Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Ban Mobil Pecah Samping yang Wajib Diketahui

Ban Mobil Pecah - Jika membahas dunia kendaraan roda empat memang tidak ada habisnya, sektor kaki-kaki menjadi salah satu bagian vital sebuah mobil. Terutama pada bagian ban mobil yang berperan dalam menopang seluruh komponen kendaraan di atasnya. Problem pecah ban atau ban mobil meledak adalah salah satu masalah yang acap kali terjadi. Ban mobil pecah tentu saja sangat berbahaya terhadap pengendara dan penumpang itu sendiri. Ban mobil meletus selain bikin kaget juga bikin kita was-was akan keselematan selama berkendara. Salah satu ciri-ciri ban mobil pecah yaitu ban mobil benjol terlebih dahulu sebelum meledak.

Selain itu ban mobil pecah juga bisa terdeteksi lebih dini dari ban mobil yang retak, ban mobil cenderung lebih getas dengan munculnya retakan pada dinding ban mobil itu sendiri. Pecah ban mobil sering dialami ketika mobil melaju dijalanan bebas hambatan atau jalan tol dengan kecepatan tinggi. Maka tidak heran jika faktor penyebab kecelakaan kendaraan juga berasal dari ban mobil yang pecah atau meledak. Maka dari itu penting bagi kita menyiapkan langkah-langkah pencegahan guna meminimalisir ban mobil pecah.

Lebih lanjut lagi ban mobil sobek samping juga dapat menjadi tanda-tanda ban mobil pecah, oleh karena itu periksa kondisi ban mobil secara berkala untuk mencegah ban mobil pecah secara tiba-tiba di jalan. Ban mobil yang pecah bukan hanya membahayakan diri sendiri, melainkan juga pengendara lain. Jadi harap hati-hati ketika Brosis sekalian membawa mobil kesayangan. Lantaran jika ditanya soal musibah bukan hanya tentang faktor kerusakan suatu komponen saja, melainkan juga ada faktor eksternal yang diluar kendali kita.

Penyebab Ban Mobil Pecah Samping 

 Jika membahas dunia kendaraan roda empat memang tidak ada habisnya 5 Penyebab Ban Mobil Pecah Samping yang Wajib Diketahui
Pecah Ban Mobil

Beberapa penyebab ban mobil pecah samping di bawah ini kita lansir dari berbagai pengalaman pengendara yang sudah sering mengalaminya, bukan hanya karena muatan kendaraan berlebihan melainka ada faktor sebab pecah ban lainnya yang wajib Brosis ketahui.

1. Ban Menghantam Lubang

Faktor penyebab ban mobil pecah yang satu ini merupakan masalah yang sering terjadi lantaran ban sering menghajar jalanan berlubang terlebih dalam kondisi muatan berlebihan atau berkecepatan tinggi. Pada saat kondisi seperti ini sangat berpotensi ban mobil mudah pecah, hal ini lantaran ban menabrak lubang jalanan kawat ban akan putus. Hal tersebut tentu saja bikin ban mobil benjol, lebih parahnya ban mobil akan pecah kalau dinding karet ban sudah tidak mampu menahannya lagi.

Ban mobil yang menghantam lubang besar dan menganga bukan hanya menyebabkan ban mobil pecah, melainkan juga bikin velg mobil peyang. Jadi saat berkendara harap lebih berhati-hati terutama di jalanan yang lurus dan kosong, memacu kecepatan tinggi dapat sangat berbahaya bukan hanya karena faktor lubang di jalan saja, melainkan juga dari faktor seperti paku yang dapat menyebabkan ban mobil bocor.

2. Tekanan Angin Ban Minim

Pecah ban kerap sekali disebabkan oleh tekanan angin ban yang berlebihan, kendati demikian ternyata kekurangan tekanan angin pada ban mobil juga dapat menyebabkan ban mobil pecah. Hal ini dapat dijelaskan saat ban mobil kempes atau kekurangan angin lalu dipaksa buat jalan, dinding ban akan bekerja lebih ekstra dari biasanya. Pergerakan karet ban dinding yang naik turun disinyalir membuat karet ban makin rapuh terlebih kawat di dalamnya beresiko putus karena pergerakannya. Jika sudah begitu bahaya ban mobil pecah sudah tidak bisa dihindarkan lagi.

Baca Juga: 55 Harga Ban Mobil Ring 15 Termurah di Indonesia

Akan lebih baik jika sebelum mengendarai mobil kita mengecek kondisi ban mobil terlebih dahulu, ban mobil yang memiliki tekanan berlebihan nyatanya lebih baik ketimbang ban mobil yang kempes. Hal ini karena ban mobil yang diisi penuh masih dapat menampung tekanan angin hingga 10 psi. Ban masih kuat dalam menahan tekanan angin dan beban kendaraan.

3. Benda Tajam Pada Kembangan Ban

Bukan hanya menjadi penyebab ban mobil bocor kerikil atau benda tajam yang ikut nyangkut pada ban mobil juga dapat menyebabkan ban mobil pecah. Kondisi kendaraan yang habis dipakai untuk melintasi berbagai macam jalanan, tentu saja meninggalkan jejak salah satunya yaitu ikut terbawanya kerikil pada sela-sela kembangan ban mobil. Hal ini tidak boleh dianggap remeh, karena dari hal kecil inilah timbul masalah besar atau serius.

Kerikil kecil ini ternyata dapat menjadi penyebab ban mobil pecah, kerikil yang lama nyangkut di ban akan terus menekan masuk ke bagian dalam ban yang mengakibatkan ban bocor atau korosi pada kawat ban. Ban dengan tipe kembangan yang mempunyai desain pattern halus dan rapat sangat berpotensi mengalami resiko ini. Jadi buat Brosis sekalian melakukan pembersihan sela-sela kembangan ban mobil sangat disarankan, Brosis bisa membersihkannya dengan cara mencongkel kerikil menggunakan obeng atau alat lainnya.

4. Tambalan Ban yang Kurang Sempurna

Pernah memakai ban mobil tubeless, perhatikan saat menambal ban mobil tersebut. Tentu berbeda bukan dari tambalan ban tubetype. Penambalan ban mobil tubeless menggunakan teknik tusuk dengan memasukan karet kompon ke dalam ban mobil. Namun, sebelumnya ada ritual memperbesar ukuran lubang kebocoran ban dengan alat khusus. Nah dari cara tersebut sangat berpotensi memutuskan kawat ban dalam, selain itu kawat juga rentan korosi karena kemasukan air ketika melewati jalanan basah.

Lebih dari itu teknik tambalan model string tubeless ini juga dinilai kurang sempurna karena tambalan sering terlepas terkikis aspal jalanan. Hasilnya ban mobil mudah sekali bocor, disamping juga dapat menjadi penyebab ban mobil pecah. Jadi saat mengalami kebocoran terhadap ban tubeless, baiknya menggunakan teknik pemakaian ban dalam mobil atau dirubah menjadi ban tubetype. Ban mobil bakalan lebih awet dan jarang sekali kambuh.

5. Ukuran Ban dan Velg Tidak Pas

Kerap sekali terjadi saat pemasangan ban terhadap velg yang kurang sesuai, namun tetap dipaksakan. Biasanya untuk kebutuhan modifikasi yang ngawur tanpa memperhatikan SOP, tindakan tersebut ternyata menjadi awal mula penyebab ban mobil pecah. Jadi untuk ke depannya lebih baik kita bersabar nyari ukuran ban mobil yang sesuai dengan ukuran velg.

Penjelasan singkat kenapa bisa menyebabkan ban mobil pecah yaitu ukuran velg yang lebih kecil atau besar, dapat menyebabkan beban dinding ban mobil menjadi lebih berat. Hal ini karena karet ban tertarik ke dalam yang mengakibatkan dinding ban mudah mengalami keretakan atau sobek ke hantam velg karena ukurannya yang tidak sesuai. Hasilnya lama kelamaan ban akan pecah atau meledak.

Pembahasan tentang apa penyebab ban mobil pecah semoga dapat membantu Brosis sekalian dalam merawat ban mobil. Karena pada dasarnya perawatan berkala bukan hanya untuk menyehatkan kendaraan saja, melainkan untuk menjaga diri kita sendiri agar terhindar dari kecelakaan karena faktor kelalaian. Jauh lebih baik mencegah pecah ban mobil dengan melakukan perawatan berkala untuk keselamatan selama berkendara. Baca Juga: 15 Merk Ban Mobil Terbaik di Indonesia

Post a Comment for "5 Penyebab Ban Mobil Pecah Samping yang Wajib Diketahui"