3 Tanda Wiper Mobil Mulai Rusak


- Seiring berjalannya waktu, wiper mobil mulai kehilangan daya untuk membersihkan kaca dari air hujan. Tentu hal ini akan mengganggu mata anda saat berkendara.

Kerusakan wiper mobil sendiri disebabkan karena wiper sudah termakan usia, sering terkena panas hujan, terkontaminasi cairan kimia yang menyusutkan karet wiper dan sebagainya.

Tapi penyebab kerusakan paling umum adalah sering terkena terik matahari. Bukan hanya wiper, komponen di dalam mobil seperti dashboard juga cepat memudar warnanya dan bagian luar mobil seperti cat akan cepat mengalami kerusakan.

Nah lalu apa saja tanda-tanda jika wiper mobil sudah mulai rusak.? Berikut ulasannya.

1. Wiper meninggalkan garis air saat digunakan

Ciri umum ini sangat jelas terlihat jika wiper mobil sudah mulai rusak. Yaps, wiper tidak membersihkan kaca dari air dengan baik. Alhasil pandangan menjadi buram dan meninggalkan bercak pada kaca.


Apalagi jika tersorot lampu dari arah berlawanan maka akan mengakibatkan pembiasan cahaya yang akan menambah "silau" pada mata.

2. Karet wiper mulai retak, berubah bentuk, karat, pecah dan terbentuknya benda asing

Untuk mengetahui hal ini adalah dengan cara melihat langsung kondisi karet wiper mengalami kerusakan.


Jika terdapat kerusakan seperti retak, berubah bentuk, karat, pecah dan terbentuknya benda asing pada permukaan karet wiper segera ganti dengan karet wiper yang baru.

Jika dibiarkan, efeknya wiper akan meninggalkan bekas/garis/bercak air saat bekerja. Lebih fatalnya lagi, karet wiper akan hancur dan besi pemegang karet wiper yang akan menggilas permukaan kaca mobil anda.

3. Wiper berdecit atau berisik saat digunakan

Wiper yang berdecit saat bekerja menandakan permukaan wiper yang sudah aus, berubah bentuk atau bengkok. Jika sudah seperti ini, wiper akan merusak kaca mobil secara tak kasat mata dengan cara membuat baret-baret halus dipermukaan kaca yang akan mengganggu pengelihatan saat berkendara malam.

Nah, jika tanda-tanda kerusakan wiper blade kaca mobil sudah terlihat, segerakan untuk mengganti wiper blade mobil agar kenyamanan berkendara terjamin dan tidak membuat komponen lain rusak.

Sekian dari fz, stay cool and ganteng..

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu