Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

Memodifikasi ban bisa bikin tampilan motor jadi terlihat beda. Apalagi jika ban yang dipakai berukuran lebar alias gambot.

Namun dalam memodifikasi ban motor tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu kejelian saat memilih ukuran ban yang cocok untuk velg standar bawaan pabrik.


Untuk itu, bagi kalian pengguna motor MX King yang mau melebarkan ukuran bannya tanpa ganti velg atau velg standar, berikut ini tipsnya memilih ban yang cocok untuk ganti ban yang sesuai.

Pasalnya jika salah pilih ukuran ban sedikit saja, akan kelihatan tidak tambah besar, malah kelihatan kecil bannya atau mungkin mendonat alias kebesaran, dan lebih parah lagi bisa berbahaya.

Untuk batas ban depannya sendiri yang cocok plus tidak mentok ke spakbor dan agar handling tidak terlalu berubah, cukup besarin sedikit dari ukuran aslinya yaitu ukuran 80/90-17.

Bisa juga yang ukuran 90/80-17, karena MX King 2019 sendiri sekarang memakai ukuran 90/80-17. Tapi harus kasih ubahan pada spakbor depan, karena sangat mungkin bisa mentok sama spakbor.

Saya sendiri memakai yang ukuran 90/80-17, waktu itu memang ban sama spakbor tidak mentok, tapi mepet banget.

Untuk jaga-jaga barangkali kena lubang di jalan yang pasti bakal kena spakbor juga, akhirnya saya ganti spakbor depan memakai spakbor MX King yang keluaran 2019.

Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

(Ban depan MX King 90/80-17)

Menurut bro Risdiken, jika lebih dari ukuran tadi handling akan berat dan berbahaya, apalagi buat manuver atau berbelok, akan membutuhkan tenaga extra dari biasanya, dan bisa juga akan kelihatan kecil bannya.

"Saudaraku pemilik jupiter MX King soalnya pernah ganti ban lebih dari itu hasilnya ban kelihatan kecil, makanya dibalikin ukuran 80/90/17 tadi."

Tulis bro Risdiken pada, Selasa (21/06/2016).

Jika ban terlalu besar bagian belakang sedangkan depannya kecil akan kelihatan janggal, apalagi terlalu besar.

Jadi cukup dibesarin sedikit saja dengan ukuran 80/90-17 atau 90/80-17. Ingat, jangan lebih dari itu karena handling akan berubah secara extreme.

Lanjut pada bagian belakang. Memang berapa sih batas maksimal memasang ban belakang untuk MX King tanpa ganti velg? jawabannya yaitu 150. Ukuran 150 sendiri ada berbagai macam, ada yang 150/70-17 ada yang 150/60-17.

Nah, lebih baik pilih yang 150/60-17. Karena jika memakai ukuran 150/70-17 akan keliahatan mendonat. Tapi itu semua kembali ke selera masing-masing, terserah kalian pilih yang mana.

Kenapa tidak 140 saja? Alasannya kalau ukuran 140 mending 130 saja, karena beda tipis. Oleh karena itu mending langsung lompat ke ukuran 150.

Untuk ukuran 160 sendiri sudah tidak bisa, karena bannya sudah mentok ke arm.

Batas ban maksimalnya cukup yang ukuran 150 saja. Selain itu juga velgnya kurang besar, jadinya akan telihat kurang serasi.

Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

(Ban belakang MX King 150/60-17)

Untuk urusan akselerasi sendiri jangan ditanya, namanya saja ban dilebarin pasti terasa berat dari biasanya, karena beban roda semakin tinggi dan mesin cepat panas.

Selain itu, bahan bakar akan jadi lebih boros dan mesin cepat rusak karena beban tersebut. Tetapi ada tipsnya nih, biar tarikan motor tetap enteng dan tidak boros bensin. Kalian bisa baca juga di bawah berikut,


Jadi, batasnya cukup yang sudah dijelaskan tadi ya, yaitu ban depan 80/90 atau 90/80 dan belakang 150/60. Tidak mengapa jika kurang dari itu, karena semua tergantung selera masing-masing, berikut ini penampakannya jika kita lihat ban depan dan belakang dari samping.

Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

Tetapi jika semua lebih dari ukuran tersebut, permukaan ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Kemungkinan hanya bagian tengah. Dampaknya, daya cengkeram berkurang drastis.

Apakah ini berbahaya? Jelas aman. Karena ukuran tersebut sudah cukup sesuai jika memakai velg standar.

"Kan kalo tapak semakin lebar, daya cengkeram semakin kuat?"

Anggapan itu benar untuk mobil. Namun jika diterapkan pada sepeda motor, harus diimbangi dengan penggunaan velg yang juga lebar. Jadi jika kalian ingin lebih gambot layaknya moge, lebih baik ganti velg yang lebar.

"Tapi kan MX King keluaran 2019 ban depannya memakai ukuran tersebut? Apakah bisa lebih besar lagi? "

Yaps memang benar, karena logikanya begini. MX King keluaran pertama kan ban depannya kecil, nah untuk menutup kekurangan dari penilaian konsumen atau kebutuhan pasar, maka dibesarinlah ban depan tersebut.

Dari situ kita sudah jelas bahwa untuk batas ban depannya yaitu 90/80, jika yang keluaran pertama mau dibesarin. Karena pihak Yamaha sendiri pasti sudah menghitung dengan matang-matang bila ban depannya dibesarin. Jadi, bila lebih besar lagi dampaknya seperti yang saya tulis di atas.


Dan itulah batas ukuran ban MX King, jika kalian ingin merubahnya menjadi lebar. Ingat, jangan hanya untuk mengejar gaya doang, tapi harus pikirkan kebutuhan motor kalian. Masih bingung atau ada pertanyaan? Silakan tulis di komentar ya. Semoga bermanfaat. Keep safety riding!

Post a Comment for "Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King"