Teknik Menikung Motor Seperti Profesional

Teknik menikung motor seperti profesional Teknik Menikung Motor Seperti Profesional

Ada beberapa keterampilan dalam mengendarai sepeda motor. Salah satunya adalah menikung di tikungan tajam. Teknik ini sering di lakukan bagi pembalap motor.

Dalam dunia balap teknik ini dikasih nama Rear Wheel Steering alias mengatur sudut ban belakang. Pembalap kelas dunia dengan serius mempelajari teknik ini. Makanya, pembalap sekelas Valentino Rossi rajin berlatih dan mendidik anak buahnya untuk bermain flat track di sirkuit pasir.


Salah satunya untuk mengasah naluri dalam melakukan rear wheel steering. Rear wheel steering ini dilakukan agar sudut motor bisa lebih dalam masuk ke tikungan. Dengan begitu, kecepatan melewati tikungan bisa bertambah cepat.

Pada kali ini saya akan membahas bagaimana teknik menikung motor seperti profesional. Trik yang paling umum saat menikung adalah dengan tarikan gas yang lebih mulus saat melewati sudut tikungan. Langkah-langkah yang terpenting saat menikung adalah, Lambat-Tatap-Miring-Tarik. Mari kita bahas setiap langkah-langkah ini.


Lambat


Sebelum mendekati tikungan, perlambat menggunakan kedua rem untuk mencapai kecepatan yang sesuai saat menikung. Apabila motor dalam kecepatan di 40 kpj, posisi aman untuk melakukan pengereman setidaknya pada jarak 10 meter sebelum masuk tikungan.

Ini ditentukan oleh kecepatan sobat yang membuat cukup lambat untuk dapat miring dan sedikit menarik gas di tikungan. Tidak mungkin untuk menentukan kecepatan entri yang ditetapkan untuk setiap sudut karena tidak ada sudut yang sama.

Tatap


Ketika menikung harus waspada melihat sekeliling dan setelah itu pandangan harus menatap pada titik yang akan dituju. Disini tidak berbicara tentang mengalihkan mata ke arah perjalanan, tetapi tatapan sobat harus ke arah yang akan dituju sepeda motor.

Seperti halnya Valentino Rossi. Perhatikanlah Rossi, jika menikung tatapan dan kepalanya yang menunjuk saat ia berbelok di tikungan. Maka dari itulah jika pengendara terbaik di dunia melakukannya, mungkin sobat juga harus melakukannya.

Miring


Motor akan berjalan dengan miring, sobat harus membuat sepeda motor miring dengan menekan pegangan ke arah yang ingin sobat tuju.


Tekan pegangan (stang) kiri-miring kiri-belok kiri, dan begitu juga dengan yang kanan. Ini sesederhana mendorong pegangan (stang) di samping yang sobat inginkan agar sepeda motor dapat miring.

Badan harus seimbang, jika badan tidak seimbang engine brake bisa membuat sliding. Lalu gear set bisa putus atau lepas dan kemudian gigi transmisi bisa rusak.

Kemiringan badan saat menikung antara motor dan orang itu harus sama, prinsipnya motornya ke kiri orangnya ke kiri begitu juga sebaliknya.

Tarik


Langkah terakhir adalah menarik gas. Dengan menarik gas saat melewati tikungan, sobat akan membiarkan sepeda motor miring di tikungan dan tetap seimbang saat sobat menyelesaikan putaran dengan lancar.

Menerapkan rem atau melepaskan gas saat motor miring akan membuat tikungan menjadi tidak seimbang dan membutuhkan banyak input dari sobat untuk melewati tikungan.

Bagi yang menggunakan motor sport jangan kebiasaan tarik kopling, langsung saja menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dan mengendurkan gas. Setelah motor ada di tikungkan, baru tarik kopling untuk pindah gigi dan kemudian gas lagi.

Jika kecepatan entri sobat benar, maka harus dapat menarik atau mempertahankan gas di seluruh sudut. Di ujung tikungan ketika akan menegakan motor, tariklah sedikit gas lagi, ini akan membantu menegakan motor berdiri dan membantu sobat keluar sudut tampak seperti pro.

Langkah-langkah dalam menikung yang tepat adalah halus, pepatah mengatakan untuk kontrol sepeda motor adalah: teknik+halus = kontrol.  Pada artikel ini saya berbicara tentang teknik. Teknik adalah hal-hal yang Anda pelajari dari membaca, menonton, atau mengajar.

Jika sobat mengambil teknik dan menerapkannya dengan benar maka sobat akan menjadi lancar, menjadi lancar dengan teknik hanya dapat terjadi dengan latihan.

Jika sobat mengambil teknik (pengetahuan) dan menambahkannya untuk memuluskan (latihan), sobat akan mendapatkan kontrol. Setelah sobat mampu mengendalikan motor, tidak hanya menjadi lebih aman, tetapi juga bisa menjadi lebih menyenangkan.


Jadikan sepeda motor seperti sahabat sendiri, dengan seperti itu sobat akan menjadi profesional dengan terus berlatih bersama motor sobat sebagai sahabat.

Ingat, Tetap utamakan keselamatan. Jangan lakukan latihan dengan teknik ini di jalan raya, karena itu sangat berbahaya bagi sobat dan pengendara lainnya. Sebaiknya berlatihlah di sirkuit dengan mengajak teman sobat. Keep safety frist!

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu