Tips Merawat Cat Motor Doff Atau Matte

Trend motor berwarna Doff atau Matte sekarang semakin menjamur dikalangan biker Tips Merawat Cat Motor Doff Atau Matte

Trend motor berwarna Doff atau Matte sekarang semakin menjamur dikalangan biker. Dulunya dari pabrikan hanya keluar warna-warna glossy, sekarang dari pabrikan pun sudah muncul warna Doff atau Matte.


Warna Doff atau Matte ini perlu diperhatikan dan perlu perawatan khusus. Karena warna Doff ini tidak terlapisi dengan pernis, warna Doff ini cenderung lebih mudah pudar jika tidak dirawat dengan benar.

Lalu, bagaimana cara merawat warna Doff atau Matte yang benar? Yuk, mari kita simak dan pelajari tipsnya di bawah berikut.

Gunakan Baby Oil


Pada cat model doff kadang nampak bekas atau noda-noda putih apabila tak dirawat secara berkala. Salah satu penyebabnya adalah akibat air yang tidak segera dibersihkan, kemudian debu menjadi menempel dan mengering.

Cara membersihkan yang disarankan adalah menggunakan baby oil. Caranya terbilang sangat mudah, sobat tinggal oleskan saja baby oil ke seluruh permukaan body yang berwarna Doff menggunakan kain lap dengan serat yang lembut.

Oleskan secara merata dengan cara ditekan dan diputar, sama halnya saat sobat mengoleskan compound untuk menghilangkkan bekas goresan-goresan kecil.


Agar sisa baby oil tidak meninggalkan noda di permukaan cat, bersihkan juga dengan mengulangi tahapan lap body motor dengan kain berserat lembut tersebut.

Tentunya dengan menggunakan lap yang baru dan masih kering. Dengan begitu, cat doff dapat kembali bersih dan bercak putih yang menempel hilang.

Pemilihan Polesan


Untuk warna Doff usahakan pilih polesan yang water based, atau berbasis air. Disarankan jangan menggunakan oli based.

Karena kalau kita tidak tahu dan kita poles dengan oli based, yang ada motor kalian malah jadi glossy. Karena minyak itu membuat mengkilap di body motor.

Gunakan Sabun Dengan PH Netral


Perlu diperhatikan bahwa mencuci motor harus menggunakan sabun dengan PH netral atau PH diangka 7. Jika di bawah atau di atas itu, cat motor akan cepat memudar. Banyak pilihan sabun cuci yang memang sudah diformulasikan untuk body motor yang berbahan plastik.


Simpelnya, hindari penggunaan sabun colek untuk mencuci bagian body. Efeknya memang tidak akan cepat terlihat, tetapi bila dibiasakan cat motor akan cepat pudar.

Itulah bagaimana cara merawat cat motor doff atau matte. Ingat, Bukan cuma perasaan aja yang harus dirawat, cat motor juga ya. Semoga bermanfaat, keep safety riding!

Post a Comment

0 Comments

Close Menu