Tips Aman Riding Saat Hujan

 terkadang hujan bisa jadi sangat menyebalkan Tips Aman Riding Saat Hujan

Buat para sobat bikers indonesia, terkadang hujan bisa jadi sangat menyebalkan, karena kamu harus ribet memakai jas hujan dan berkendara secara perlahan.

Sebenarnya, naik motor saat hujan tidak akan jadi masalah yang besar jika kamu memperhatikan beberapa tips aman riding saat hujan ini.


Riding saat hujan, perlu ekstra waspada. Antara lain karena banyak lubang yang tak terlihat akibat genangan air. Meski demikian masih banyak bikers yang nekat. Tetap berkendara karena tuntutan untuk bisa sampai ditujuan waktu itu.

Jadi buat sobat bikers, kita perlu konsentrasi dan persiapan khusus agar mulus di perjalanan. Berikut tips aman ketika harus riding saat hujan.

Lampu


Lampu merupakan komponen yang penting dalam sepeda motor. Terlebih jika dalam kondisi malam atau saat hujan yang minim penerangan.

Pastikan semua lampu motor menyala dan berfungsi dengan baik. Lampu depan, belakang, dan sign harus menyala secara maksimal.

Rem


Komponen penting lainya dalam kendaraan yang tidak boleh terlupakan adalah sistem pengereman. Pasalnya komponen satu ini berperan sangat vital untuk menghentikan laju kendaraan. Dalam banyak kasus kecelakaan fatal adalah rem tidak berfungsi dengan baik.

Jadi, pengereman merupakan suatu sistem yang sangat penting karena sangat erat kaitannya dengan keamanan dan keselamatan pengendara.

Maka dari itu rem harus berfungsi dengan baik. Jalanan yang licin tentu membutuhkan tingkat dan teknik pengereman yang tepat supaya tidak mudah tergelincir.

Kondisi Ban


Ban digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Pilihlah ban yang memiliki daya cengkram yang baik saat di atas aspal. Kondisi jalan yang licin tentu harus diperhitungkan dengan ban yang dipakai.

Jas Hujan


Umumnya yang menjadi favorit adalah jas hujan yang terbagi atas dua bagian, yakni bagian atas dan bagian bawah berupa celana. Jas hujan model seperti ini dianggap yang paling nyaman.

Lebih baik hindari jas hujan ponco karena saat hujan plus angin, model ini mudah terbang tak tentu arah.

Jaga Kecepatan


Terus kurangi kecepatan sampai benar-benar kondisi motor stabil. Potensi jatuh cukup besar kalau kita tidak memperhitungkan kecepatan berkendara.


Karena ketika awal-awal hujan turun, debu, pasir atau kotoran akan terangkat ke permukaan aspal. Debu, pasir, kotaran yang bercampur air akan membuat jalan makin licin.

Nah itulah beberapa tips riding aman saat hujan, mungkin ada sobat bikers disini yang sering memaksakan riding saat hujan. Ingat selalu pesan saya, "Keep Safety Riding" Salam satu tapi banyak.

Referensi : Instagram : @iims_id | Instagram : @motorplusonlinedotcom

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu