-->

Posisi Riding Naik Motor Matic yang Safety

posisi riding naik motor matic yang safety Posisi Riding Naik Motor Matic yang Safety

Riding position atau posisi rider saat berkendara, adalah hal paling krusial dalam mengendarai motor.

Tentunya ini berlaku juga buat motor matic alias skutik, yang sering disepelekan karena 'tinggal gas'.


Padahal brother harus paham, kalau posisi berkendara sangat berpengaruh dalam keamanan dan keselamatan kita saat berkendara.

Apalagi buat para biker cewek, yang banyak memilih skutik dalam aktifitas sehari-hari.

Ada 7 hal penting mengenai postur tubuh, saat mengendarai skutik.

Pandangan Mata


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pandangan mata.

Pandangan mata harus lurus ke depan, boleh melihat ke kiri ataupun kanan, tapi hanya sepersekian detik. Dan Jangan terlalu percaya dengan spion, karena mereka punya blind spot, jadi sebelum berbelok ada baiknya lihat dulu ke kiri maupun kanan selama sepersekian detik.

Pundak


Pundak sobat bikers harus rileks. Karena kalau terlalu tegang dan kaku, sobat akan lebih cepat capek.

Lengan


Lengan tidak boleh terlalu lurus, tapi harus membengkok dan membentuk sudut. Ini adalah posisi riding yang paling benar saat naik motor matic.

Dengan membentuk sudut, lengan dapat bertindak sebagai ‘suspensi’ saat melakukan pengereman. Fungsinya tentu mengurangi beban yang harus ditahan sikut, sehingga badan tidak cepat pegal.

Pinggul


Kelima adalah posisi pinggul. Pinggul adalah persinggungan sendi di mana panggul dan kaki (femur) bertemu. Jadi pinggul harus pas di jok, untuk mendapatkan posisi berkendara yang lebih nyaman. Lebih baik duduknya sedikit ketengah jok.

Menarik Rem


Menarik tuas rem dengan empat jari itu lebih baik. Karena membuat posisi tangan menutup gas secara otomatis, ketika mengerem mendadak.

Jika dengan dua jari posisi gas masih terbuka. Sebagai contoh ibu-ibu, mereka lebih panikan, jadi saat ngerem posisi gas masih terbuka.

Lutut


Posisi lutut kalau dilihat dari depan harus lurus sejajar. Tujuannya agar lutut tertutup dan terlindungi oleh sayap depan motor.

Misalnya ada bus lewat, kalau lutut kita keluar dari sayap depan motor, otomatis yang tertabrak duluan pasti lutut kita.

Bila sobat biker berpergian jauh atau touring, usahakan menggunakan deker. Ini bertujuan untuk melindungi lutut dari kelecetan, bila mengalami crash.

Posisi Kaki


Yang terakhir adalah posisi kaki yang harus lurus di pijakan, atau dek depan motor sobat. Jadi jangan terlalu ke depan, dan tidak boleh juga terlalu ke belakang.


Menaiki motor matic akan lebih nyaman bila sobat menerapkan langkah-langkah diatas. Jadi lebih diperhatikan ya riding position yang safety saat naik motor matic. Salam satu tapi banyak, keep safety riding.

Referensi : www.motorplus-online.com
LihatTutupKomentar