Penyebab dan Solusi Agar Tarikan Motor Tidak Berat

Ada beberapa sebab yang mengakibatkan tarikan motor terasa berat Penyebab dan Solusi Agar Tarikan Motor Tidak Berat

Ada beberapa sebab yang mengakibatkan tarikan motor terasa berat, hal ini mengakibatkan saat berkendara tenaga motor seperti tertahan sehingga kenyamanan akan terganggu.


Busi Mulai Rusak


Saat kondisi busi yang sudah terlalu lama otomastis pada sistem pengapian sepeda motor tidak maksimal saat bekerjanya hal tersebut juga dapat menyebabkan tarikan sepeda motor terasa berat juga.

Diperlukan perawatan pada busi agar tidak mudah rusak, bagaimana caranya? untuk mengetahuinya anda bisa membaca Cara Merawat Busi Motor.

CDI


Selain busi mulai rusak, tarikan berat yang terjadi pada motor ini juga bisa di sebabkan karena komponen CDI. Karena CDI yang tugasnya untuk mengatur supply pengapian yang dibutuhkan motor tersebut.

Apabila pada komponen tersebut sudah mulai ada kerusakan lebih baik mengganti agar kondisi pada sistem pengapian dapat optimal kembali. Untuk lebih detailnya sobat bisa baca berikut,

Karburator


Jangan sekali kali karburator anda kemasukan air waktu mencuci motor, Pasalnya pada saat ini bisa merusak motor anda secara cepat.

Berhati hatilah pada saat menyiram air terlalu banyak sehingga masuk kebagian karburator atau spuyer-spuyer ketutup dengan kotoran juga dapat mempengaruhi tarikan menjadi berat juga.

Karburator yang difungsikan untuk percampuran bahan bakar dan udara yang dibutuhkan mesin untuk itu tidak boleh ada yang menghalangi saat terjadi proses pencampuran tersebut.

Untuk mengatasinya yaitu dengan diservis atau dibersihkan bagian-bagian yang terkena air atau kotoran.


Oli Kebanyakan


Bisa jadi Oli yang terlalu banyak juga mampu melebihi kapasitas mesin juga mempengaruhi tarikan motor menjadi berat untuk itu saat pergantian oli waktu saat mengisi sesuaikan kapasitas oli pada mesin.

Jika saat mengganti oli anda melakukannya sendiri, apakah brother yakin itu sudah benar?

Kepala Silinder


Pada kepala silinder terkadang terdapat kotor atau kerak sisa pembakaran yang tidak sempurna hal tersebut juga mempengaruhi tarikan menjadi berat dan juga mempengaruhi mesin menjadi panas.

Untuk mengatasi hal tersebut bongkar bagian head dan bersihkan kerak atau kotoran tersebut menggunakan sekrap atau amplas kasar.

Itulah beberapa solusi agar tarikan motor tidak berat. Ada baiknya brother rajin service motor disetiap pergantian oli.


Ini dapat membantu mesin dan beberapa part lainya tetap prima, sehingga tarikan motor tidak selalu terasa berat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu