5 Penyebab Ban Mobil Benjol Samping Plus Cara Mengatasinya

 Ada banyak cara mengakali ban mobil benjol begitu juga dengan penyebab ban mobil benjol s 5 Penyebab Ban Mobil Benjol Samping Plus Cara Mengatasinya
Ban Mobil Benjol
Ada banyak cara mengakali ban mobil benjol begitu juga dengan penyebab ban mobil benjol samping yang kalau dilihat dari kasusnya juga beraneka ragam. Adapun untuk cara mengecek ban mobil benjol yaitu cukup dengan pengamatan visual saja. Nah, untuk selanjutnya akan dibahas di bawah ini secara mendetail tentang masalah ban benjol pada kendaraan bermotor.

Langsung saja berikut beberapa hal penyebab ban mobil bergelombang yang bisa Brosis amati.

Penyebab Ban Mobil Benjol Samping Wajib Brosis Ketahui

 Ada banyak cara mengakali ban mobil benjol begitu juga dengan penyebab ban mobil benjol s 5 Penyebab Ban Mobil Benjol Samping Plus Cara Mengatasinya
Penyebab Ban Benjol
Kenapa ban mobil melembung ?

Umur Ban

Salah satu faktor penyebab ban mobil benjol samping bisa datang dari ban yang sudah terlalu rapuh, karena ban juga ada masanya dan mengalami perubahan bentuk.

Ban mobil yang dipakai terlalu lama sampai kondisi permukaan ban botak sebelah, menandakan bahwa ban sudah layaknya diganti.

Baca Juga: Cara Memilih Ban Mobil Bagus Dijamin

Selain itu pemakaian ban yang dikhususkan untuk muatan berat juga cepat rusak, lantaran kondisi ban yang terus mendapat tekanan yang melebihi kapasitas daya angkutnya. Hal ini bisa Brosis amati khususnya untuk kaki-kaki belakang, ban belakang benjol lebih cepat daripada ban depan.

Angin Ban Berlebihan

Sebab ban mobil benjol berikutnya datang dari kesalahan kita saat memompa ban, memberikan tekanan ban yang melebihi batas standar kemampuan ban adalah kesalahan.

Lebih daripada kasus ban mobil tubeless benjol lebih sering daripada ban tubetype biasa. Hal ini dikarenakan tidak ada lapisan penahan angin ban untuk tipe tubeless, berbeda dengan ban model tubetype yang masih ada lapisan pertama penahan angin ban.

Alhasil besar kemungkinan ban mobil benjol samping rentan terjadi. Nah, untuk mengatasi ban mobil hamil karena tekanan ban berlebihan. Brosis bisa pakai alat pengukur tekanan angin ban, biasanya untuk setiap kendaraan bermotor sudah tertera dalam buku panduan penggunaannya.

Kalau tidak mau repot-repot baca buku panduan Brosis bisa langsung pompa ke tambal ban terdekat, biasanya petugas tambal ban sudah hafal ukuran yang ideal untuk setiap jenis kendaraan.

Benda Tajam

Kendati umur ban masih dibilang muda akan tetapi untuk kasus ini tetap masih berpotensi, karena ini adalah masalah eksternal ban benjol.

Namanya jalanan resiko apa saja bisa terjadi tak luput juga ban menggilas benda tajam seperti paku, mur, baut, lobang besar, dan sebagainya.

Biasanya ban akan bocor jika mengalami hal tersebut, akan tetapi jika keberuntungan masih memihak ban hanya benjol sebelah.

Oleh karena itu berhati-hati dalam berkendara adalah hal yang harus dilakukan setiap bepergian baik jauh maupun dekat.

Shockbreaker Mati

Penyebab ban mobil benjol samping bisa jadi karena kondisi suspensi mobil yang tidak mendukung, peredam kejut yang tidak bekerja maksimal dapat juga membuat ban benjol.

Selain tidak nyaman juga mengakibatkan kerusakan komponen kendaraan lainnya. Ganti shockbreaker adalah solusi yang terbaik.

Apalagi dengan kondisi jalanan yang buruk rasanya seperti naik gerobak Brosis, naik turunnya bakalan lebih terasa.

Itulah sedikit ulasan untuk menjawab apa penyebab ban mobil benjol yang sering Brosis alami. Selanjutnya kita akan membahas cara cek ban mobil benjol, yang bisa Brosis simak di bawah ini.

Jalanan Berlubang

Penyebab ban mobil benjol samping juga bisa datang dari sini, saat Brosis melaju dengan kecepatan tinggi dan menghajar lubang jalanan yang pastinya akan menimbulkan gesekan antara velg mobil dan permukaan lubang jalanan.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Spacer Velg Mobil Solusi Terbaik Kustom Velg


Hasilnya ban melembung karena materialnya yang lebih lemah, beruntung jika velg masih mulus. Biasanya karena faktor ini juga menjadi penyebab velg mobil peyang.

Cara Mengetahui Ban Mobil Benjol


Pengamatan Visual

Cara mengecek ban mobil benjol atau tidak Brosis bisa lakukan hanya dengan melihatnya saja, cukup sediakan dongkrak untuk mengangkat roda mobil.

Setelah itu putar sampai penuh sambil diamati dan diraba, selain itu Brosis juga bisa mengetahui apakah ban mobil botak sebelah atau tidak. Biasanya kalau botak sebelah ada masalah pada tunggangannya.

Test Drive

Cara mengetahui ban benjol berikutnya datang dari merasakan langsung saat berkendara, bawa kendaraan di jalanan rata dengan kecepatan yang cukup kencang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Saat Belok

Rasakan apakah getarannya cukup kencang atau tidak, jika bergetar kencang artinya ban mobil benjol. Harap berhati-hati saat berkendara selalu perhatikan jalanan apakah sepi atau ramai.

Selanjutnya kita akan membahas cara mengatasi ban tubeless dan tubetype mobil benjol.

Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol

Apakah ban mobil benjol bisa diperbaiki salah satu pertanyaan yang sering dikeluhkan pengendara yang mengalami masalah terutama di sektor kaki-kaki.

Cara mengatasi ban tubeless atau tubetype melembung bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah seperti berikut.

Sebelumnya untuk cara mengatasi ban yang tidak rata (benjol) dikhususkan untuk keadaan mendesak atau perbaikan sementara.

Cara Memperbaiki Ban Benjol Samping

Sisi luar ban benjol (samping) bisa diperbaiki dengan metode ini akan tetapi untuk jenis ban tubeless harap hati-hati karena ini bisa saja membuat ban mobil bocor.

Kenapa demikian? Ban benjol samping biasanya disebabkan oleh jalanan yang berlubang.

Penjelasannya gini Brosis ketika ban masuk ke dalam lubang seketika itu juga bibir ban terjepit di antara velg dan sisi atas aspal yang berlubang.

Hasilnya kawat ban putus yang mengakibatkan ban mobil benjol pada sisi luarnya. Perlu diketahui bahwa satu saja kawat ban putus ban mobil bakalan melembung.

Maka dari itu metode ini cocok untuk ban biasa bukan ban tubeless karena tidak memakai ban dalam.

Cara Mengatasi Ban Benjol Samping

Sediakan alat-alat berikut penusuk kecil (bisa jarum atau obeng kecil) dan pompa.

Pertama ban hamil ditusuk terlebih dahulu dengan penusuk tersebut, sebisa mungkin ke arah luar saat menusuk bukan ke arah dalam. Buat jaga-jaga supaya tidak sampai menusuk ban dalam mobil.

Setelah itu kempeskan ban untuk membuang angin yang terperangkap, dan isi lagi menggunakan pompa kompresor.

Cara Memperbaiki Ban Benjol Permukaan

Nah, untuk di bagian bawah sebenarnya metodenya sama saja. Cuman diperlukan peralatan tambahan seperti dongkrak, karena letaknya yang di bagian bawah.

Sebenarnya untuk mengatasi ban mobil benjol tidak bisa sepenuhnya bisa berhasil, hal ini lantaran karakteristik ban jika sudah pecah sulit sekali di satukan meskipun pakai alat press ban benjol.

Sebaiknya dilakukan penggantian ban baru walaupun harga ban mobil baru cukup menguras kantong, tapi tak apalah untuk meminimalisir resiko ban mobil meledak di jalanan.

Mungkin segitu dulu Brosis tentang apa saja penyebab ban mobil benjol dan bagaimana cara mengetahui serta mengatasi ban benjol yang bisa Brosis praktekan.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu