Tips Penting Sebelum Mengganti Ban Motor

Tips penting sebelum mengganti ban motor Tips Penting Sebelum Mengganti Ban Motor

Mengganti atau Memilih ban motor memang terkesan sepele dan mudah. Tinggal ke bengkel atau toko ban dan minta tolong untuk memasangnya sekalian, urusan pun kelar. Namun, faktanya berkata lain.


Ban sepeda motor memegang peranan yang sangat penting dalam berkendara, bahkan mempengaruhi keselamatan. Akan tetapi banyak sekali yang menganggap remeh urusan dalam memilih ban sepeda motor.

Banyak pengendara motor yang mengaku hampir mengalami kecelakaan saat kendaraan yang dikendarainya terpelanting atau terpeleset saat pengereman.

Bahkan kecelakaan roda dua di Indonesia beberapa diantaranya merupakan kesalahan dalam penggunaan ban sepeda motor yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Karenanya, sebelum memilih mengganti ban, sebaiknya perhatikan beberapa aspek penunjang keamanan dan kenyamanan terlebih dahulu. Apalagi jika kendaraan tersebut merupakan kendaraan harian. Maka dari itu berikut tips sebelum mengganti ban motor, apa saja yang perlu diperhatikan?

Perhatikan Reputasi Dari Merk Ban


Saat ini banyak sekali produsen ban yang berlomba-lomba bahwa produk mereka merupakan yang terbaik dikelasnya. Jika melihat mek, pilihlah merk yang sudah teruji di suatu ajang balap baik nasional ataupun internasional. Reputasi dan kualitas produknya pasti sudah teruji.

Pilih Ban dengan Permukaan Tapak Sedang


Pilihlah ban dengan tapak menengah untuk digunakan harian. Karena tipe tapak menengah menjadikan motor lebih irit bahan bakar dan juga lebih stabil dan aman. Karakter tersebut sangat cocok untuk berkendara harian.

Jangan menggunakan tapak kecil, karena ban tipe tersebut walaupun lebih lincah untuk manuver, ban seperti itu gampang terpeleset, terpelanting bahkan rawan pecah ban.

Pilih Jenis Ban yang Tepat : Basah atau Kering



Banyak yang kurang paham dan mengerti, bahwa setiap akan membeli ban setiap produsen ban memiliki 2 jenis ban, yaitu basah dan kering. Jika ingin melihat karakter iklim di Indonesia yang tropis dengan dua musim.

Sangat disarankan untuk memakai jenis ban basah Karena jika memilih jenis ban basah, memiliki daya cengkram yang tinggi saat hujan mengguyur dan jalan banyak genangan air. Serta kerekatan ban masih lengket walaupun jalan dalam keadaan kering.

Tentukan Motif dan Profil Ukiran Ban


Motif ukiran ban sangat berkaitan dengan kinerja ban saat melinasi berbagai karakter jalanan, baik basah ataupun kering. Yang menggunakan motor untuk kegunaan harian, sangat disarankan menggunakan ban dengan motif atau profil ukiran searah.

Pada umumnya pabrikan mengukir ban produk mereka dengan ulir searah yaitu miring atau menyamping dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang.

Hal ini dimaksudkan agar ban mampu menyingkirkan air ke samping dan permukaan ban tetap mampu mencengkeram permukaan jalan, sehingga motor tetap stabil dan kendaraan tidak kehilangan kendali.

Pilihlah Ban yang Sesuai Dengan Ukuran Velg


Hal lain yang harus benat-benar untuk diingat adalah jangan pernah menggunakan ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg motormu.

Apabila memang kamu ingin menggunakan velg atau ban yang berukuran lebih besar dari ukuran ban dan velg standar pabrik pada motormu, maka sebaiknya tidak lebih dari dua inci.

Dikarenakan pada umumnya produsen sepeda motor masih memberikan toleransi perubahan ukuran ban dan velg yang besar.


Itulah beberapa tips yang dapat digunakan saat akan mengganti dan memilih ban sepeda motor untuk dikenakan harian.

Keep safety riding dalam berkendara, salam satu tapi banyak.

Referensi :autos.id | idntimes.com

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu