Air Suspension atau Suspensi Udara Kelebihan dan Kekurangannya

Air Suspension menjadi primadona dikalangan modifikator, salah satu kelebihan air suspension adalah ketinggian suspensi mobil yang bisa diatur sesuai selera hanya dengan sekali tekan tombol.
Lantaran hal tersebut air suspension atau suspensi balon makin banyak diterapkan pada setiap modifikasi mobil sensasi ketika mengendarai mobil ceper atau pun mau berjalan normal hanya dalam satu kendaraan.

Air suspension atau airsus adalah salah satu jenis suspensi kendaraan yang mengandalkan udara bertekanan sebagai kinerja utamanya.
 menjadi primadona dikalangan modifikator Air Suspension atau Suspensi Udara Kelebihan dan Kekurangannya
Gambar Air Suspension

Jenis Air Suspension Kendaraan

Ada pun jenis air suspension kendaraan terbagi menjadi dua yaitu.
  1. Tipe shockbreaker dengan per menyatu kebanyakan berukuran kecil atau besar, jenis ini juga dikenal sebagai Air Suspension Strut. Sering Brosis jumpai pada kendaraan kecil, seperti mobil.
  2. Tipe shockbreaker dan tabung udara letaknya terpisah, biasanya lebih akrab disebut Air Suspension Bag. Bisa Brosis temukan pada kendaraan besar, seperti truk dan bus.
Dalam beberapa kasus air suspension (suspensi udara) banyak ditemukan pada kendaraan pabrikan eropa. Hal ini karena pemakaian air suspension ini memang sangat nyaman diterapkan pada kendaraan.

Oleh karena itu harga air suspension mobil atau pun untuk kendaraan lainnya masih dibilang cukup mahal, jika dilihat dari segmen pasaran tanah air untuk pemasangan air suspension mobil berkisar antara Rp. 20-50 juta.

Nah, terkadang kita berkeinginan untuk sedikit memodifikasi mobil kita, misalnya saja dibagian kaki-kaki.

Sering pengendara menanyakan penggunaan air suspension untuk harian nyaman tidak?

Baca Juga: Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

Jika dilihat dari berbagai sudut ada sisi kelebihan dan kekurangan air suspension mobil ini Brosis.

Berikut keuntungan dan kerugian menggunakan air suspension yang bisa Brosis baca.


Kelebihan dan Kekurangan Air Suspension


Kelebihan Air Suspension

Tampilan Lebih Oke
Patut diakui bahwa pemakaian air suspension pada mobil akan berdampak merubah penampilan mobil makin kece, hal ini bisa Brosis rasakan ketika memainkan katup udara pada sistem suspensi. Kendaraan akan naik dan turun seketika itu juga, bisa tinggi atau ceper sesuai selera.

Kenyamanan Maksimal
Keuntungan air suspension berikutnya yaitu berkendara serasa lebih nyaman karena peredam kejut yang lebih bekerja optimal, tentu saja jika diaplikasikan dengan benar dan kerangka mobil mendukung untuk pemasangan air suspension ini.

Kekurangan Air Suspension

Tidak Semua Mobil Cocok
Kelemahan air suspension ini ternyata ada di pemasangan air suspension itu sendiri, yang kebanyakan mobil keluaran Japan belum mendukung untuk pemasangannya.

Hal ini penyebabnya karena kerangka bodi kendaraan Asia mayoritas menggunakan sistem suspensi pegas dan daun, maka dari itu jika tetap tidak mampu bekerja secara maksimal. Selain itu jika merubah kontruksi kerangka dikhawatirkan dapat membahayakan sistem keamanan kerangka kendaraan itu sendiri.

Kenyamanan Kurang Maksimal
Khusus yang satu ini memang sangat dirasakan para pencinta modifikasi mobil. Sistem air suspension dirasa kurang bekerja maksimal dalam meredam kendaraan dijalan.

Baca Juga: Fungsi Lower Arm Pada Suspensi Mobil

Sekali lagi ini disebabkan karena kerangka kendaraan tidak mendukung sistem kerja air suspension itu sendiri.

Perawatan Rutin
Kekurangan air suspension mobil sendiri datang dari perawatan sistem suspensi itu sendiri yang boleh dibilang lebih ribet dari suspensi lainnya.

Air suspensi yang cara kerjanya mengandalkan pemampatan udara, menjadikan suspensi jenis ini perlu perawatan ekstra.

Baca Juga: Fungsi Ball Joint Pada Sistem Suspensi Mobil

Salah satunya air yang terdapat dalam kompresor yang harus rutin diperiksa 1 kali dalam seminggu, selain itu perawatan tabung udara, dan seal selang kompresor.

Daya Tahan Suspensi
Lebih lagi jika Brosis memakai air suspension pada mobil kesayangan, harus siap-siap untuk selalu mengganti komponen jika terdapat kebocoran pada sistem suspensi.

Suspensi udara memang lebih ringkih daripada sistem suspensi lainnya misalnya sistem pegas yang pemakaiannya mampu seumur mobil itu sendiri.

Bagaimana Brosis jika dilihat dari ulasan singkat tentang air suspension itu sendiri, masih beminatkah untuk modifikasi mobil menggunakan air suspension hanya untuk pemakaian harian. Dilihat dari segi biaya dan harga air suspension mobil itu sendiri yang tergolong mahal. Baca Juga: Spacer Velg Mobil Buat Kustom Pelek

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu