Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Penyebab Motor Ngempos Saat Digas (Tarikan Motor Loyo Bro)

 Tarikan motor sering ngempos baik di putaran bawah atau pun atas 3 Penyebab Motor Ngempos Saat Digas (Tarikan Motor Loyo Bro)
Motor Ngempos

Tarikan motor sering ngempos baik di putaran bawah atau pun atas? Ketahuilah 3 penyebab motor ngempos saat digas, di edisi Tips Otomotif kali ini yang kami rangkum secara gamblang Bro!

Hal ini lantaran kasus motor ngempos atau kehilangan tenaga sudah sangat akrab kita jumpai, maka dari itu semoga postingan kali ini bermanfaat bagi Brosis sekalian.

Sebenarnya akar masalah dari motor ngempos itu cuma satu yaitu pembakaran yang kurang sempurna, alhasil saat kita berusaha menarik handle gas bukannya malah naik tapi turun atau loyo serasa mesin tak bertenaga.

Bahaya dari motor ngempos ini tak bisa dianggap remeh Brosis, saat motor mulai kehilangan tenaga otomatis jarak laju kita juga berkurang. Pada saat itu juga saat kita mencoba berakselerasi menyalip kendaraan lain juga musti banyak pertimbangan, karena dikhawatirkan saat mencoba membetot gas motor tidak dapat melaju dan kecelakaan pun tidak dapat dihindarkan. Maka dari itu penting buat kita untuk mengetahui penyebab plus cara mengatasi motor ngempos ini.

Penyebab Motor Ngempos Saat Digas

Tarikan motor ngempos bisa disebabkan oleh beberapa masalah sepele yang mana kita sering melupakannya, seperti mengabaikan perawatan rutin sepeda motor dan berikut di antaranya :

Filter Udara Kotor

Penyebab motor ngempos saat digas kita buka dari saringan udara yang sangat kotor, lantaran udara yang masuk sangat miskin alhasil pembakaran kurang sempurna jadi ya kayak gini deh ngempos. Menurut pengalaman saya kalau sudah sangat parah sekali motor sulit dihidupkan Bro, pernah saya alami sewaktu dulu ketika menggunakan motor Yamaha Vega R. Hal tersebut terjadi ketika saya selama ini tidak pernah mengganti filter udara dari pertama kali beli wkwkw, hadew parah banget dah. Mungkin karena dulu masih sangat awam jadi untuk perawatan hanya tahu ganti oli saja hahaha.

Baca Juga : Penyebab Motor Brebet Ketika Digas Ternyata Sepele

Jadi memang sangat penting sekali untuk kasus filter udara ini Brosi, usahakan jangan sampai kotor banget dah. Biasanya pergantian filter udara ini tergantung seberapa bersih lingkungan Brosis sekalian, kalau berdebu mungkin penggantian bisa lebih cepat di 2x lipatnya ketimbang lingkungan biasa.

Pilot Jet Kotor

Tarikan motor ngempos bisa juga datang dari komponen penyalur bahan bakar ini Brosis, komponen yang bertugas mengalirkan bahan bakar saat di rpm bawah sampai menengah ini memang acap kali menjadi penyebab motor ngempos di putaran bawah Brosis hal ini mungkin dikarenakan komponen ini memiliki peranan sangat penting terutama untuk menyalurkan bahan bakar. Kesimpulannya saluran pilot jet jangan sampai tersumbat atau kotor.

Spul Lemah

Selanjutnya penyebab sepeda motor ngempos atau loyo datang dari komponen yang berupa kumparan tembaga Brosis, spul motor lemah imbasnya ke pengapian yang ikut mengecil. Hal ini tidak boleh terjadi lantaran jika pengapian kecil, pembakarannya pun juga ikut terkena dampaknya salah satunya pembakaran menjadi kurang maksimal alhasil motor ngempos.

Baca Juga : Penyebab Motor Mogok di Jalan + Solusi

Nah, mungkin segitu dulu edisi Tips Otomotif kali ini tentang apa penyebab motor ngempos saat digas. Semoga dapat membantu Brosis sekalian, salam...

Post a Comment for "3 Penyebab Motor Ngempos Saat Digas (Tarikan Motor Loyo Bro)"