Tips dan Cara Membersihkan Injektor Motor

Tips dan cara membersihkan injektor motor Tips dan Cara Membersihkan Injektor Motor

Untuk pembahasan kali ini kami membagikan informasi mengenai bagaimana cara membersihkan Injektor motor sendiri dengan mudah praktis tanpa ribet, yang saya dapatkan dari otosena.com.

Agar lebih memahami dan di mengerti bagimana prosesnya, maka dari itu simak dan terapkan beberapa cara di bawah berikut.


Injektor merupakan komponen yang memiliki fungsi yang sangat vital. Untuk fungsi injektor itu sendiri tidak lain yakni untuk menyemprotkan dan mengabutkan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Hal ini dapat dibayangkan bukan, apabila dalam proses penyemprotan ini terganggu atau tidak maksimal maka akibat atau efeknya dapat sangat mempengaruhi kinerja atau performa mesin.

Misalnya seperti entah tersendat, tarikan kurang atau yang lebih parah lagi mesin tidak dapat hidup. Maka dari itu rajinlah untuk selalu melakukan service di bengkel-bengkel resmi.


Tetapi, apabila sobat ingin membersihkan injektor sendiri di rumah, sebenarnya ada beberapa cara yang sangat mudah untuk dilakukan sendiri, simak beberapa cara berikut ini.

Dengan Carbon Cleaner


Untuk cara yang paling praktis dan mudah yakni dengan menggunakan Carbon Cleaner seperti Yamalube Carbon Cleaner, hanya dengan mencampurkan cairan kimia tersebut ke dalam tangki bensin, maka dengan demikian kotoran yang ada di injektor akan terkikis hilang.

Untuk cara penggunaanya terbilang sangat mudah, yaitu tinggal mencampurkan cairan tersebut ke dalam tangki yang sudah berisi bensin antara 3,5 liter sampai 5 liter dan lakukan pada setiap 3000 km sekali.

Back to Content

Dengan Injector Cleaner


Tips dan cara membersihkan Injektor motor yang kedua ini memang terbilang cukup ribet dan hanya dapat dilakukan di bengkel.

Hal tersebut lantaran Injektor harus dilepas atau dicopot dan lalu dimasukan ke dalam sebuah alat yang bernama Injector cleaner tester, setelah dimasukkan dalam alat tersebut maka akan diketahui berapa debit atau tekanan injektor tersebut.


Apabila kurang dari standar maka kemungkinan dapat disebabkan injektor kotor, jika kotor maka selanjutnya injektor akan direndam dengan cairan khusus dan diberi getaran ultrasonic untuk merontokan kotoran didalamnya.

Back to Content

Dengan Menggunakan “Infus”


Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan infus. Sudah banyak bengkel resmi untuk saat ini yang mulai menawarkan pembersih injektor dengan cara ini.

Untuk prosesnya menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar dan di injek dengan menggunakan alat khusus seperti Infus.

Jadi selang bahan bakar di lepas dan kemudian disambungkan dengan tabung khusus yang telah diisi carbon cleaner. Pada tabung tersebut diberi udara yang bertekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke ruang bakar.

Mesin kemudian dihidupkan sambil digas, untuk cara ini cuma memakan waktu kurang lebih 5 menit, sampai cairan habis dan mesin akan mati dengan sendirinya. Dalam metode ini dapat dilakukan setiap 10.000 km.


Nah bagi yang ingin membersihkan injektor motornya sendiri dirumah dapat dilakukan dengan menggunakan cara yang pertama.

Saya sendiri menggunakan cara yang pertama, alasannya biar tidak ribet dan tidak terlalu mengeluarkan isi dompet. Cukup dengan membeli Yamalube Carbon Cleaner dengan harga Rp. 31.000 dan menerapkan dengan cara yang pertama sudah beres.

Namun apabila ingin hasilnya lebih maksimal dan kotoran dalam injektor benar-benar hilang maka dapat memilih cara yang kedua atau ketiga yang dapat dilakukan dibengkel

Back to Content


Semoga bermanfaat dan keep safety riding!

Referensi : otosena.com

Post a Comment

0 Comments

Close Menu