-->

Apakah Oli Gardan Bisa Membuat Shockbreaker Lebih Empuk?


- Pertanyaan yang bagus. Kita masuk ke sesi mitos atau fakta oli gardan dapat membuat shockbreaker lebih empuk. Berikut ulasannya.

Yaps. Seiring masa pemakaian kendaraan, maka komponen yang bergerak akan mengalami keausan. Tidak luput juga oli shockbreaker.

Oli shockbreaker sendiri memikul tugas melumasi komponen shockbreaker ketika bekerja. Namun seiring berjalannya waktu, oli shockbreaker akan berkurang kemampuannya dalam melumasi komponen.

Jika dibiarkan, maka komponen yang bergerak di dalam shockbreaker akan mengalami keausan dan bahkan rusak.

Perawatan untuk shockbreaker cukup dengan mengganti olinya secara berkala setiap 20.000 km. Namun bisa disesuaikan kondisi jalan yang dilewati, jika tiap hari jalan yang ditempuh rusak parah, ada baiknya mengganti oli shock setiap 12-15 ribu km.

Mitos yang merambat dimasyarakat apabila mengganti oli shock, bisa menggunakan oli gardan entah itu oli gardan motor matic atau oli gardan mobil akan membuat shock menjadi lebih empuk.

Mitos atau fakta.?

Penggunaan oli gardan untuk shockbreaker ternyata benar dapat membuat shock menjadi lebih empuk, lebih stabil dan lebih nyaman saat berkendara.

Tapi,

Walaupun empuk dan performa shock "terasa" baik, ternyata oli gardan di dalam tubuh shock dapat membuat kerusakan seperti kebocoran oli, dinding as shock lecet.

Kok bisa.?

Karena oli yang digunakan adalah oli khusus gardan, tentu penggunaannya harus diterapkan pada gardan.

Misalnya pada saat shock bekerja, saat menggunakan oli gardan, oli gardan kurang bisa menahan tekanan. Akibatnya, tekanan dalam shock meningkat tajam dan membuat seal oli shock bocor.

Oli bocor tanpa disadari hingga oli habis, maka hal itu akan membuat as shock baret. Yaps, kerusakan akan menjalar ke semua sisi pada akhirnya.

Jadi, mitos atau fakta penggunaan oli gardan untuk shockbreaker membuat shock lebih empuk.?

Mitos.

Lebih baik gunakan oli khusus shock. Selain sesuai standard, oli khusus shockbreaker lebih murah harganya.

Oke, sekian dari fz tentang shockbreaker, stay ganteng..

Semoga bermanfaat. Difollow yaa akun instagram fzmotovlog di @_fzmotovlog.. Thankyou..
LihatTutupKomentar