Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Motor Matic yang Benar

Sepeda motor matic sepertinya sudah menjadi pilihan banyak pengguna sepeda motor di Indone Tips Merawat Motor Matic yang Benar

Sepeda motor matic sepertinya sudah menjadi pilihan banyak pengguna sepeda motor di Indonesia. Banyaknya yang beralih ke motor matic memiliki beberapa alasan tersendiri.


Ada yang mengatakan motor matic tidak serumit motor manual dalam mengendarainya, praktis bagi yang baru belajar mengendarai motor, dll.

Seringkali kita tidak tahu bahwa sebenarnya merawat motor matic itu sangatlah mudah. Namun, banyak orang yang belum tau atau malas untuk melakukannya.

Padahal, dengan kita merawat motor sendiri, maka akan mengurangi biaya untuk ganti komponen yang rusak.

Untuk itu berikut ini tips bagaimana cara merawat motor matic yang benar, Langsung saja mari kita simak,

Panaskan terlebih dahulu motor sekitar 1-5 menit sebelum bepergian, hal ini bertujuan agar mesin cukup panas dan pelumas dapat melumasi seluruh bagian mesin.

Jangan menggebernya terlalu cepat atau melajukan dengan cara melepas selongsongan gas dengan cepat atau lambat. Ini biasanya akan memperpendek usia mesin motor matik injeksi sobat.

Biasakan lakukan service berkala serta mengganti oli setiap 2 bulan sekali atau pemakaian 2000 KM.

Biasanya service berkala ini meliputi karburator, filter udara, busi, aki, dan sebaiknya juga dilakukan dibengkel resmi.

Rajin mengganti oli transmisi matik secara rutin. Karena dengan demikian dapat memberikan solusi untuk pada mesin ataupun komponen-komponen lainnya.


Jangan lupa juga pastikan menggunakan spare part yang asli, untuk menjamin kualitas dan keawetannya.

Dibawah berikut pastikan wajib cek secara berkala :

● Cek Filter udara.

● Busi, selalu gunakan busi original.

● Karburator, servis karburator tiap 3 bulan sekali.

● Aki motor, karena motor matic banyak menggunakan daya dari Aki.

● Selalu memeriksa kondisi busi dan aki, sebab kedua komponen ini merupakan hal yang sangat penting. Apabila sudah rusak maka segera ganti dengan yang baru.

● Selalu memperhatikan tangki motor injeksi dianjurkan agar tidak mengisi bensin dalam keadaan tangki kosong.

● Perhatikan hal-hal vital pada motor matic seperti, V-belt, klep dan roller yang dapat sewaktu-waktu rusak.

● Cek juga shock breaker dan ganti oli shock minimal 10.000 km karena motor matic menggunakan monoshock jadi menahan beban lebih berat.


Dan yang paling penting adalah safety riding atau berkendara dengan aman dan bijak yang dapat membuat motor awet dan tentu saja keselamatan anda dan orang lain dapat terjaga. Salam satu tapi banyak.

Post a Comment for "Tips Merawat Motor Matic yang Benar"