Fakta Menarik Para Pembalap MotoGP

MotoGP selalu mendapat animo besar dari publik dunia. Dengan menghadirkan pembalap-pembalap top dunia, ajang ini selalu berhasil menyuguhkan pertandingan yang menarik.


Tak heran jika ajang balap MotoGP selalu dinantikan oleh publik dunia. Kehidupan para pembalap pun tak pernah lepas dari sorotan. Ada beberapa fakta menarik yang terdapat dari para pembalap dan jarang diketahui publik. Berikut ini fakta menarik pembalap MotoGP.

Baju Pembalap


Fakta pertama yang dibeberkan Smith terkait pakaian yang digunakan para pembalap saat beraksi di atas sirkuit. Ia mengatakan bahwa setiap pembalap harus mengenakan pakaian yang berisi perlindungan ekstra demi keselamatan.

Hal ini berfungsi melindungi pembalap ketika terjadi kecelakaan saat tengah dalam kecepatan tinggi. Perlindungan bahkan terdapat di seluruh area, mulai dari bahu, siku, tangan, badan, hingga bagian kaki.

Ada perlindungan yang baik di area bahu, siku, lengan, tangan, jari, dan di sekitar telapak tangan. Kami juga memiliki pelindung dada, punggung, pinggul, dan tulang kering dan lutut. Pabrikan telah merancang sistem airbag untuk mengurangi guncangan pada sistem kerangka saat Anda mengalami kecelakaan,” tutur Smith, sebagaimana dikutip dari Telegraph, Senin (26/8/2019).

Ukuran Ban


Selanjutnya, fakta menarik terdapat dari ukuran ban yang digunakan para pembalap. Smith mengatakan selama masih menunggangi motor Yamaha, ia menggunakan ban Michelin dengan pelek 16,5 inci. Ban ini dirancang khusus sesuai tuntutan di MotoGP.

"Saat melintas di tikungan, kami memiliki sudut kemiringan 55 derajat sehingga ban tidak jauh lebih besar dari potongan 50p. Ini tingkat cengkeraman yang luar biasa dan semuanya didasarkan pada bahan kimia yang digunakan, bukan karet, jadi ada banyak ilmu yang terlibat. Bahkan dalam hujan, Anda dapat rata-rata 95 mph di trek. Ban harganya sekira 1.000 euro per pasang sehingga tidak murah,” tutur Smith.

Pembalap Kehilangan hingga 2 Liter Keringat


Berikutnya, Smith membeberkan fakta menarik soal tuntutan fisik yang dialami para pembalap selama melakoni balapan. Smith mengatakan bahwa MotoGP adalah olahraga yang jauh melelahkan secara fisik daripada yang diperkirakan banyak orang.

Saking melelahkannya, setiap pembalap harus mengeluarkan banyak keringat selama melakoni balapan. Keringat yang dikeluarkan bahkan mencapai 2 liter di setiap balapannya.

"Ini sangat buruk ketika Anda berpacu di sirkuit yang memiliki suhu hingga 36 derajat, seperti di Malaysia, atau kelembaban di Jepang karena kondisinya menambah banyak tekanan panas pada tubuh. Kehilangan keringat kami saat balapan bisa mencapai 2 liter dalam 45 menit,” jelas Smith.

Motor 2 Kali Lipat Lebih Berat


Di fakta keempat, ada fakta menarik soal kondisi motor yang digunakan para pembalap. Smith mengatakan bahwa motor yang digunakan para pembalap bukanlah motor biasa. Ukurannya cukup besar. Beratnya bahkan mencapai dua kali lipat dari bobot rata-rata pria dewasa.

Untuk bisa beradaptasi dengannya, Smith mengatakan diperlukan latihan secara teratur. Hal ini diperlukan agar lengan, bahu, dan bagian anggota tubuh lainnya bisa kuat membawanya.

"Motor itu beratnya sekira 160 kilogram sehingga menuntut fisik yang cukup besar bagi pembalap saat menungganginya di trek. Kelihatannya mudah, tetapi mengendarai adalah pekerjaan yang sangat sulit,” jelas Smith.

Kecepatan 100mph Selama Balapan


Terakhir, fakta menarik datang dari kecepatan para pembalap saat mentas melakoni balapan. Hal ini tentu saja menjadi pernyataan khalayak ramai. Melihat aksi para pembalap beradu kecepatan, sobat pasti penasaran berapa kecepatan motor para pembalap.


Smith mengatakan saat dirinya masih mengemudikan motor satelit Yamaha, ia biasanya mengemudi dengan kecepatan tertinggi mencapai 215mph. Bahkan saat berada di tikungan, kecepatannya masih terbilang ekstrem, yakni sekira 110mph.

Motor ini memiliki 250 horsepower, yang jauh lebih cepat daripada mobil, tetapi Anda hanya menggunakan dua roda sehingga cukup kuat. Ini menghasilkan 0-60 mph dalam 2,6 detik,” tutup Smith.

Nah itulah beberapa fakta menarik para pembalap MotoGP. Bagimana komentar sobat dengan fakta ini, silakan tulis di komentar ya.

Referensi : sports.okezone.com

Post a Comment

0 Comments

Close Menu