Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Brosis Wajib Tahu [Penting]

 Solusi mudah cara mengatasi mobil mogok di jalan yang bisa Brosis terapkan jika tiba 6 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Brosis Wajib Tahu [Penting]
Mobil Mogok

Solusi mudah cara mengatasi mobil mogok di jalan yang bisa Brosis terapkan jika tiba-tiba mesin mobil mati mendadak.

Penyebab mobil mogok di jalan bisa beraneka macam, mulai dari masalah paling sepele seperti kehabisan bensin sampai masalah yang paling serius mesin mobil overheat.

Nah, untuk mengantisipasinya kita wajib tahu dan mengenal langkah-langkah apa saja jika sewaktu-waktu terjadi demikian.

Berikut beberapa langkah yang dapat Brosis terapkan untuk mengatasi masalah mobil mogok di jalan.

Tips Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan dengan Benar

#1. Dorong Mobil

Solusi pertama bagi korban mobil mogok saat di tengah-tengah jalan, adalah dengan cara mendorong mobil sekuat tenaga.

Sayangya cara ini efekstif hanya saat banyak orang disekitar kita, jika sendirian ya sudah selesailah semuanya.

Caranya silahkan dorong mobil sekuat tenaga sambil driver melakukan starter berulang kali, pastikan juga rem parkir dalam keadaan terbebas dan pedal kopling sembari diinjak agar hasil dorongan lebih maksimal serta tidak memberatkan bagi si pendorong.

#2. Jumper Aki

Solusi kedua cara mengatasi mobil mogok selanjutnya datang dari komponen baterai atau aki, jika mobil mogok lantaran aki tekor bisa pakai solusi jitu ini.

 Solusi mudah cara mengatasi mobil mogok di jalan yang bisa Brosis terapkan jika tiba 6 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Brosis Wajib Tahu [Penting]
Jumper Aki

Syarat untuk melakukan jumper aki yaitu adanya aki kedua selain aki utama mobil, yang artinya kita butuh dua buah aki.

Bisa Brosis peroleh lewat pengendara lain yang rela dijadikan sebagai pemancing aki mobil kita yang tekor.

Caranya sediakan terlebih dahulu aki pemancingnya, bisa diperoleh lewat aki cadangan atau pun aki milik mobil tetangga.

Langkah berikutnya sediakan kebel berdiameter 10mm, hal ini ditujukan agar kabel tidak terbakar sewaktu mobil dinyalakan. Harus pakai kabel gede lantaran arus yang mengalir mencapai 120A, maka dari itu selalu gunakan kabel yang sesuai standar.

Langkah ketiga hubungkan kabel antara aki mobil kita dengan aki pemancing, pasangkan kabel positif (biasanya berwarna merah) ke kutub positif masing-masing aki dan kabel negatif (biasanya berwarna hitam) ke kutub negatif masing-masing aki.

Saat pemasangan kabel aki ada beberapa tahan yang harus diperhatikan, untuk menghindari kecelakaan kerja yaitu :
Sewaktu mencabut kabel aki ada baiknya kabel negatif terlebih dahulu yang dicabut (berwarna hitam) dari terminal, kemudian baru dah kabel positifnya boleh dicabut.
Sewaktu memasang kabel aki ada baiknya kabel positif terlebih dahulu yang dipasangkan (berwarna merah) dari terminal, setelahnya Brosis bebas masang kabel negatifnya tanpa was-was.

Jangan sampai teledor karena dapat menimbulkan arus pendek atau konslet.

Selanjutnya jika sudah terhubung dengan benar yaitu antara kabel positif dengan positif dan kabel negatif dengan negatif. Nah, kita tunggu sebentar sampai aki yang dijumper sedikit terisi daya (aki tekor).

Selanjutnya silahkan Brosis starter mesin mobil yang dijumper sampai hidup, jika sudah lepaskan kabel aki mobil yang dijumper dan ingat lepas kabel negatif dulu baru kabel positif aki.

Setelah mesin hidup dan kabel berhasil dilepas, sebaiknya kita amati simbol lampu panel indikator dasboard mobil. Amati simbol aki apa masih menyala atau tidak. Jika menyala berarti ada masalah, jika lampu simbol aki mati berarti sistem pengisian (alternator) aki dalam keadaan normal.

#3. Aki Pancingan

Cara mengatasi mobil mogok selanjutnya hampir serupa dengan cara jumper aki, bedanya ini nggak memerlukan kabel pembantu. Teknik ini bisa dimanfaatkan tak kala sulitnya mencari kabel pembantu buat jumper.

Langkahnya silahkan Brosis copot aki mobil yang tekor tersebut dan ganti dengan yang masih memiliki daya yang baik (setidaknya cukup buat starter mobil).

Setelah mesin mobil kembali hidup, segera lepas aki tersebut dengan urutan dan tata cara yang benar. Penting agar kutub positif kabel tidak menempel pada ground, nggak mau kan kalo mobil bermasalah gara-gara konslet.

Berikutnya pasangkan kembali aki mobil tekor tadi, ingat pemasangan juga sesuai aturan yaitu dahulukan kabel positif yang disusul dengan kabel negatif.

Selama proses penggantian aki berlangsung jangan sekali-kali mematikan mesin atau jaga mesin dalam kondisi tetap hidup.

Bila menggunakan teknik ini mesin bisa menyala sembari mengisi daya baterai lewat alternator.

#4. Putar Roda

Cara mengatasi mobil mogok juga bisa datang dari hanya memutar roda saja Brosis, solusi ini sangat cocok Brosis gunakan saat dalam perjalanan sendirian dan tak ada lagi yang dimintai bantuan bahkan hanya untuk sekedar mendorong mobil.



 Solusi mudah cara mengatasi mobil mogok di jalan yang bisa Brosis terapkan jika tiba 6 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Brosis Wajib Tahu [Penting]
Simulasi Teknik Memutar Ban

Langkah ini hanya memerlukan tool yang biasanya kita bawa, apa saja itu? Yaitu cukup sediakan : seutas tali yang cukup panjang dan dongkrak mobil pastinya.

Persiapannya cukup memasukan presneling ke gigi satu Brosis.

Selanjutnya silahkan Brosis naikan kendaraan dengan didongkrak sampai kedua ban mobil benar-benar mengambang, angkat ban mobil yang berfungsi sebagai penggerak atau penyalur tenaga saja.

Setelahnya silahkan Brosis putar kunci kontak dalam posisi ON.

Selanjutnya ikat melingkar ban mobil dengan tali yang cukup panjang, sampai beberapa kali ikatan ban.

Terakhir tarik sekuat tenaga ban tersebut agar dapat memutar lebih cepat dan segera menyala.

Tips saat memutar ban usahakan kedua tangan memegang masing-masing ujung tali baik sebagai penarik dan pengait agar tidak lepas, dan tarik sekuat mungkin sambil melepas salah satu tangan sebagai pengait.

Brosis dapat mengulanginya sampai beberapa kali tarikan, prinsip ini sama saja saat kita menghidupkan mesin terutama sistem starter ontelan.

Baca Juga : Tips Cara Memilih Ban Mobil Kualitas Terbaik

Satu lagi tips ini hanya berlaku khusus mobil bertransmisi manual saja dan tips ini sebenarnya sama saja dengan teknik mendorong mobil yang sering kita lakukan akan tetapi cara ini dinilai lebih praktis.

#5. Ganti Aki

Cara mengatasi mobil mogok yang disebabkan oleh aki tekor, bisa diatasi dengan cara berikut sangat mudah terlebih posisi mogok berdekatan dengan toko onderdil kendaraan.

Silahkan Brosis ganti dengan yang baru, atau jika tidak mau repot silahkan hubungi pihak mekanik untuk melakukan servis ditempat.

Tipsnya emang sedikit rada giman gitu, tapi ini juga efektif bagi yang nggak mau repot hehe.

#6. Panggil Mobil Derek

Nah, cara mengatasi mobil mogok berikutnya sudah sangat familiar sekali dan sering layanan ini digunakan untuk mengangkut mobil korban kecelakaan.

Silahkan Brosis hubungi layanan panggilan derek kendaraan, yang dapat Brosis akses dengan cara mencarinya lewat internet, ketikan saja dipencarian jasa derek mobil dan jika sudah ketemu silahkan hubungi lewat nomer handphone yang tersedia di websitenya.

Layanan seperti ini cocok Brosis gunakan untuk mobil mogok keterlaluan, dan tak ada jalan lagi untuk diperbaiki selain menginap di bengkel.

Nah, mungkin beberapa cara mengatasi mobil mogok di jalan sudah sering Brosis dengar. Tapi sungguh ini hanya sebatas mengeluarkan uneg-uneg di kepala biar tidak setres hehe. Semoga dapat membantu, salam Tips Otomotif.

Post a Comment for "6 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Brosis Wajib Tahu [Penting]"