9 Penyebab Mesin Motor Bunyi Ngelitik Plus Solusinya Lengkap

Penyebab Mesin Motor Bunyi Ngelitik Plus Solusinya Lengkap 9 Penyebab Mesin Motor Bunyi Ngelitik Plus Solusinya Lengkap
Keren bangetkan gambarnya :p
Mesin motor bunyi ngelitik itu selain nggak enak didengar juga menandakan adanya yang tidak beres terhadap kuda besi tunggangan Brosis sekalian.

Mesin ngelitik atau sering disebut engine knocking merupakan proses pembakaran yang bekerja secara tidak serentak dalam satu waktu di satu silinder. Sebaliknya mesin motor normal proses pembakaran harus berlangsung secara serentak ketika busi meloncatkan bunga api di akhir langkah kompresi.

Penjelasan sederhananya penyebab mesin motor bunyi ngelitik adalah pembakaran bahan bakar yang terlalu dini sebelum busi menyala.

Penyebab Mesin Motor Ngelitik dan Cara Mengatasinya

1. Ruang Bakar Penuh Sisa Pembakaran

Ruang bakar yang sudah dipenuhi baik itu karbon atau deposit dapat menyebabkan mesin motor ngelitik karena volume ruang bakar berkurang alhasil tekanan kompresi yang dihasilkan lebih tinggi.

Solusinya adalah lakukan pembersihan secara merata dengan menggunakan carbon cleaner, dimulai dari filter sampai ruang bakar.

2. Filter Udara Lepas

Salah satu penyebab mesin ngelitik berikutnya datang dari tangan usil Brosis sekalian, suka lepas atau copot filter udara.

Penjelasannya gini Brosis ketika filter udara dilepas otomatis aliran udara luar akan masuk lebih besar ke dalam mesin, sehingga kadar kompresi akan berubah lantaran kebanyakan angin yang masuk ketimbang bahan bakar.

Baca Juga: Motor Brebet Saat di Gas? Ini Solusinya

Cara mengatasinya Brosis bisa lagi kenakan filter udara motor sesuai standarnya karena pabrikan motor sendiri lebih menyarankan seperti itu.

3. Kadar Oktane Bahan Bakar Terlalu Rendah

Rasio kompresi mesin motor biasanya selaras dengan tekanan kompresi yang dihasilkan, artinya jika jika rasio kompresi motor tinggi maka tekanan kompresi yang dihasilkan juga tinggi. Alhasil kadar oktane bahan bakar juga harus tinggi lantaran hanya bahan bakar beroktane tinggi yang mampu bertahanan terhadap tekanan udara yang tinggi.

Lantas kalau kadar oktane bahan bakar rendah apa yang terjadi? Yah knocking pastinya Brosis.

Baca Juga: Kupas Tuntas Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit + Solusinya

Rekomendasi penggunaan bahan bakar yang bagus yaitu yang mengandung RON kurang dari 90 untuk perbandingan rasio kompresi 10:1. Sebaliknya jika kadar RON lebih dari 90 cocok untuk mesin dengan rasio kompresi diatas 10:1.

4. Salah Setingan Bore up

Mesin bunyi ngelitik juga bisa datang dari sini Brosis, suka ngoprek mesin motor pake ritual ginian sah-sah aja Bro cuman kudu pakai hitungan yang matang kalau tidak y pasti rewel.

Pada dasarnya bore up adalah memperbesar volume silinder tanpa ikut memperbesar volume ruang bakar. Hasilnya rasio kompresi akan mengingkat drastis lantaran udara yang dikompresi lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga: Cara Ngerem Ketika Pakai Motor Biar Riding Tetap Aman

Pemecahan masalahnya bagaimana Brosis? Mudah kok cuman memberi batas kompresi motor jangan sampai melebihi perbandingan 13:1. Selain itu pemakaian bahan bakar beroktane tinggi juga membantu meminimalisir bunyi ngelitik motor.

5. Oli Motor Berkurang

Mesin bunyi ngelitik bisa datang juga dari volume pelumasan mesin motor yang sudah mulai berkurang.

Gesekan hebat antar komponen terjadi jika pelumasan di sekitar mesin tidak maksimal, bunyi gelitik muncul lantaran gesekan hebat antar komponen. Solusinya Brosis bisa menambahkan oli mesin sesuai ukuran, jangan terlalu penuh karan hanya membuat tarikan mesin semakin berat. Tambahkan oli secukupnya sesuai aturan buku pedoman sepeda motor.

6. Piston Rusak

Penyebab mesin knocking berikutnya datang dari kerusakan piston, kinerja piston yang naik turun berbenturan dengan klep motor. Alhasil benturan demi benturan menghasilkan bunyi gelitik yang cukup keras terutama saat mesin motor panas.

Solusinya bisa dibawa ke bengkel resmi untuk penanganan lebih lanjut, lantaran bakalan susah jika memaksakan diri tanpa tau dasar-dasarnya.

7. Stang Piston Rusak

Tak lupa bahwa stang piston dan ring juga penunjang utama kompresi, oleh karena itu jika ada masalah itu di kedua komponen tersebut bunyi kelitik biasanya akan terdengar jelas.

Baca Juga: Cara Merawat Motor yang Benar itu Mudah Bro!

Solusinya ganti stang piston dan ringnya untuk tekanan kompresi tetap terjaga.

8. Timming Chain Kendor

Mesin ngelitik juga datang dari masalah timming chain yang kendur terutama saat mesin panas. Letaknya bagian samping kiri mesin motor Brosis, jadi jika sumber bunyi ngelitik dari sini bisa jadi karena masalah ini.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Keluarkan Asap Hitam 

Solusinya Brosis bisa mengganti timming chain yang sudah kendur tersebut, jika ragu Brosis bisa bawa ke dealer terpercaya.

9. Tensioner Rusak

Menstabilkan ketegangan rantai supaya sesuai dengan kebutuhan mesin motor. Rusaknya komponen tensioner memungkinkan munculnya bunyi nglitik pada mesin motor.

Jika kedapati masalah di tensioner Brosis bisa menggantinya dengan tensioner manual untuk meningkatkan range ketegangan timming chain alhasil bunyi ngelitik bisa sembuh.

Baca Juga: Penyebab Rantai Motor Bunyi Berisik dan Cara Mengatasinya

Penyebab mesin motor bunyi ngelitik memang beraneka ragam, akan tetapi semua ada pemecahannya. Ok sekian dulu tips otomotif kali ini, sampai jumpa...

Post a Comment

0 Comments

Close Menu