Antara Rantai Biasa, O Ring dan X Ring Lebih Bagus Mana?


- Setelah lama vakum nulis (ala-ala artis wkwk) kini saatnya fz comeback atau kembali lagi haha. Yaps, jari serta tangan ini gatal karena ingin kembali nulis lagi heheh.

Nah, sekarang tentang rantai.

Rantai terdapat 3 jenis. Ada yang konstruksinya biasa saja, ada yang menggunakan O ring dan yang terakhir ada menggunakan ring model X.

Ohiya, ring yang dimaksud itu berbahan rubber atau karet,

Yang tujuan utamanya disematkan untuk meredam getaran agar rantai tidak terlalu berisik dan pelumasan di bagian dalam rantai terjaga. Dari ketiga jenis rantai ini,

Masing-masing mempunyai kelebihan.

Kita bahas dari rantai biasa,

Rantai biasa sering kita jumpai di setiap sepeda motor pada umumnya. Kecuali pada beberapa tipe motor terbaru sudah disematkan o ring pada rantainya.

Rantai biasa jelas mempunyai konstruksi yang sederhana,

Rantai biasa banyak digunakan karena harganya yang cukup terjangkau. Kita sebut dia RB saja yah wkwk.

RB dalam sisi perawatan juga lebih praktis.

Perawatan pada rantai cukup dibersihkan dan diberi pelumas. Nah, kenapa fz bilang cukup praktis.?

Karena untuk membersihkan RB ini bisa dengan menggunakan bahan bakar seperti solar, bensin, pertalite, atau yang lebih keren lagi yaitu pertamax wkwk.

Dengan sabun juga bisa saja, tapi bisa menimbulkan karat jika rantai sudah kering.

Kenapa.? Karena terlalu bersih, hingga tidak ada elemen minyak atau pelumas di permukaan maupun di dalam rantai. Bahaya kah.?

Kalau kelamaan bisa berisik banget, parahnya bisa putus. Karat gitu lohh..

Proses pembersihan rantai dengan bahan bakar lebih cepat, tinggal lepas rantai (jika ada sambungan), tuang bahan bakar ke ember sampai kira-kira dapat merendam rantai, ceburkan rantai, kuas-kuas, gosok-gosok, sikat-sikat, jemur sampai kering, pasang, kinclong. (kebawa suasana hehe).

Dan pastinya, tidak membuat RB berkarat. Dan jangan lupa beri pelumas setelahnya.

RB jika sedang bekerja akan menimbulkan suara berisik. Namun ada beberapa merk yang tidak terlalu berisik jika sedang bekerja. Tapi, kualitas jelas bikin dompet terkuras. Duhh.

Lanjut ke Rantai dengan O Ring.


Sebenarnya apasih beda RB dengan rantai yang ada O ringnya.?

Cuma ringnya.

Eeeits, bukan cuma ringnya ternyata, harganya juga beda. Aw aw aaaw haha.

Rantai dengan O ring kualitasnya setingkat diatas RB dan harganya juga setingkat pasti. O ring pada rantai fungsinya untuk meredam getaran dan juga menjaga agar pelumas di dalam rantai tetap terjaga.

Tapi lama kelamaan, O ring pada rantai dapat menyusut akibat tekanan yang dihasilkan kedua permukaan rantai saat bekerja.

Dan O ring pun akan kehilangan kemampuannya dalam menjalankan tugas.

Untuk membersihkan rantai dengan O ring jangan sampai menggunakan bahan bakar. Penggunaan bahan bakar dapat merusak O ring yang ada di rantai.

Cukup gunakan sabun, keringkan, hilangkan karatnya lalu beri pelumas.

Rantai dengan X ring.

Kenapa ringnya disebut X ring.? Jika ring ini dipotong, maka akan terlihat bentuk Xnya. Jika aslinya, sama seperti O ring tapi bertingkat.

Varian rantai ini kualitasnya terbilang sangat baik. Selain kualitasnya yang bagus, harganya pun bagus untuk membumi hanguskan isi dompet. Wah.

X ring cukup awet dari O ring. Jika mendapat tekanan, X ring akan menyesuaikan diri dengan celah rantai hingga X ring tidak mendapat tekanan yang terlalu besar.

Tidak seperti O ring yang tidak dapat menyesuaikan bentuk, O ring akan menjadi gepeng jika terus mengalami tekanan dari permukaan rantai.

X ring juga biasa digunakan pada ajang balap motor. Bahkan MotoGP juga menerapkan rantai jenis ini.

Nah, mari lihat gambar perbedaan antara O ring dan X ring.


Dari ketiga jenis rantai mulai dari rantai biasa, rantai dengan O dan X ring lebih bagus yang mana tentu lebih bagus varian yang paling bagus.

Yaitu rantai dengan X ring.

Untuk penggunaan harian alangkah bagusnya jika disesuaikan saja dengan menggunakan rantai biasa atau rantai dengan O ring karena kualitasnya yang lumayan dan harga yang cukup terjangkau.

Tapi tidak salah juga jika ingin menggunakan yang X ring.

Yang pasti apapun jenis rantai yang digunakan,

Selalu beri pelumas pada rantai secara rutin. Cek, jika kering lumasi. Karena rantai termasuk komponen vital di motor kita.

Jika kondisi rantai sudah kotor atau sangat kotor segera bersihkan.

Oke, sekian dari fz tentang jenis-jenis rantai. Jadikan safety sebagai gaya hidup kita. Stay cool,

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu