Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Agar Motor Aman Dari Maling

Curanmor alias pencurian sepeda motor belakangan ini sering terjadi di kota Cara Ampuh Agar Motor Aman Dari Maling

Curanmor alias pencurian sepeda motor belakangan ini sering terjadi di kota-kota besar yang memang banyak sekali aksi-aksi kejahatan.

Bahkan trennya bukan hanya di perkotaan saja, dipedesaan pun sering terdengar kabar kasus pencurian motor.

Nah, untuk meminimalisir terjadinya aksi pencurian sepeda motor, kali ini saya akan memberikan beberapa cara agar motor tidak mudah dicuri maling. Karena pada dasarnya terjadinya kejahatan bukan karena ada niat namun kesempatan terbuka lebar.

Kunci Ganda


Kunci ganda atau biasa disebut kunci tambahan bisa kalian terapkan guna membuat gerak gerik maling menjadi susah dan berfikir keras untuk mencurinya.

Kaitkan gembok pada lubang cakram depan atau belakang, atau jika distandart tengah ada semacam lubang kalian bisa kaitkan disitu. Dengan demikian motor tidak akan bisa berjalan walau kunci kontak telah berhasil dibobol dan yang pasti reskio kehilangan motor sangat kecil.

Pasang Alarm


Dibeberapa motor terbaru memang sudah ada fitur Alarm misalnya saja Honda Scoopy 2017 dan Honda PCX 150, hanya saja beberapa motor belum mempunyai fitur pengaman seperti ini.

Tapi kalian bisa kok membeli modul alarm secara terpisah dan memasangnya sendiri, usahakan memilih alarm yang bagus dan berkualitas.


Berikut ini adalah cara memasang alarm motor dengan mudah yang dapat dilakukan sendiri.

  • Bahan yang dibutuhkan yaitu kabel, soket relay, relay 4 kaki dan saklar. Peralatan yang dibutuhkan yaitu solder, timah, gunting, tang, lakban dan isolasi kabel.
  • Pilih area yang akan dipasang saklar alarm. Usahakan memilih bagian yang sukar dijangkau oleh orang lain namun mudah dijangkau oleh pemilik motor.
  • Kabel negatif CDI pada motor dipotong dengan menggunakan tang.
  • Kabel negatif CDI yang sudah dipotong tadi kemudian disambungkan pada saklar alarm kaki 3. Posisi dari masing-masing kaki harus benar-benar diperhatikan. Kabel yang menghubungkan CDI ke saklar dipasang di kaki nomer 1 pada bagian pinggir. Kabel potongan CDI ke bodi dipasang di kaki nomer 2 pada bagian tengah. Sementara pemasangan kabel ke klakson di kaki nomer 3 bagian pinggir dilakukan nanti.
  • Dilanjutkan dengan pemasangan relay. Relay dipasangkan pada soketnya. Kabel dari saklar alarm yang telah disiapkan dipasangkan dengan kaki nomer 86.
  • Kemudian disambungkan dengan kabel negatif klakson yang berwarna hijau.
    Kaki nomer 30 dan kaki nomer 85 disambungkan menjadi satu.
  • Kemudian disambungkan ke kabel positif klakson yang berwarna orange.
  • Kabel merah di soket yang berwarna hijau pada kaki nomer 87 dipasangkan ke aki.
  • Kabel tinggal dirapikan.
  • Alarm telah terpasang dan motor lebih aman dari incaran pencurian.

Kunci Stang Kekanan


Pada saat kalian mengunci stang, pastikan stang motor telah menghadap kekanan jangan kekiri. Kenapa demikian? Karena ini bertujuan untuk membuat gerak maling menjadi susah dan agar berlama lama bilamana maling sedang dalam beraksi lantaran lubang anak kunci terhalang stang motor.

Kunci T adalah perangkat perbengkelan yang kerap digunakan maling motor untuk beraksi. Nah, dengan kunci stang motor kekanan akan membuat sulitnya memasukkan kunci T ke lubang kunci.

Namun, ini tidak berlaku buat jenis sepeda motor sport, yang memiliki lubang kunci di bagian atas. Artinya, motor sport baik dikunci ke kanan atau ke kiri, lubang kunci tetap bebas tidak tertutup setang.

Cabut Fuse (sekring)


Cara ini bisa sobat lakukan jika letak fuse (sekring) mudah dijangkau, semisal kaya dimotor sport biasanya dibawah jok.

Saya sendiri kalau kurang yakin biasanya lepas sekring utama di motor MX King, dengan begitu seluruh kelistrikan akan mati total walau kunci kotak dalam posisi hidup, dan sekali lagi ini berguna untuk meminimalisir aksi curanmor.

Manfaatkan Fitur Engine Stop


Beberapa motor keluaran baru sudah dilengkapi dengan engine stop terutama pada motor yang mempunyai kapasitas mesin besar.

Pada motor balap, engine stop sangat berguna di saat darurat. Ketika motor terjatuh, maka langsung tekan engine stop agar mesin langsung mati.

Kalau di motor harian, engine stop bisa dipakai sebagai kunci rahasia. Disimpan di bawah jok supaya motor aman dari incaran maling.

Cara pemasanganya mudah dan bisa dilakukan di rumah. Ikuti langkah-langkah berikut :

  • Potong kabel CDI yang nyambung ke massa bodi. Penting untuk di ingat bahwa warna kabel massa tiap motor itu beda. Di Honda warna kabel massanya hijau, di Yamaha hitam dan Suzuki hitam bergaris putih. Jadi, jangan sampai salah potong.
  • Setelah potong kabel massa CDI, ujungnya disambungkan ke dua kabel. Satu kabel disambung yang dari CDI dan satu kabel lagi disambung dengan kabel massa bodi yang dipotong itu. Supaya aman langsung diisolasi.
  • Kemudian dari ujung dua kabel itu dipasang sakelar. Supaya rapi, gunakan solder dan timah untuk merekatkannya.
  • Setelah disambungkan, simpan sakelar di tempat yang paling aman.


Untuk lebih aman menjaga kendaraan saat parkir, ada baiknya tetap memasang kunci pengaman ganda yang sudah banyak dijual di pasaran.

Berikut beberapa tips lainnya agar motor sobat aman dari maling.

  • Jenis Motor.
  • Jangan Taruh Motor Sembarangan.
  • Hindari Memasang Onderdil yang Menggoda.
  • Cabut kunci dan bawa barang berharga.
  • Manfaatkan fitur SKS (Secure Key System).

Agar motor kita tidak menjadi sasaran, maka buatlah mereka sulit atau berisiko ketika akan mencuri kendaraan.

Itulah beberapa cara ampuh agar motor sobat terhindar dari curanmor. Mungkin ada tambahan lain dari sobat bikers, silakan tulis dikomentar ya. Keep sefety frist.

Post a Comment for "Cara Ampuh Agar Motor Aman Dari Maling"