Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet

Motor bebek dan sport masih menggunakan rantai dan gear sebagai bagian dari sistem pengger Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet

Motor bebek dan sport masih menggunakan rantai dan gear sebagai bagian dari sistem penggeraknya. Kedua komponen ini memiliki fungsi yang cukup vital. Maka itu, harus dirawat dengan baik agar kondisinya tetap prima.


Rantai dan gear yang berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke roda ini akan menurun performanya seiring dengan berjalannya waktu. Sebelum semakin parah performanya, setiap pemilik motor sebaiknya memahami bagaimana cara merawat rantai motor agar awet.

Rantai motor yang sering bermasalah memang menyebalkan, tapi jangan khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya. Lantas, bagaimana merawat rantai agar terhindar dari masalah dan bisa awet?

Posisikan Sejajar


Letak gear depan dan gear belakang yang kurang sejajar pun bisa mempengaruhi penggunaan rantai motor. Penggunaan gear pada motor diharuskan menempel sempurna dan disesuaikannya bosh (karet peredam getar) yang sesuai agar gear dapat menjadi jalur rantai yang baik saat bekerja.

Lurusnya posisi antara gear dapat membantu rantai untuk bergerak secara benar pada jalurnya, sehingga masa pakainya pun bisa lebih awet. Penambahan bosh besi pada besi sumbu roda (as roda) bisa dijadikan salah satu cara untuk mensejajarkan posisi kedua gear.

Cek Rutin Kondisi Rantai


Jawaban dan langkah terbaik ialah memeriksa kondisi rantai motor apakah terasa kendur atau tidak. Lakukanlah penyetelan dengan cara menyetel rantai dengan jarak antara 8-11 mm.

Langkah ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel pinggir jalan, tetapi biar lebih aman lakukan ditempat servis motor yang sudah sobat percayai. Jangan biarkan rantai semakin kendur karena akan berbahaya untuk gear motor anda.

Bersihkan Rantai dan Gear


Pembersihan rantai dan gear secara berkala ini penting karena bisa menjaga keawetan rantai motor sobat. Membersihkan rantai motor bisa menggunakan cairan khusus, minyak tanah atau bensin.

Untuk membersihkan rantai motor, bersihkan rantai dengan menggunakan bensin dan kuas, begitu juga dengan gearnya biarkan kering sebentar dan terakhir berikan pelumas. Saya sendiri melakukannya setiap sebulan sekali, dan buat sobat bikers jangan malas ya membersihkan rantai motor.

Gunakan Pelumasan Rantai


Pelumas untuk rantai sangat membantu dalam perawatan rantai. Titik poin yang memang benar-benar penting dalam perawatan rantai yaitu melumasi rantai motor. Mayoritas pengguna motor merasa malas untuk melumasi rantai motor dengan pelumas yang khusus.

Padahal dengan melumasi rantai motor, otomatis tarikan motor jadi lebih mulus. Karena rantai sangat berperan penting untuk penggerakan sepeda motor.

Hal tersebut juga bisa mencegah karat pada rantai. Karat pada rantai motor sobat bisa menimbulkan suara berisik disaat sepeda motor berjalan. Maka dari itu pilihlah oli yang khusus untuk rantai motor.

Cek Kondisi Penutup Rantai



Mengecek kondisi penutup rantai sangatlah penting. Bila kondisi penutup rantai itu tidak terpasang dengan baik, ini bisa berbahaya dan disamping itu juga menyebabkan suara berisik karena ada gesekan antara rantai dan penutup tersebut. Penutup rantai sangat berperan dalam merawat rantai agar tetap awet.

Maksimal Potong Rantai


Memotong rantai sebaiknya hanya dilakukan 1 kali. Cara yang paling ideal untuk menghilangkan rantai kendur adalah memotong satu mata rantai.

Langkah ini boleh saja dilakukan dan tidak masalah, namun sebaiknya jangan potong rantai sampai lebih 1 kali. Karena akan membuat gerakan rantai tidak maksimal dan gear pun akan cepat aus.

Gunakan Sparepart Orisinil dan Berkualitas


Ketahanan dan awetnya suatu sparepart yang dipakai memang diukur dari penggunaan bahan sparepart yang berkualitas nomor satu dan orisinil. Untuk mendapatkan kepuasan pemakaian memang diharuskan menggunakan sparepart pabrikan yang memang dibuat sesuai dengan motornya.

Tetapi, bukan berarti barang kw atau imitasi tidak bisa kita gunakan secara maksimal. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan sparepart berkualitas dengan biaya yang minim. Dengan membeli set gear secara terpisah, ataupun memberikan lapisan tambahan baja (sepuh baja) pada gear, kedua hal itu ditujukan agar kemampuan barang imitasi mampu menyamai kualitas barang orisinil.

Jadi, jangan takut untuk mengeluarkan duit lebih dalam membeli sparepart motor kesayangan sobat, barang yang berkualitas akan memberikan hasil yang maksimal.

Kalaupun sobat belum memiliki modal dalam membeli sparepart motor yang orisinil maka harus pintar mengakalinya agar mendapatkan kualitas sama dengan orisinilnya.

Perhalus Proses Perpindahan Transmisi Saat Akselerasi


Hal ini memang berkaitan dengan gaya berkendara tiap individu, tetapi terlepas dari perbedaan itu, disarankan untuk memperhalus perpindahan transmisi saat akselerasi agar bisa mengurangi hentakan yang terjadi pada rantai dan gear.


Dengan terjadinya proses perpindahan transmisi yang halus, berarti juga mengurangi tekanan yang diterima oleh gear dan rantai. Walaupun dianggap wajar karena proses yang terjadi normal adanya, tetapi hal ini sekaligus mengajari kita bagaimana cara berkendara secara profesional.

Cara ini bisa dipakai dengan syarat kondisi fungsi kopling yang normal, jadi kita bisa mengoptimalkan hubungan antara kedua bagian motor tersebut. Tips ini harus selalu ada didalam jiwa kita agar kita selalu menggunakan motor dengan baik dan benar, jangan sampai kita asal-asalan dalam mengendarai motor.

Hal-Hal yang Dapat Merusak Rantai


Hal-hal yang merusak rantai motor antara lain, pengendara sering melakukan pengereman mendadak dan akselerasi yang tidak stabil, rantai sepeda motor sobat terlalu kering. Oleh karena itu, berikan pelumas secara teratur, rantai yang terlalu kering atau kekurangan pelumas dapat mempercepat timbulnya karat.

Jika rantai motor sobat sudah berkarat, dapat mempercepat kerusakan rantai, sproket atau gir yang sudah aus juga dapat mempercepat kerusakan rantai sepeda motor, dan terakhir motor sering digunakan pada medan yang berdebu atau berlumpur, hal ini akan mempercepat menempelnya kotoran pada rantai, sehingga kerusakan rantai juga lebih cepat.

Perhatikan selalu hal-hal yang dapat merusak rantai, dan juga jangan bermalasan dalam mengurus rantai motor sobat. Selalu semangat dalam menjaga performa motor kesayangan sobat.


Itulah bagaimana cara merawat rantai motor agar awet. Tetap taat dalam menjaga kondisi motor agar terhindar dari performa motor yang jelek. Jangan sampai ketinggalan dalam mempelajari seluk beluk motor agar tidak salah dalam menjaga setiap komponen motor.

Lalu jangan lupa tetap utamakan keselamatan dalam mengendarai sepeda motor, keep safety riding!

Referensi : camargus.com

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu