Lampu Kuning VS Lampu Putih, Mana Yang Lebih Baik?

Lampu pada kendaraan digunakan sebagai penerangan di jalur gelap terutama pada malam hari Lampu Kuning VS Lampu Putih, Mana Yang Lebih Baik?

Lampu pada kendaraan digunakan sebagai penerangan di jalur gelap terutama pada malam hari, dan penggunaan lampu pada siang hari dimaksudkan agar pada kondisi tertentu pengendara dapat mengetahui kendaraan lain di sekitarnya.


Karena hal tersebut mengapa lampu pada kendaraan memiliki peranan yang sangat penting. Adapun lampu utama sendiri memiliki dua warna, ada yang kuning maupun ada yang putih.

Nah, untuk pembahasan kali ini kami akan berbagi mengenai mana yang lebih baik antara lampu kuning dan lampu putih, untuk itu mari kita simak berikut ini.

Lampu Kuning


Selama ini, lampu kuning sudah menjadi warna basic standar lampu kendaraan. Dan berdasarkan sejarah pun, lampu utama kendaraan pertama kali diciptakan juga berwarna kuning.

Karena dipercaya memiliki kemampuan lebih baik. Berdasarkan penelitian lampu utama berwarna kuning memiliki kelebihan yakni,

● Dapat menembus hujan dan kabut.
● Tidak terlalu menyilaukan ke pengendara lain.


Namun, penggunaan lampu kuning sekarang sudah mulai tergantikan oleh penggunaan lampu LED, karena dengan lampu LED memberikan kesan "modern" pada kendaraan jaman sekarang.

Lampu halogen kuning juga memakan daya listrik lebih banyak dan tidak sestabil lampu LED. Adapun kekurangan lainnya yaitu, sulit melihat lebih jelas di cuaca yang sangat gelap dengan menggunakan lampu kuning.

Lampu Putih


Lampu putih, mulai menjadi populer semenjak pengunaan lampu LED dinilai lebih baik dibandingkan halogen. Lampu LED putih memiliki pencehayaan yang lebih baik dalam kondisi gelap.

Dengan penggunaan lampu LED membuat daya listrik lebih stabil dan lebih irit. Hampir semua pabrikan motor, sudah beralih menggunakan LED putih untuk lampu utamanya.

Namun, dari keramahan listrik yang diberikan oleh lampu LED putih, harus diperhatikan bahwa lampu putih ini cukup menyakitkan ke mata jika disorot langsung, karena akan terasa sangat silau.


Dalam penggunaan hujan dan kabut, lampu putih kurang memiliki kamampuan untuk menembus dalam dua kondisi tersebut, justru terkesan memantulkan kembali cahayanya. Jika putus, lampu LED akan lebih ribet diganti dibandingkan dengan lampu halogen biasa.

Demikian ulasan Lampu Kuning VS Lampu Putih, semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat untuk sobat bikers. Keep safety riding!

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu