Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Salah satu masalah yang kerap dialami mesin motor terlebih saat melakukan perjalanan jauh  Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Salah satu masalah yang kerap dialami mesin motor terlebih saat melakukan perjalanan jauh adalah overheat.


Risiko mengalami overheat pun bisa lebih besar, manakala medan yang dilalui lebih berat, hingga membuat motor bekerja lebih keras dan berimbas pada mesin yang mendadak panas.

Oleh karena itu kenali lebih banyak penyebab mesin motor cepat panas berikut.

Pembakaran yang Tidak Maksimal


Penyebab dari pembakaran yang tak maksimal adalah karena adanya faktor setelah pengapian yang kurang pas.

Sehingga sebelum waktu pembakaran dimuali bahan bakar yang telah diproses oleh karburator akan terbakar lebih dahulu.

Pemasangan Angin-Angin Karburator dan Skep yang Kurang Pas


Bagi motor kalian yang masih karbu, dengan melakukan kecerobohan pemasangan skep dan angin - angin karburator yang tidak tepat akan membuat mesin menjadi lebih mudah panas.

Hal ini karena pasokan bensin yang diterima oleh karburator tidak akan sesuai dengan kondisi terlalu boros dan terlalu hemat dan akan mempengaruhi performa dari mesin motor itu sendiri.


Adanya suara ledakan pada knalpot menandakan bahwa proses pembakaran yang terjadi kurang sesuai dengan yang seharusnya terjadi.

Salah Memilih Oli Mesin


Seperti yang kita ketahui setiap jenis merk motor memiliki oli yang berbeda. Oli yang tak sesuai dengan merk dan jenis motor dapat memicu adanya kerak pada ruang bakar, sehingga piston akan mengalami kerusakan dan mesin motor pun menjadi lebih panas.

Busi Aus


Akibat busi yang sudah rusak ataupun aus percikan api yang dihasilkan tak akan stabil seperti ketika masih dalam kondisi baik.

Selain itu busi yang tidak standar seperti terlalu renggang dan rapat juga dapat memicu adanya pengapian yang sangat buruk. Sehingga harus diperhatikan benar - benar keadaan busi motor yang sobat miliki.

Cara mudah untuk mengetahui busi sedang mengalami kerusakan adalah adanya suara mesin yang menggelitik, mesin tersendat - sendat dan performa yang tak maskimal lagi.

Seher dan Ring Seher Sudah Aus


Seher atau juga bisa disebut piston ini merupakan kekuatan dari mesin kendaraan. Jika terdapat kerusakan maka akan timbul kerak pada blok silinder yang menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas.


Tanda bahwa seher atau piston ini sudah aus adalah sepeda motor yang mengeluarkan asap putih dari knalpotnya.

Post a Comment for "Penyebab Mesin Motor Cepat Panas"