Berikut yang bukan kualitas minyak rem adalah…..

a.       Stabil

b.      Netral

c.       Tidak menimbulkan karat

d.      Ada endapan

e.       Tidak merusak logam

12.  Minyak rem berguna sebagai…..

a.       Pengontrol besar tekanan

b.      Penahan sepatu rem

c.       Penarik tenaga rem

d.      Penyalur tenaga hidrolik

e.       Penghubung silinder utama dan silinder roda

13.  Berikut ini adalah penyebab rem hidrolik tidak bekerja dengan baik  adalah...

a.       Minyak rem tidak cocok

b.      Terdapat udara di dalam pipa rem

c.       Kabel rem terlalu pendek

d.      kampas rem berminyak

e.       Pelapis rem aus

14.  syarat minyak rem adalah....

a.       titik didih yang rendah

b.      mencegah karat pada logam dan karet

c.       berwarna

d.      kekentalan

e.       viskositas

15.  jenis minyak rem yang sering digunakan pada kendaraan penumpang adalah ....

a.       DOT 1

b.      DOT 3

c.       DOT 5

d.      DOT 7

e.       DOT 9

16.  kepanjangan DOT pada klasifikasi minyak rem adalah ....

a.       departemen of transparansi

b.      departemen of teknologi

c.       departemen of transmigration

d.      departemen of transportation

e.       departemen of teknik

17.  yang dimaksud viskositas pada minyak rem adalah ...

a.       keausan

b.      pelumasan

c.       kekuatan

d.      kekentalan

e.       ketahanan

18.  jika terdapat udara pada sistem hidrolik maka...

a.       kaliper mengunci

b.      pad rem cepat aus

c.       master silinder akan bocor

d.      tidak ada tekanan pada fluida hidrolik

e.       fluida hidrolik bertekanan jika dingin

19.  Jika terjadi panas yang berlebihan yang disebabkan karena gesekan antara sepatu rem dan tromol sehingga kadang  - kadang kemampuan rem akan hilang disebut …

a.       Aus

b.      Over heating

c.       Over acting

d.      Knocking

e.       Fading

20.  Di bawah ini adalah ganguan yang terjadi pada system rem tromol, kecuali ….

a.       Penyetelan rem tidak tepat

b.      Kampas rem aus

c.       Tromol Rem aus

d.      Jari – jari roda putus

e.       Lengan rem tidak terpasang dengan benar

 21.  Apabila tuas atau handle rem terasa ringan dan kenyal hal tersebut di sebabkan oleh ….

a.       Terlalu banyak fluida

b.      Terjadi keausan pada selang

c.       Adanya kebocoran dan udara palsu

d.      Piston macet

e.       a, b, c, d benar

22.  Alat yang digunakan untuk menghilangkan udara palsu atau bleding adalah …

a.       Tang kombinasi

b.      Kunci nepel

c.       Snap ring

d.      Brake bleeder

e.       Piston cup gauge

23.  Apabila pada proses pengereman handle rem terasa bergerak – gerak hal tersebut disebabkan oleh ….

a.       Piston macet

b.      Master silinder aus

c.       Terjadi kebocran fluida

d.      Bracket caliper mengalami kerusakan

e.       Piringan cakram mengalami keolengan atau kebengkokan

 24.  Penyebab suara berdecit pada saat pengereman adalah ….

a.       Adanya kotoran atau debu pada kampas rem

b.      Terjadi keausan pada caliper

c.       Terdapat minyak pada kampas rem

d.      Kampas rem habis

e.       Kurangnya fluida pada master silinder

 25.  Apabila handle rem pada master silinder terasa keras dan berat hal tersebut diakibatkan oleh adanya ….

a.       Kotoran atau karat pada master silinder dan piston

b.      Piston cup rusak atau aus

c.       Caliper mengalami kerusakan

d.      Terjadi kebocoran pada selang dan sambungan

e.       Kampas rem habis

 26.  Berikut adalah tipe roda kecuali...

a.      Tipe roda jari-jari ( spoke type )

b.      Tipe roda komposit ( composit type )

c.       Tipe roda paduan tuang ( cast alloy type )

d.      Tipe roda khusus ( special type )

e.       Tipe roda radial ( radial type )

Post a Comment

0 Comments

Close Menu